10 Jenis Kupu-Kupu Langka yang Ada di Dunia

Kupu-kupu adalah salah satu hewan yang paling banyak disukai. Memiliki sayap yang begitu indah membuat kupu-kupu terlihat sangat cantik saat terbang.

Loading...

Bahkan, hewan ini menjadi objek dari lagu anak-anak karena keindahannya. Nah, di dunia, cukup banyak jenis kupu-kupu yang ada dan memiliki keindahan warna sayap yang berbeda-beda.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang aneka jenis kupu-kupu tersebut, Anda harus tahu bahwa hewan ini adalah salah satu hewan yang mengalami metamorfosis sempurna.

Ya, sebelum menjadi kupu-kupu, ia adalah seekor ulat yang menyeramkan dan merusak tanaman. Namun, setelah melalui proses panjang hingga jadi kepompong, maka lahirlah kupu-kupu yang indah.

Jenis Kupu-Kupu

Ada cukup banyak ragam kupu-kupu yang menampilkan kecantikan sayap yang begitu menakjubkan. Sayap mereka memiliki motif yang unik dan tentu saja akan membuat siapa saja yang melihatnya terpesona, termasuk juga Anda. Nah, mau tau apa saja spesies kupu-kupu langka nan cantik di dunia? Simak ulasan di bawah ini.

1. Sapho Long Wing

Sapho Longwing

https://fineartamerica.com

Jenis spesies kupu-kupu pertama yang masuk kategori tercantik adalah Sapho Long Wing. Ini adalah salah satu spesies kupu-kupu yang cukup langka di dunia.

Habitat asli kupu-kupu ini ada di kawasan Kosta Rika atau daratan Amerika Tengah nun jauh di sana. Makanan utama kupu-kupu ini adalah passion vine.

Nah, karena jenis makanannya, kupu-kupu ini disebut juga dengan nama Pittier’s Passion Vine. Apa yang menarik dari kupu-kupu ini adalah sayapnya yang cukup berwarna.

Di dominasi warna gelap, sayap kupu-kupu ini unik dengan motif berwarna putih yang cukup kontras.

Baca juga : Jenis harimau

2. Spicebush Swallow Tail

Spicebush Swallowtail

https://en.wikipedia.org

Spesies kupu-kupu ini pertama kali ditemukan di sekitar hutan gugur yang ada di Amerika Utara. Salah satu jenis kupu-kupu ini termasuk yang sangat langka dan hampir tidak ditemukan di daerah lainnya.

Apa yang menarik dari spesies kupu-kupu ini adalah adanya ‘ekor’ di bagian sayap yang berbentuk seperti sendok.

Adanya ‘ekor’ tersebut adalah ciri unik dari kupu-kupu ini yang mungkin tidak dimiliki spesies lain. Selain itu, Spicebush Swallow Tail memiliki sayap nan indah.

Pada bagian yang lebar, sayap berwarna cokelat. Sedangkan pada bagian belakang, spesies kupu-kupu ini memiliki warna sayap biru dengan motif bulat yang sangat cantik.

3. Banded Peacock Butterfly

Banded Peacock Butterfly

https://en.wikipedia.org

Banded Peacock Butterfly adalah nama spesies kupu-kupu langka yang ditemukan di kawasan sekitar India, Sri Langka dan juga kawasan Asia Selatan lainnya.

Spesies kupu-kupu ini meskipun langka, namun jumlahnya masih cukup banyak dan bisa ditemukan di beberapa tempat di Asia Selatan.

Spesies kupu-kupu ini sangat menarik dengan warna sayapnya yang sangat unik. Ya, kupu-kupu ini disebut sebagai kupu-kupu neon dengan sayap berwarna biru dan hijau yang mengkilap.

Bahkan, spesies kupu-kupu ini bisa terbang tinggi mengitari pepohonan sehingga terkadang cukup sulit untuk melihatnya.

4. Question Mark Butterfly

Question Mark Butterfly

https://en.wikipedia.org

Spesies kupu-kupu ini memiliki nama ilmiah Interrogationis Polygonia. Memiliki sayap berwarna orange dan hitam serta bintik-bintik, sayap kupu-kupu begitu indah dan memukau saat dilihat.

Habitat asli Question Mark Butterfly adalah di sekitar hutan hujan yang banyak terdapat di Amazon.

Bisa dikatakan spesies kupu-kupu ini adalah yang unik atau bahkan aneh. Biasanya, kupu-kupu akan memakan sari bunga terbaik untuk bertahan hidup.

Namun, Question Mark Butterfly justru memakan getah dari buah yang sudah membusuk. Meskipun demikian, mereka tetap juga memakan nektar dari bunga.

Baca juga : Jenis dinosaurus

5. Junonia Coenia

Junonia Coenia

https://en.wikipedia.org

Salah satu jenis kupu-kupu yang langka dan memiliki sayap yang unik lainnya adalah Junonoa Coenia. Spesies kupu-kupu ini merupakan keluarga dari Nymphalidae dan bisa ditemukan di beberapa kawasan yang berbeda, seperti Manitoba, Ontario, Quebec dan juga Nova Scotia.

Nah, apa yang menarik dari spesies ini adalah adanya eyespot pada detail sayapnya. Ya, bulatan kecil di sayap dengan warna indah membuat sayap kupu-kupu ini begitu luar biasa.

Tidak hanya itu, bulatan dengan warna biru dan merah tersebut dikombinasikan dengan warna sayap cokelat mudah dan motif orange yang sangat cantik. Tak jarang, kupu-kupu ini menjadi favorite.

6. Banded Orange

Banded Orange

https://en.wikipedia.org

Seperti namanya, jenis kupu-kupu ini memiliki warna dasar orange yang begitu cantik dan tampak menyegarkan. Sayap dari Banded Orange cukup lebar.

Selain orange, warna sayap juga didominasi motif garis-garis hitam yang cukup mengesankan. Anda yang melihatnya pasti akan sangat terpesona.

Nah, spesies kupu-kupu ini disebut juga dengan nama Dryadula Phaetusa. Habitat aslinya adalah Amazon, Brazil hingga ke Central Meksiko.

Uniknya, selain nektar bunga, kupu-kupu ini juga memakan kotoran burung. Sebuah fakta yang tidak terduga jika kita melihat indahnya kupu-kupu yang satu ini.

7. Orchard Swallowtail

Orchard Swallowtail (Male)

https://en.wikipedia.org/

Orchard Swallowtail adalah salah satu jenis kupu-kupu yang sangat terkenal. Bahkan, banyak orang menyebutnya sebagai legenda kupu-kupu, terutama dengan ukuran yang terbesar.

Ya, Orchard Swallowtail memang memiliki ukuran sayap yang cenderung lebih besar dari spesies kupu-kupu lainnya.

Sayap Orchard Swallowtail didominasi warna kuning dan dibatasi dengan warna hitam di bagian tepi. Sementara di bagian belakang, spesies kupu-kupu ini memiliki warna sayap biru dan ada semacam ekor yang unik di belakangnya.

Makanan utama dari Orchard Swallowtail adalah lemon dan jeruk. Mungkin ini penyebab sayapnya berwarna kuning.

Baca juga : Jenis Kucing Terlucu Di Dunia

8. Antheraea Mylitta

Kupu kupu Gajah (Antheraea Mylitta)

https://en.wikipedia.org/

Antheraea Mylitta adalah salah satu jenis kupu-kupu yang bisa dikatakan sangat cantik dan juga unik. Spesies ini memiliki warna sayap yang sungguh luar biasa.

Kaya akan warna kuning pasir, sayap kupu-kupu ini tampak begitu elegan. Tidak hanya itu, pada sayapnya terdapat beberapa warna lain yang membuatnya sangat istimewa.

Beberapa warna pada sayapnya adalah abu kecokelatan, perunggu, cokelat kemerahan, kuning krom dan juga cokelat. Di sayapnya juga terdapat eyespots yang begitu menarik.

Belum diketahui di mana habitat asli spesies kupu-kupu ini. Namun, diyakini salah satu habitat aslinya adalah Amazon.

9. Metalmark Butterfly

Metalmark Butterfly

https://butterflyatlas.org/

Metalmark Butterfly adalah kupu-kupu dengan warna yang sangat cerah. Warna sayap kupu-kupu ini didominasi paduan warna orange dan hitam dengan bintik warna putih yang cukup banyak.

Kombinasi warna sayap ini membuatnya menjadi salah satu jenis kupu-kupu favorite dan paling indah di dunia.

Spesies ini memiliki nama ilmiah Apodemia Mormo Langei. Biasanya, ia akan menghisap nektar bunga matahari.

Nah, habitat asli di mana ia hidup adalah di sekitar kawasan Amerika Utara. Belum diketahui apakah spesies ini juga hidup di Indonesia.

10. Silvery Blue Butterfly

Silvery Blue Butterfly

https://en.wikipedia.org/

Silvery Blue Butterfly adalah spesies kupu-kupu yang sangat indah. Ia memiliki warna sayap yang sangat cantik didominasi dengan warna biru muda yang mengkilap.

Habitat asli spesies ini adalah Amerika Utara dan Kanada. Sedangkan makanan utamanya adalah tanaman inang.

Nah, itu dari beragam jenis kupu-kupu langka nan indah yang ada di dunia. Kira-kira, mana saja ya yang ada di Indonesia?