Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Macam-macam Tanaman Kaktus Hias dan Peluang Bisnis Kaktus Mini

kebun kaktus hias

Image via www.tucson-gardener.com

Kaktus Hias – merupakan tanaman kering yang digunakan untuk tanaman hias pekarangan rumah. Tanaman kaktus hias secara umum berukuran mini biasa ditanam pada media pot. Selain untuk hiasan rumah, tanaman kaktus hias berukuran mini saat ini banyak diperjual belikan untuk kado dan souvenir acara-acara pernikahan.

Tanaman kaktus (famili cactaceae) mampu hidup cukup lama pada lingkungan yang panas dengan tanah kering dan sedikit air. Habitat asli tanaman kaktus adalah di gurun pasir sehingga karakteristik tanaman kaktus menyesuaikan dengan lingkungannya.

Karakteristik tanaman kaktus ialah kaktus memiliki daun yang berbentuk duri untuk mengurangi penguapan, memiliki batang berlapis lilin untuk mempertahankan kadar air, pada patang kaktus tersusun dengan jaringan spon untuk penyipanan kadar air.

Akar yang dimiliki kaktus sangat panjang dan menyebar luas ke dalam tanah, akar yang panjang tersebut berfungsi untuk lebih bisa menjangkau dan mengambil air dan unsur hara yang terdapat di dalam tanah.

Macam-macam Tanaman Kaktus Hias

Tanaman kaktus hias yang banyak dimanfaatkan adalah jenis kaktus mini, kaktus mini ini biasa ditaruh pada meja ruang tamu rumah sebagai pelengkap hiasan dekorasi ruang tamu. Selain itu kamu juga bisa menghias meja kerjamu dengan tanaman yang unik dan indah ini.

Tanaman kaktus hias memiliki jenis yang beragam, dan setiap jenisnya memiliki keindahan dan keunikan masing-masing dari segi bentuk dan warna bunganya. Berikut macam-macam tanaman kaktus hias yang bisa kamu miliki.

1. KAKTUS HIAS ARIOCARPUS

kaktus hias ariocarpus

Image via commons.wikimedia.org

2. KAKTUS HIAS ASTROPHYTUM

tanaman kaktus hias astrophytum

Image via www.agoracactus.com.ar

3. KAKTUS HIAS CEREUS TETRAGONOUS

kaktus hias cereus tetragonus

Image via pinterest.com

4. KAKTUS HIAS CEPHALOCEREUS SENILIS

tanaman kaktus mini cephalocirius

Image via foro.infojardin.com

5. KAKTUS HIAS ECHINOCACTUS GRUSONII

tanaman kaktus hias echinocactus grusonii

Image via forum.cactipedia.info

6. KAKTUS HIAS ECHINOFOSSULOCACTUS

tanaman kaktus hias echinofossulocactus

Image via masirul.com

7. KAKTUS HIAS FEROCACTUS

 tanaman kaktus hias ferocactus

Image via worldofsucculents.com

8. KAKTUS HIAS GYMNOCALYCIUM

kaktus hias gymnocalycium baldianum

Image via worldofsucculents.com

9. KAKTUS HIAS HAWORTHIA ATTENUATA (ZEBRA)

 tanaman kaktus hias haworthia attenuata

Image via www.sedumphotos.net

10. KAKTUS HIAS LOBIVIA OGANMARU

kaktus hias jenis lobivia-oganmaru

Image via www.bukalapak.com

11. KAKTUS HIAS MAMMILLARIA ELONGATA

tanaman kaktus hias mammillaria-elongata

Image via www.biopix.com

12. KAKTUS HIAS MAMMILLARIA ELONGATA VAR INTERTEXTA

kaktus hias mammillaria elongata var intertexta

Image via www.flickr.com

13. KAKTUS HIAS MAMMILLARIA FRAILEANA

kaktus hias mammillaria fraileana

Image via ommons.wikimedia.org

14. KAKTUS HIAS MELOCACTUS

kaktus hias mini Melocactus

Image via commons.wikimedia.org

15. KAKTUS HIAS PARODIA

kaktus hias parodia microsperma

Image via www.gbif.org

16. KAKTUS HIAS PINCUSHION

kaktus hias Pincushion

Image via paulgill.photoshelter.com

Manfaat dan Perawatan Kaktus Hias

Tanaman kaktus hias mini adalah tanaman yang unik serta tahan terhadap lingkungan yang kering, kaktus cukup mudah dalam perawatannya. Kaktus hias cukup disemprot menggunakan sprayer tanaman untuk menjaga kualitas tanaman.

Kaktus hias yang cukup unik dan dapat hidup didalam ruangan dengan media pot sangat pas buat hiasan ruangan rumah kamu. Kamu bisa menaruhnya diatas meja ruang tamu atau dimeja samping dekat ruang tamu sebagai penambah estetika keindahan interior rumah kamu.

Sebenarnya untuk varian tertentu tanaman kaktus bisa dijadikan untuk bahan obat berbahan herbal yang manfaatnya diantaranya untuk kecantikan (perawatan kulit), mengatasi penuaan dini, sebagai obat pencegah penyakit diabetes, dan masih banyak lagi. Kaktus yang berukuran besar bisa memurnikan air tanah dan menetralisir racun yang ada didalam tanah.

Begitu banyak bukan manfaat tumbuhan kaktus ini, namun pada pembahasan artikel ini aku akan share fungsi dan manfaat kaktus sebagai tanaman hias yang bernilai. Berikut ulasannya,

1. Kaktus Hias untuk Pekarangan Rumah

Tanaman kaktus hias yang berukuran mini bisa kita tanam pada media pot kecil dan kita tanam pada pekangan rumah kita. Dekorasinya kita bisa menggantungkan pot kaktus dengan menggunakan kawat pada tempat-tempat tertentu.

Selain digantung, pot kaktus bisa didesain menempel pada dinding rumah kamu. Kamu bisa menaruhnya pada sebuah rak-rak yang sudah tertata rapi didepan rumah kamu. Hal ini bisa kamu jadikan tempat pembiakan kaktus dan jika sudah beranak pinak, kamu bisa menjualnya ke teman kamu 😀

 kaktus mini hias siap jual

Image via souvenirerikkaktus.blogspot.co.id

2. Kaktus Hias untuk Ruangan Didalam Rumah

Tanaman kaktus hias yang sudah sepaket dan ditanam pada media pot juga bisa kita tanam didalam rumah, penempatannya bisa pada meja di sekitar ruang tamu kita.

Kita bisa menaruhnya dimeja utama atau dimeja sekitar ruangan. Disarankan penempatan didekat jendela yang terdapat pancaran sinar matahari yang masuk.

Untuk perawatan tanaman kaktus untuk dekorasi ruangan dalam rumah, penyiraman mengguankan sprayer berisi air. Semprotkan pada tanaman secukupnya, penyiraman cukup 1 minggu sekali. Penggantian media taman pada pot dilakukan 3 minggu sekali, isi dengan batu kecikil serta tanah humus bercampur pasir .

Selain itu 3 hari sekali keluarkan tanaman kaktus diluar rumah adar bisa menerima nutrisi dari sinar matahari, waktu penjemuran kurang lebih 4 jam dalam sekali waktu. Lakukan hal ini rutin selama kaktus masih bisa tumbuh, karena yang namanya makluk hidup pasti mempunyai umur.

3. Kaktus Mini untuk Hiasan Meja Kerja

Tanaman kaktus hias berukuran mini sangat bagus jika kamu taruh dimeja kerjamu, sebagai penghias meja dan penenang pikiran. Karena apa? tanaman kaktus bisa yang cantik dan unik bisa kamu jadiakn objek yang cantik untuk menagatsi suntukmu ketika bekerja.

Perawatan kaktus untuk penempatan didalam ruangan sama dengan poin nomor 2. Tambahan, jika meja kerjamu dekat dengan jendela, sesekali taruh tanaman kaktus hias didekat jendela tersebut. Dan ambil tanaman kaktus itu jika kamu rindu untuk menemari kamu bekerja.

4. Pernak Pernik Acara Pesta / Pernikahan

Kaktus hias saat ini populer untuk dijadikan pernak-penik dan souvenir acara pernikahan. Souvenir ini emmang tidak biasa dan sangat unik, karena keunikannya ini banyak yang menjadikan tanaman yang tangguh, mungil dan cantik ini sebagai souvenir.

Kaktus dalam acara pesta atau penikahan biasanya ditanam pada media pot mini dengan media batu, pot ditaruh dalam paper bag dan bertuliskan kata-kata mutiara atau pesan kepada penerima souvenir.

Pot yang digunakan bisa berupa kayu handmade, dan kerjinan-kerjinan lain dari barang bekas yang menarik. Selain pada media pot dengan paper bag, saouvenir kaktus juga ada yang ditaruh didalam wadah toples kaca bening. Tanaman kaktus akan terlihat lebih indah dan menawan.

Peluang Bisnis Tanaman Kaktus Mini

souvenir kaktus mini yang bagus

Image via www.infoagribisnis.com

Peluang bisnis dari tanaman kaktus mini sangat pas buat kamu yang suka / hobbi mengoleksi tanaman kaktus hias mini. selain bisa kamu budidayakan dirumahmu sendiri sekaligus penghias rumahmu, baiknya juga bisa kamu jual dan menghasilkan juga kan.

Jika kamu tidak mempunyai stok yang banyak untuk dibudidayakan sendiri tetapi kamu sangat ingin berjualan. Kamu bisa mencari suplliyer tanaman kaktus mini untuk membantu menjualkannya.  Namanya dropshipping kaktus hias. Carilah suplliyer yang terpercaya dan pelayannya bagus.

Kamu bisa membantu menualkannya, peluang bisnis ini cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga, anak sekolah maupun anak kuliah juga bisa. Jika kamu tekuni bisnis sederhana ini akan memjadikan sumber pemasukkanmu yang cukup besar.

Harga Tanaman kaktus hias

1). Kaktus hias standar untuk perseorangan

Harga tanaman kaktus hias standar untuk ditanam biasa harga sekitar 15.000 – 100.000 rupiah, harga tergantung jenis kaktus, usia dan media pot yang digunakan.

Target pasar yang tepat untuk kaktus hias standar ini adalah perseorangan / personal, kamu bisa membidik pasar seseorang yang bekerja dikantor seperti guru, dosen, konsultan dan lainnya. Pangsa pasar lainnya yang cukup populer adalah para mahasiswa dan mahasiswi.

2). Harga kaktus hias untuk souvenir

Harga kaktus hias untuk souvenir rata-rata dijual dengan harga 50.000-200.000 rupiah per/ parselnya. Dalam satu parsel tanaman kaktus bisa dibuat lebih dari satu jenis tanaman kaktus hias. Media tanam yang digunakan juga unik bisa didesain dari kayu yang berbentuk unik.

Kamu bisa menargetkan pasar dan bekerja sama dengan penyelenggara event organizer acara pesta / pernikahan dan juga bisa kamu promosikan langsung kepada konsumen melaui media online seperti instagram, facebook dan website.

Keuntungan bisnis ini cukup fantastik, per penjualan kamu bisa mengambil untung 5.000 – 20.000 rupiah. Jika kamu bisa membidik pasar untuk acara-acara tertentu akan lebih menguntungkan. Kamu bisa memfokuskannya ke ranah tersebut untuk penjualanmu.

Untuk partai kecil / penjualan satuan, bisa kamu jual ke teman-teman terdekatmu dan kamu promosikan di komunitas pecinta kaktus hias / tanaman hias.

flanel pot tanaman kaktus hias

Image via adjiekaktus.blogspot.com

souveunir kaktus hias mini

Image via satujam.com