10 Rekomendasi Menu Takjil Untuk Dibagikan di Bulan Ramadhan

Menu Takjil Untuk Dibagikan – Saat bulan Ramadhan tiba, maka waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh umat islam adalah waktu berbuka puasa. Memang benar bahwa berbuka puasa lebih nikmat dibandingkan dengan saat Kamu sarapan, makan siang atau makan malam.

Loading...

Sebab, dalam berbuka puasa terdapat keberkahan di dalamnya. Jadi, meskipun berbuka dengan makanan seadanya, namun rasanya tetap saja nikmat. Seperti halnya saat Kamu dalam perjalanan dan harus berbuka puasa di jalan karena Adzan Maghrib telah berkumandang.

Saat bulan puasa, ada beberapa orang yang baik hati dan membagikan takjil di jalan untuk orang-orang yang sedang berpuasa. Nah, bagi Kamu yang berencana untuk membagikan takjil, tentunya Kamu harus memikirkan menu takjil untuk dibagikan di bulan Ramadhan bukan?

Menu Takjil Untuk Dibagikan

Menu yang diberikan tidak harus mewah, yang penting dapat membatalkan puasa. Selain itu, berbagi takjil di bulan Ramadhan juga menambah pahala lho. Untuk Kamu yang ingin menambah pahala di bulan suci ini dengan berbagi takjil, yuk simak beberapa rekomendasi menu takjil yang bisa Kamu bagikan di bawah ini.

1. Air Mineral

Meskipun hanya air mineral, namun air mineral sangat berharga bagi orang-orang yang berbuka di jalan. Selain digunakan untuk melepas rasa dahaga, air mineral juga merupakan salah satu jenis minuman yang diperlukan tubuh, dan tentunya menyehatkan.

Kamu bisa memberikan air mineral ini sebagai menu takjil untuk dibagikan di bulan Ramadhan. Fungsi dari air mineral ini juga dapat mengembalikan cairan tubuh, jadi orang yang meminumnya tidak akan mudah terkena dehidrasi.

Ups satu lagi, keunggulan yang dimiliki oleh air mineral adalah kemasannya yang praktis, jadi tidak akan mudah tumpah, pecah maupun merepotkan saat dibagikan.

2. Kurma

Jika Kamu memiliki banyak kurma di rumah, tidak ada salahnya menambah kebaikan di bulan suci Ramadhan dengan berbagi takjil kurma. buah ini, menjadi salah satu buah yang sangat sering ditemukan di bulan Ramadhan. Memiliki rasa yang manis, ternyata kurma juga kaya akan manfaat.

Oleh sebab itu, Rasulullah juga menganjurkan umatnya untuk berbuka dengan kurma. jadi, buat Kamu yang punya kurma di rumah, memberikan kurma kepada orang yang akan berbuka di jalan itu pahalanya besar lho.

3. Teh Manis

Selain air mineral, minuman lain yang bisa Kamu berikan kepada orang yang berbuka di jalan adalah teh manis. Kan, umat muslim disunnahkan untuk berbuka dengan yang manis-manis, kaya senyum Kamu misalnya.

Nah, teh manis ini bisa dijadikan menu takjil yang cocok untuk berbuka di jalan. Agar rasanya lebih menyegarkan, Kamu bisa bagikan dalam bentuk es teh maupun teh hangat sesuai dengan selera.

Adapun kemasannya juga mudah, Kamu bisa mengemasnya dengan menggunakan cup atau hanya dibungkus dengan menggunakan plastik. InsyaAllah, banyak orang yang mau menerima teh manis dari Kamu, dan tentunya ini menjadi salah satu ladang ibadah di bulan Ramadhan.

4. Kue Basah

Kamu punya keterampilan membuat kue basah? Nah, kue basah ini menjadi salah satu sajian menu takjil untuk dibagikan di bulan Ramadhan. Jenis kue ini juga sangat sering dicari lho oleh orang-orang yang ngabuburit.

Jadi, jika Kamu membagikan kue ini, dijamin deh orang-orang bakal suka. Nah, jenis kue basah ini seperti bolu kukus, jajanan pasar, dan masih banyak lainnya. Orang-orang yang menerimanya pasti bakal suka, sebab jajanan ini selain memiliki rasa enak juga gratis.

5. Gorengan

Selain kue basah, Kamu juga bisa lho memberikan takjil kepada mereka yang berbuka puasa di jalan dengan gorengan. Orang Indonesia mana yang tidak suka gorengan, ya menu makanan ini memang sangat digemari.

Adapun bagi Kamu yang bingung gorengan apa sih yang bisa dibagikan sebagai takjil? Nah, Kamu bisa membuat tempe goreng, tahu goreng, pisang goreng, risoles, lumpia dan berbagai macam gorengan lain. jangan lupa tambahkan cabai rawit agar rasanya lebih nampol untuk berbuka.

6. Kolak

Salah satu menu yang selalu ada di bulan Ramadhan adalah kolak. Ya, rasanya memang sudah menjadi hal yang wajib minum kolak d bulan Ramadhan. Karena kolak ini adalah menu andalan takjil, tidak ada salahnya jika Kamu membagikan kolak ini sebagai takjil.

Selain cara membuatnya yang mudah, kolak jura memiliki rasa yang enak dan manis. Hm, pasti deh orang yang menerimanya bakal merasa senang banget dengan kolak yang Kamu beri.

7. Bubur sum-sum

Menu takjil untuk dibagikan di bulan Ramadhan selanjutnya adalah bubur sum-sum. Untuk Kamu penggemar bubur sum-sum tentunya sudah tidak meragukan lagi rasa bubur nikmat ini.

Bahkan, menu ini juga menjadi menu takjil favorit yang banyak dicari orang saat ngabuburit. Dengan teksturnya yang lembut yang disiram dengan gula jawa dan santan membuat bubur ini begitu nikmat untuk disantap saat buka puasa. Karena kenikmatannya inilah Kamu wajib memasukkan menu ini ke daftar takjil yang akan dibagikan.

8. Bubur Kacang Ijo

Selain bubur sum-sum, jenis bubur lain yang bisa Kamu bagikan sebagai takjil adalah bubur kacang ijo. Sesuai namanya, bubur ini dibuat dengan kacang hijau dan diberi tambahan gula dan santan.

Alhasil, rasanya begitu nikmat dan sangat menggoda untuk dijadikan menu takjil di bulan puasa. Selain itu, menu ini juga banyak disukai orang, terlebih jika mendapatkannya secara Cuma-Cuma.

Nah, untuk Kamu yang bingung bagaimana cara penyajian yang tepat agar si bubur kacang ijo ini tidak tumpah, Kamu bisa gunakan cup atau plastik. Jika sudah, tinggal di bagikan deh ke orang-orang yang membutuhkan takjil di jalan untuk berbuka puasa. Hmmm, sungguh amalan bulan Ramadhan yang sangat besar pahalanya.

9. Es Pisang Ijo

Menu takjil selanjutnya yang bisa Kamu bagikan adalah es pisang ijo. Minuman yang satu ini sangat segar untuk dijadikan menu takjil. Dengan kombinasi bubur sum-sum, es batu, pisang ijo, kacang dan juga sirup membuat takjil ini banyak dicari orang.

Karena takjil ini adalah menu favorit, jadi sudah dapat dipastikan orang akan menerimanya dengan senang hati. Untuk penyajian, Kamu bisa gunakan cup saja agar es pisang ijo cantik untuk dipandang.

10. Es buah

Puasa seharian lalu berbuka dengan es buah rasanya adalah nikmat Tuhan mana lagi yang harus didustakan. Ya, kesegaran es buah saat buka puasa memang tidak ada tandingannya. Karena itu, Kamu wajib banget memasukkan menu ini ke dalam menu takjil untuk dibagikan di bulan Ramadhan.

Selain mudah untuk membuatnya, es buah ini juga sangat mudah untuk dibungkus. Selain itu memiliki rasa yang manis, dan menyegarkan. Jadi, sangat cocok dijadikan sebagai penghilang dahaga saat berbuka di jalan.

Manis dan menyegarkan bukan? Ke 10 menu di atas sangat cocok dijadikan sebagai menu takjil untuk dibagikan di bulan Ramadhan. Selain memiliki rasa yang enak, Kamu juga akan mendapatkan banyak pahala karena sudah berbagi terhadap sesama di bulan yang suci.