Ucapan Selamat Hari Pers Nasional Demi Kemajuan Pers Indonesia

Ucapan Hari Pers Nasional

https://twitter.com/osc_medcom/

Ucapan Selamat Hari Pers Nasional – Cukup berbeda dengan beberapa dekade silam, kebebasan pers saat ini bisa dibilang sangat merdeka.

Loading...

Jika pada beberapa dekade silam pers sangat dibungkam oleh pemerintah, namun sekarang, pers sudah bisa menjadi bagian dari masyarakat.

Segala macam berita sudah bisa dilihat oleh masyarakat melalui media elektronik ataupun media cetak. Kebebasan pers inilah yang selalu diperingati setiap tanggal 9 Februari di berbagai daerah di Indonesia.

Ya, dengan adanya Hari Pers Nasional ini atau yang biasa disingkat dengan HPN, tentu saja banyak sekali harapan dan ucapan Selamat Hari Pers Nasional untuk para pers yang ada di Indonesia.

Kehidupan dunia pers memang sering dipenuhi pro dan kontra. Meski saat ini sudah ada peraturan Undang-Undang yang sudah jelas mengatur tentang pers dan ITE namun masih sering terjadi pelanggaran tentang pers itu sendiri.

Masih sering dijumpai pemberitaan yang bisa dikatakan palsu atau hoax. Mirisnya pemberitaan itu disampaikan oleh para pers yang kurang bertanggung jawab.

Tak hanya itu saja, bahkan beberapa kasus seperti pemukulan bahkan pembunuhan pers pun  masih saja terjadi hingga saat ini. yang lebih mencengangkan, perlakuan diskriminasi tersebut dilakukan oleh aparatur negara.

Oleh karena itu, adanya Hari Pers Nasional (HPN) juga digunakan sebagai wajah bagi para pers agar tetap bisa mendapatkan keadilan serta melaksanakan tanggung jawabnya untuk bisa membuat berita yang sesuai dengan kenyataan.

Pastinya banyak sekali harapan dan ucapan dari masyarakat Indonesia untuk kemajuan dunia pers. “Pers Cerdas, Bangsapun Cerdas.”

Ucapan Selamat Hari Pers Nasional

Nah, buat Kamu yang juga ingin ikut serta memperingati hari pers ini, berikut ada beberapa contoh ucapan Selamat Hari Pers Nasional yang bisa Kamu ucapkan. #HPN2019

#1. Selamat Hari Pers Nasional

  • “Selamat Hari Pers Nasional untuk para teman-teman jurnalis yang ada di Tanah Air! Semoga keadilan selalu berpihak kepada yang benar dan kalian bisa memberitakan apa yang benar-benar terjadi kepada bangsa ini!”

Dunia pers memiliki bagian yang sangat penting dalam kemajuan bangsa ini. Oleh karena itu, setiap apa yang terjadi di Indonesia selalu menjadi sorotan bagi para warganya.

Memberikan berita yang benar dan sesuai dengan kenyataan merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh para wartawan dan jurnalis.

Terkadang, sebuah pemberitaan yang kurang dipertanggungjawabkan keasliannya juga bisa menjadi pemecah keutuhan bangsa Indonesia sendiri.

Oleh karena itu, banyak sekali masyarakat yang berharap bahwa pers bisa memberikan berita yang seasli-aslinya dan sejelas-jelasnya.

#2. Selamat Hari Pers Nasional

  • “Majulah Pers Indonesia sebagai Pilar keempat! Tetaplah junjung demokrasi dan kemajuan negara ini! Selamat Hari Pers Nasional!”

Pers juga bisa dikatakan sebagai pilar keempat Negara Kesatuan Republik Indonesia. Seperti yang telah diketahui, pilar keempat ini sendiri ialah Demokrasi, setelah adanya Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif.

Meskipun pers berada diluar sistem politik, namun keberadaan pers ini memiliki posisi yang sangat strategis untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Tak hanya itu, pers juga digunakan sebagai pendidikan untuk publik dan juga menjadi alat kontrol sosial. Tak heran, jika kehadiran pers saat ini juga sangat diharapkan oleh beberapa pihak untuk bisa mempersatukan perpecahan yang terjadi di beberapa daerah.

#3. Selamat Hari Pers Nasional

  • “Selamat Hari Pers Nasional! Tentu saja banyak sekali harapan yang Kamu ucapkan untuk kemajuan Pers di Indonesia! Semoga media yang ada saat ini bisa semakin bijak dan memberitakan berbagai macam berita yang bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya.”

Pemberitaan hoax ternyata tidak hanya dilakukan oleh beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab saja. Namun, hal ini juga bisa dilakukan oleh para wartawan ataupun jurnalis demi mendobrak popularitas suatu stasiun TV swasta.

Hal ini memang bukan menjadi hal yang patut untuk dibenarkan, mengingat berbagai macam masalah bisa saja terjadi karena pemberitaan yang palsu dan tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Oleh karena itu juga, tidak sedikit ucapan Selamat Hari Pers Nasional dari para warganet yang berharap bahwa para pers bisa lebih bijak dalam memberikan berita untuk negeri ini.

Sebagai alat kontrol sosial juga diharapkan para pers bisa memberikan berita yang sebenar-benarnya.

#4. Selamat Hari Pers Nasional

  • “Selamat Hari Pers Nasional! Tegakkan keadilan untuk para pers di Indonesia dan semoga pers bisa semakin maju dengan pemberitaan-pemberitaan yang bisa diakui kebenarannya!”

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, meski sudah ada peraturan tentang pers dan hak bagi para pers itu sendiri, namun tidak sedikit kasus yang mencuat di masyarakat mengenai diskriminasi kepada para pers.

Bahkan, tindakan diskriminasi tersebut kebanyakan dilakukan oleh beberapa aparat umum.

Pastinya, kasus yang menyerang para pers tersebut membuat masyarakat Indonesia merasa geram. Terlebih lagi, sekarang ialah zamannya pers dibebaskan dan sudah tidak dibungkam.

Banyak sekali harapan yang diucapkan oleh masyarakat di Hari Pers Nasional, seperti keadilan yang harus terus ditegakkan.

Bahkan tak cukup persoalan mengenai ketidakadilan yang terjadi pada pers saat ini. Berbagai macam persoalan saat pers pada zaman dahulu saat pers masih dibungkam juga masih mendapat banyak respon dari masyarakat untuk dibukakan kebenarannya.

#5. Selamat Hari Pers Nasional

“Selamat Hari Pers Nasional! Jadilah Pers yang mempersatu bangsa! Bukan sebagai pemecah bangsa!”

ucapan Selamat Hari Pers Nasional yang satu ini juga banyak diucapkan oleh masyarakat agar pers bisa berfungsi sebagai alat kontrol sosial yakni mempersatukan bangsa. Oleh karena itu, setiap pemberitaan yang disampaikan oleh pers juga harus diakui kebenarannya.

Hingga saat ini, masih banyak terjadi pro dan kontra terhadap pers yang ada di Indonesia. Karena alasan itulah yang membuat tanggal 9 Februari menjadi Hari Pers Nasional (HPN).

Berbagai ucapan Selamat Hari Pers Nasional dan harapan terhadap kemajuan pers Indonesia tentu saja banyak diucapkan oleh masyarakat.