Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Salam Pramuka! Ucapan Selamat Hari Pramuka Indonesia pada tanggal 14 Agustus

Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana. Iyap kebanyakan dari kita sudah tahu apa sih itu Pramuka, karena memang Pramuka menjadi ekstrakurikuler wajib di sekolah. Banyak dari kita juga pasti sudah pernah mengikuti berbagai event yang diselenggarakan organisasi Pramuka, entah itu dari tingkat sekolah hingga tingkat Internasional.

Salam Pramuka! Ucapan Selamat Hari Pramuka Indonesia pada tanggal 14 Agustus

http://kuyahejo.com/

Namun apakah Kamu sudah tahu tanggal berapa Hari Pramuka itu? Serta bagaimana memberikan ucapan selamat Hari Pramuka? Nah sedikit sejarah tentang Pramuka, bahwa Pramuka merupakan organisasi kepanduan yang dipelopori oleh seorang Tentara Inggris yang bernama Lord Roberth Stephenson Smyth Boden Powel.

Dimana Boden Powel menulis sebuah buku yang berjudul “Scouting For Boys” tentang bagaimana hidup di alam liar. Perkembangan buku tersebut tidak selalu berjalan mulus, namun seiring berjalannya waktu, kepanduan mulai dikenal di berbagai negara, seperti Indonesia.

Sampai di Indonesia juga awalnya tidak langsung diterima begitu saja, banyak berbagai cobaan dan celaan dari berbagai pihak, namun gerakan tersebut mulai dipelopori oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan ditetapkan resmi berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 238 tahun 1961 kemudian resmi di kenalkan kepada masyarakat pada tanggal 14 Agustus 1961. Nah dari tanggal inilah kemudian dijadikan sebagai Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka Indonesia

Nah, sudah tahu kan? Sekarang bagaimana kamu akan memberikan ucapan selamat Hari Pramuka? Yuk intip beberapa kalimat berikut ini !

Kata kata Ucapan Selamat Hari Pramuka Indonesia

  1. “Pramuka Merekatkan bukan Meretakkan, Selamat Hari Pramuka”

Kalimat singkat dan baru ini merupakan tema Hari Ulang Tahun Pramuka pada tahun 2018, kalimat tersebut mengandung makna bahwa gerakan Pramuka merupakan suatu organisasi yang mampu menumbuhkan semangat dan jiwa persatuan kepada para pemudanya sehingga tidak membuat perpisahan diantara Kita sesama warga Indonesia.

  1. “Pada detik-detik yang menyengsarakan, jangan pernah kehilangan harapan. Ingat hujan lebat dihasilkan dari mendung yang gelap. Salam Pramuka”

Kamu sebagai kaum muda jangan pernah menyerah dalam belajar dan berkarya, semua yang Kamu lalui dengan penuh perjuangan, akhirnya akan membuahkan hasil yang menyenangkan.

  1. “Semangat kePramukaan tetap bergelora, ciptakan suasana persaudaraan dan saling menghargai, Selamat Hari Pramuka”

Setiap hari jiwa Pramuka harus selalu dikobarkan, jiwa yang mempunyai semangat persatuan dan kesatuan tanpa membedakan asal dan pangkat yang Kita miliki, karena Kita semua sama yang terpenting adalah saling menghargai.

  1. “Satu Pramuka untuk Satu Indonesia, Salam Pramuka”

Kalimat singkat dari kutipan lagu Mars Pramuka bisa digunakan sebagai ucapan selamat Hari Pramuka, dimana kalimat tersebut mengandung arti seperti Bhineka Tunggal Ika walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu, bahwa hanya ada satu Pramuka namun harus mampu menyatukan perbedaan yang ada di seluruh Indonesia.

  1. “Berikan pesan yang bermanfaat kepada sesama karena Setiap Pramuka adalah Kantor Berita”

Salah satu semboyan yang baru dari gerakan Pramuka pada masa kepemimpinan kak Adhyaksa Dault ini memiliki tujuan bahwa setiap Pramuka merupakan agen berita dan mampu memanfaatkan teknologi informasi seperti akun media sosial sebagai pembawa berita sebenarnya (bukan hoax) kepada seluruh masyarakat Indonesia.

  1. “Riang Gembira dan Pantang Putus Asa, Itulah jiwa Pramuka”

Pramuka memang dikenal sebagai organisasi yang kegiatannya hanya bernyanyi meskipun didalamnya sebenarnya tidak demikian. Mindset tersebut banyak muncul di berbagai pandangan, karena memang benar dalam memberikan berbagai ilmu dan pengetahuannya.

Gerakan Pramuka selalu menggunakan pendekatan yang menyenangkan seperti bernyanyi dan tepuk-tepuk, tak heran bahwa Pramuka memang selalu gembira dan pantang putus asa.

  1. “Sebab sahabat terbaik adalah seseorang yang tidak memperdulikan apakah orang lain membutuhkan kita atau tidak, karena yang terpenting adalah kita selalu ada untuk mereka, Salam Pramuka”

Pesan untuk selalu memberikan bantuan tanpa memandang, karena hakikatnya setiap manusia itu membutuhkan orang lain. Jadi selalu berusahalah membantu orang lain sesuai dengan kemampuan yang Kamu miliki.

  1. “Di depan orangtua kita harus sopan, didepan pacar kita harus romantis, di depan sahabat kita harus gila, Selamat Hari Pramuka kawan”

Hal yang sering dilakukan oleh anak Pramuka adalah gila bersama, untuk itu kalimat diatas cocok juga untuk memberikan ucapan selamat Hari Pramuka kepada sahabat Kamu yang selalu bisa diajak gila bersama.

  1. “Bersama membangun bangsa Indonesia, jayalah Indonesia, Satyaku ku darmakan, darmaku ku baktikan, Salam Pramuka!

Dengan semangat kebersamaan yang berpedoamn pada Tri satya dan dasa darma Pramuka mampu menjadikan bangsa Indonesia selalu jaya.

  1. “Dari Pramuka aku belajar kebersamaan, disiplin, mandiri, semangat dan pantang menyerah. Salam dan Jayalah selalu Pramuka Indonesia!

Kalimat tersebut hampir sama pengertiannya dengan yang ada diatas, bahwa di dalam Pramuka kita belajar berbagai hal, dan dengan semangat kebersamaan kita mampu membuat Indonesia semakin jaya.

  1. “Semua ada di Pramuka, tapi Pramuka tidak ada di semuanya, Salam Pramuka!”

Kalimat yang sering dikatakan anak Pramuka, benar bahwa apapun ilmunya akan dipelajari juga di Pramuka, namun tidak dengan Pramuka yang bisa muncul di berbagai ilmu. Kalimat tersebut juga mengandung ungkapan terimakasih karena sudah mengikuti Pramuka dan ilmu yang sudah didapatkannya.

  1. “Wujudkan bangsa yang bermartabat dan berkarakter melalui gerakan Pramuka”

Menjadi anggota gerakan Pramuka salah satunya untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang bermartabat dan berkarakter, untuk itu tidak heran jika pemerintah saat ini mewajibkan kepada instansi pendidikan untuk mempunyai gerakan Pramuka di instansinya.

  1. “Jadikan Pramuka sebagai kegiatan dalam menyiagakan, menggalang, dan menegakkan persatuan pemuda-pemudi sebagai generasi cerdas pemimpin bangsa, Selamat hari ulang tahun Pramuka”

Seperti tingkatan gerakan Pramuka ada siaga, penggalang dan penegak semoga tingkatan tersebut mampu memberikan kontribusi kepada negara untuk turut membangun bangsa Indonesia yang berkemajuan

  1. “Menjadi keren dengan ikut organisasi Pramuka, Selamat Hari Pramuka”

Mengikuti organisasi Pramuka ternyata bisa membuat keren? Iya, keren karena ilmu dan pengalaman yang didapatkan sangat banyak. Nah kalimat tersebut bisa digunakan untuk memberikan ucapan ulang tahun Pramuka sekaligus mengajak teman-teman yang lain mengikuti organisasi Pramuka.

  1. “Perjuangan tak pernah berakhir, walau hari-hari dirasakan dengan kemerdekaan hati. Karena Pramuka adalah bakti pada negeri”

Gerakan Pramuka merupakan gerakan bakti yang harus dilandasi dengan rasa ikhlas. Semua akan terasa nyaman jika kita mampu ikhlas tanpa ada pamrih dari setiap perjuangan yang dilakukan.

  1. “Selamat Hari Pramuka, Pramuka garda terdepan pelaku perubahan dalam pembentukan karakter kaum muda”

Pramuka merupakan garda terdepan pembentuk karakter anak bangsa. Karena di dalam pendidikan kePramukaan setiap individu harus berpedoman pada dasa darma yang ternyata itu mencakup aspek pendidikan karakter.

  1. “Selamat Hari Pramuka, Bersama kita ikut membangun masyarakat”

Mari kita bersatu untuk membangun masyarakat dan ikut mensejahterakannya. Tanpa masyarakat kita bukanlah suatu negara, dan tanpa rasa persatuan Indonesia tidak akan mencapai kejayaan.

Nah, sekarang Kamu tidak perlu bingung lagi bagaimana untuk memberikan ucapan selamat Hari Pramuka, kalimat-kalimat diatas bisa menjadi solusinya. Apalagi jika Kamu bukan anak Pramuka, semoga dengan ini Kamu bisa tertarik dan mulai mengikuti setiap kegiatan yang ada di Pramuka.