Pantun Teka Teki beserta Jawabannya yang Seru dan Menyenangkan

Pantun Teka Teki

image via canva.com/goodminds.id

Pantun merupakan jenis karya puisi lama yang masih banyak digemari hingga sekarang. Pantun sendiri terdiri dari banyak jenis, seperti pantun jenaka, pantun nasehat, pantun cinta, pantun gombal dan masih banyak lagi jenis pantun lainnya.

Loading...

Salah satu cara paling asyik untuk mengisi waktu luang bersama teman adalah saling melempar pantun. Jenis pantun yang paling pas digunakan untuk saling lempar pantun dengan teman adalah pantun teka-teki.

Apakah Kamu juga penggemar pantun? Pandaikah Kamu membuat pantun? Suka sih, tapi kalau tidak pandai membuatnya mau bagaimana lagi? Tenang, masalah Kamu akan akan diatasi dengan mudah di sini.

Bagi Kamu yang ingin bermain pantun teka teki dengan teman yang seru dan menyenangkan, berikut ini beberapa contoh pantun teka-teki beserta jawabannya yang bisa Kamu gunakan.

Apa itu Pantun Teka Teki ?

Pantun teka teki adalah salah satu jenis pantun permainan yang bersifat jenaka. Biasanya pantun jenis ini berupa pertanyaan yang jawabannya juga harus menggunakan sebuah pantun juga.

Bagi Kamu yang masa kecilnya suka usil sama teman mungkin sudah tidak asing lagi dengan permainan saling lempar pantun ini.

Anak-anak sangat menyukai jenis pantun ini, apalagi jika pertanyaan yang diberikan dalam pantun sulit untuk menemukan jawabannya, suasana akan semakin seru dan menegangkan.

Bukan hanya sebagai sarana bermain yang menghibur juga loh, saling melempar pantun juga akan membuat kita belajar mengasah otak.

Ciri-Ciri Pantun Teka-Teki

Pantun teka teki dapat dikatakan sebagai pantun permainan anak-anak. Ciri utama dari pantun teka teki ini adalah adanya pertanyaan yang disampaikan menggunakan sebuah pantun. Inti pertanyaan terletak pada baris ketiga dan keempat pantun.

Bermain pantun teka-teki selain menghibur juga sangat berguna untuk memancing kecerdasan otak, sehingga bagi Kamu yang juga ingin belajar mengasah seberapa jauh kemampuan otakmu, cocok banget nih diketahui dengan bermain pantun teka teki bersama teman.

Contoh Pantun Teka Teki Beserta Jawabannya dengan Pantun

Nah buat Kamu yang bingung mau main lempar pantun teka-teki tetapi tidak bisa membuatnya, berikut beberapa contoh pantun teka-teki menarik yang seru banget untuk dimainkan.

#1.

Kalau ingin mengejar tupai,

Jangan lupa membawa baki,

Jika Kamu merasa pandai,

Coba tebak hewan apa tanduk di kaki,

Jawaban:

Lintah merah pergi ke kali,

Membawa rantang mencari ketan,

Jawabannya sepele sekali,

Sudah pasti itu ayam jantan.

 

#2.

Wangi sekali daun pandan

Tumbuh sela-sela batu

Lebar kepada daripada badan

Coba tebak hewan apakah itu

Jawaban:

Indah sekali bunga melati

Mekar mewangi sepanjang hari

Jawabannya sudah di hati

Itu pasti ikan pari

 

#3.

Biru putih warna awan

Indah nian dari jendela

Coba tebak hai kawan

Hewan apa ujung di kepala

Jawaban:

Jalan-jalan ke Kota Madinah

Bawa gelas kemudian pecah

Jawabannya ringan saja

Hewan itu bernama gajah

 

#4.

Tujuh hari di Palembang

Berani perang usir penjajah

Berdengung tapi bukan kumbang

Punya belalai bukan gajah

Jawaban:

Makan sudah minum sudah

Yang belum main ke Ka’bah

Jawabannya kok sangat mudah

Sudah pasti itu hewan lebah

 

#5.

Angin topan berputar-putar

Sebelum hujan dahulu mendung

Jika Kamu mengaku pintar

Hewan apa tanduk di hidung

Jawaban:

Kalau angina sedang berputar

Jangan memetik buah salak

Aku memang sangat pintar

Itu temanmu namanya badak

 

#6.

Petik buah pelan-pelan

Tidak mengenal lumpur kotoran

Tidak berkaki bisa berjalan

Pindah tempat walau tiduran

Jawaban:

Pergi ke hutan banyak badak

Ada juga monyet sedang tiduran

Biar saya saya yang menebak

Hewan itu namanya ular

 

#7.

Beli martabak beli kwaci

Beli sayur malam hari

Cobalah tebak apakah ini

Janggutnya panjang amat pemberani

Jawaban:

Memang enak makan martabak

Makanya saya suka nambah

Sini aku saja yang menebak

Itulah singa si raja rimba

 

#8.

Kakak adik bermain celak

Tiba-tiba berkicau burung perkutut

Siapa bisa menebak

Hewan apa tanduk di mulut

Jawaban:

Ikan nila dalam empang

Anak kecil suka mengamuk

Jawabannya sangat gampang

Itu bernama hewan nyamuk

 

#9.

Duri itu tajam ujungnya

Bulan di langit bercahaya

Bolehkah saya bertanya

Hewan apa yang paling kaya

Jawaban:

Kalau bulan bercahaya

Enaknya melihat sambil menerawang

Aku tahu hewan terkaya

Itu dia si beruang

 

#10.

Dekat tambak tumbuh kelapa

Petik satu lupa dibawa

Coba tebak ini hewan apa

Jumlah hurufnya ada dua

Jawaban:

Makan ayam enak rasanya

Lihat bola ditendang-tendang

Saya tau jawabannya

Hewan itu namanya UdanG

 

#11.

Penyakit gatal itu menular

Bikin malas berangkat kerja

Bersisik bukan ular

Bermahkota bukan raja

Jawaban:

Bubur pisang enak dirasa

enaknya dimakan pas masih panas

Teka tekinya luar biasanya

Itu namanya buah nanas

 

#12.

Kulit artis sangat mulus

Terkena kuah saat makan

Di luar terlihat mulus

Di dalamnya berantakan

Jawaban:

Makan ayam sama tulangnya

Terlalu sedikit masih kurang dong

Sangat mudah jawabannya

Sudah pasti buah kedondong

 

#13.

Kakek datang dari Citarum

Wajahnya sumringah tersenyum senyum

Kulitnya tajam seperti jarum

Saat dibelah semakin harum

Jawaban:

Mantap sekali makan ketoprak

Makannya di bawah pohon aren

Sini biar saya yang menebak

Itu namanya buah duren

 

#14.

Bawah makan pakai rantang

Untuk dimakan saat petang

Bentuknya seperti bintang

Warnanya kuning ketika matang

Jawaban:

Bunga ditaman dimakan kumbang

Kumbang mati dimakan kambing

Tidak ragu dan tidak bimbang

Itu namanya buah belimbing

 

#15.

Bersenang-senang di hari raya

Naik sepeda terus dikayuh

Berisik bukan buaya

Punya telur dan bukan puyuh

Jawaban:

Main dikali besar ombaknya

Ombaknya banyak sangatlah galak

Praktis benar teka-tekinya

Aku tahu itu buah salak

***

#16.

Bangun tidur langsung makan

Karena semalam habis menangis

Duren bukan salak bukan

Isinya putih dimakan manis

Jawaban:

Liburan pergi ke Pulau Bangka

Pulau Bangka banyak menariknya

Saya saja yang menerka

Buah itu cempedak namanya

 

#17.

Menang lomba dapat juara

Ayah dan Ibu pastilah bangga

Bulat wujudnya bukan bola

Rumahnya tinggi di atas sana

Jawaban:

Pendekar perang panjang pedangnya

Tapi orangnya pelupa

Biar saya yang menebaknya

Itu namanya buah kelapa

 

#18.

Kilat petir menggelegar

Suaranya keras negri rasanya

Jika Kamu anak pintar

Bola apa panjang rambutnya

jawaban:

Rambut panjang mudah dikepang

Anak kecil jadi rebutan

Pertanyaanmu sangat gampang

Sudah pasti itu rambutan

 

#19.

Anak bebek makan dedak

Amat berisik suaranya

Ditepuk tidak meledak

Ada bola lucu di dalamnya

Jawaban:

Sudah asah pisau dapurnya

Memotong daging sangat tajamnya

Aku saja yang menebaknya

Buah ciplukan itu jawabnya

 

#20.

Hujan-hujan makan kebab

Lebih enak ikan betutu

Orang cerdas pasti menjawab

Hewan apa bertulang satu

Jawaban:

Pergi ke pasar membeli rengginang

Ke pasarnya di antar mami

Pertanyaan yang sangat mudah dan gampang

Itu namanya hewan cumi-cumi

 

#21.

Malam-malam goreng tahu

Wanita cantik sedang bersenandung

Coba tebak siapa tahu

Hewan unik tanduk di hidung

Jawabannya:

Kue cucur kue ketan

Sama-sama pakai gula

Hewan itu hidupnya di hutan

Namanya badak bercula satu

 

#22.

Lidi diikat jadilah sapu

Kalau rapi terlihat mewah

Hilang terlihat duduk tersipu

Merayap-rayap sepanjang rawa

Jawaban:

Duri salak tajam ujungnya

Duri menancap di sebatang kayu

Gempang benar pertanyaanya

Aku tahu itu hewan penyu

 

#23.

Menjelang senja cahaya meredup

Minum the ditemani emping

Tanpa kepala bisa hidup

Saat berjalan miring ke samping

Jawaban:

Ada orang baca koran

Koran isinya info penting

Jangan bingung jangan heran

Itu hewan namanya kepiting

 

#24.

Ada katak sembunyi di balik batu

Katak kecil diincar ular

Anaknya banyak ibunya cuma satu

Bila meleset kepala terbakar

jawaban:

Air ditampung dalam baki

Kalau malam suasana jadi sepi

Itulah teki-teki

Jawabannya adalah korek api

 

#25.

Negara Arab banyak gurun

Hutan di jawa banyak pohon jati

Terus naik tak bisa turun

Kalau hilang tak bisa diganti

Jawaban :

Arab memang negeri gurun

Sangat berharga adanya sumur

Selalu naik tak pernah turun

Itulah yang disebut dengan umur

 

#26.

Ada belalang terbang di sawah

Petani datang batu dilempar

Duduk berderet di atas dan bawah

Pagar di dalam tebing di luar

Jawaban:

Tali diikat membelit-belit

Buah nangka tak lepas pulut

Kurasa tak cukup sulit

Itu namanya gigi di dalam mulut

 

#27.

Pergi ke kebun memetik kelapa

Boleh dimakan dibuang jangan

Cobalah tebak benda ini

Semakin diisi semakin ringan

Jawaban :

Hujan turun bumi basah

Musim panas makan melon

Teka-tekinya tidak susah

Jawabannya adalah balon

 

#28.

Ke pasar beli semangka

Tanyakan dulu berapa harganya

Kalau Kamu mampu menerka

Bijinya diluar buah apa namanya

Jawaban :

Jalan-jalan ke pasar raya

Kota besar Yogyakarta

Biar aku saja yang menerka

Jambu medelah jawabannya

 

#29

Ayam kecil makan daun bayam

Bayam di masak sama teri

Kalau diikat dia diam,

Dipegang mati dilepas menari

Jawaban :

Memang lezat makan bayam

Badan sehat jauhlah pusing

Diikat memang membuatnya diam

Itulah dia namanya gangsing

 

#30.

Ke pasar membeli udang

Dimasak enak banyak yang datang

Ular apa yang membelit pinggang

Kepada di perut ekornya di belakang

Jawabannya :

Ada sapi ada badak

Sapi dibakar badak dipanggang

Sini biar aku saja yang menebak

Itu adalah ikat pinggang

 

#31.

Teramat cantik wajah sang ratu

Leher yang putih dan juga panjang

Badannya kurus bermata satu

Kalau berjalan ekornya panjang

Jawabannya :

Badan rebah mata terpejam

Baju dipewangi supaya harum

Badannya kurus kakinya terpejam

Benda itu namanya jarum

 

#32.

Wanita dulu sukanya dipingit

Wanita manis-manis ada di Malaka

Datang cepat di atas langit

Terdengar jerit hilang seketika

Jawaban :

Hari raya membuat ketupat

Jangan sampai keduluan lalat

Dia datangnya sangatlah cepat

Orang menyebutnya sebagai kilat

 

#33.

Orang baik banyak pahala

Orang damai laksana raja

Badannya lebar tanpa kepala

Kakinya empat diam saja

Jawaban:

Orang beriman rajin beribadah

Baik hatinya santun akhlaknya

Biar aku jawab teka tekinya

Mungkin jawabannya adalah meja

 

#34.

Makan pecel enak rasanya

Sudah kenyang pergi memancing

Kalau duduk diam saja

Kalau nungging malah kencing

Jawaban:

Duduk enak di atas batu

orang tua ikut sembako

Aku tahu apakah itu

Pasti itu namanya teko

 

#35.

Celana bagus dari Milan

Tak terpakai diambil pemulung

Kalau tidur dia berjalan

Mengikuti garis sambil meraung

Jawaban:

Mengapa suka membaca koran

Tak membuat bahagia hati

Itu adalah salah satu kendaraan

Yang disebut kereta api

 

#36.

Pohon tinggi lalu ditebang

Udara segar penuhi dada

Burung tapi tak bisa terbang

Berlari kencang bagaikan kuda

Jawabannya:

Lihat kancil dilempar batu

Dia berlari terbata-bata

Memangnya ada burung seperti itu

Itu namanya burung onta

 

#37.

Pergi ke toko membeli sarung

Perut lapar mampir ke kedai

Bisa terbang tapi bukan burung

Jika bisa jawab artinya kau pandai

Jawaban:

Jalan-jalan ke Solo bengawan

Di tengah jalan ketemu kumbang

Itu salah satu nama hewan

Namanya adalah bajing terbang

 

#38.

Adik tidur empat jam

Ditinggal ibu pergi ke pasar

Taring panjang kukunya tajam

Kulitnya berbintik besar-besar

Jawaban:

Pingin main keliling dunia

Jangan lupa mampir di Bantul

Gampang sekali pertanyaannya

Itu namanya hewan macan tutul

 

#39.

Bisa jalan susah berlari

Akhirnya duduk di bawah pohon

Dia hobinya mencuri di malam hari

kalau siang bergelantung di pohon

Jawaban :

Orang susah harus dibantu

Orang miskin harus ditolong

Gampang benar teka-teki itu

Hewan itu namanya kalong

 

#40

Anak kecil suaranya lantang

Jarang mandi badan berbau

Tanduknya kecil seperti bintang

Badannya besar seperti kerbau

jawaban:

Pergi ke Bali membeli kelapa

Lari-lari terjatuhan genteng

Saya sudah tahu jawabannya apa

Sudah pasti itu hewan banteng

 

#41

Ayah dan kakak suka memancing

Memancing ikan bajunya panjang

Berkawan bukan anjing

Menggonggongnya sangatlah panjang

Jawaban:

Anak gadis sangat menawan

Kalau jelek jangan dicela

Hewan itu memang suka berkawan

Itulah namanya hewan serigala

 

Contoh Pantun Teka-Teki Plesetan

Selain beberapa contoh pantun teka-teki yang sudah disebutkan di atas, ada lagi nih model pantun teka-teki plesetan yang tidak kalah serunya untuk dimainkan. Semakin penasaran?

Berikut beberapa contohnya;

#1.

Ada perampok ada maling

Sama-sama bernama Adul

Kepalaku pusing tujuh keliling

Binatang apa yang sangat jadul

Jawaban:

Jalan-jalan ketemu Adul

Langsung saja bersalaman

Aku tahu binatang terjadul

Itu namanya Kucinggalan jaman

 

#2.

Beli nanas bonus kelapa

Di jalan melihat anak pak Bokir

Aku bingung monyet apa

Yang sukanya mondar-mandir

Jawab:

Makan kolak ada santannya

Tidak sengaja terkena baju

Aku tau jawabannya

Itu pasti emakmu yang menyetrika baju

 

#3.

Ada bata ada pipa

Ada gadis berkerudung merah

Apa tebak kera apa

Yang diinjak kok tidak marah

Jawaban:

Nangkap ikan pakai jalah

Jalahnya lepas salah menarik

Jawaban yang tepat adalah

Sudah pasti itu keramik

 

#4.

Buah apel jatuh di atas lembah

Kuda apa yang paling gagah ?

Jawaban :

Lihat kucing lagi beranak

Itu pasti Kudaki gunung sambil merangkak

 

#5.

Ikan di gunung main gangsing

Gangsing berhenti ikanpun pulang

Duh emak kepala pusing

Ikan apa yang bisa berenang

Jawaban:

Batu cincin disebut bacan

Di dalam kotak ada lipan

Tak lain dan tak bukan

Itu pasti ikan berenang

 

Itulah contoh pantun teka-teki berbalas yang menarik sekali untuk ditiru. Penasaran bagaimana serunya bermain pantun teka-teki berbalas?

Daripada penasaran terlalu lama, langsung saja, tantang temanmu untuk bermain pantun teka teki yang keren dan menyenangkan.

Semoga bermanfaat ya. Selamat mencoba!