Cara Berdamai dengan Diri Sendiri Saat Mengalami Beberapa Masalah

materi

http://jakarta-training.com

Pada saat mengalami masalah mungkin kita akan sedikit kesulitan untuk berdamai dengan diri sendiri. Bahkan kebanyakan juga akan merasa bingung untuk melakukan hal apa.

Loading...

Pasalnya kita seakan sedang tidak bersahabat dengan diri sendiri. Berdamai dengan diri sendiri pada dasarnya adalah sebuah sikap menerima akan keadaan serta realita hidup yang saat ini sedang dijalani.

Tidak bisa dipungkiri selama menjalani sebuah kehidupan kita tentu pernah mengalami beberapa kegagalan, bahkan juga suatu hal yang tak sesuai pada keinginan maupun harapan.

Tanpa disadari kita sadari, kita akan selalu menyalahkan diri sendiri untuk apa yang sudah terjadi sehingga terkadang akan melakukan hal yang menyakiti diri sendiri. Oleh sebab itu kita perlu tau cara berdamai dengan diri sendiri.

Hal yang sama juga berlaku pada perang batin maupun konflik batin, di mana pikiran serta hati kita tak dapat menyatu. Perasaan dan logika tak sinkron.

Seperti halnya ketika menyelesaikan masalah, sering kali kita akan mengalami hal ini. Di bawah ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar kita bisa bersahabat dengan diri sendiri.

1. Punya Kemauan yang Kuat

Kita tentunya dapat mencapai sebuah tujuan apabila memiliki tekad serta kemauan yang kuat.

Begitu halnya dengan berdamai pada diri sendiri, kita wajib memiliki kemauan kuat agar nantinya bisa bangkit bahkan juga berubah menuju jalan yang lebih baik.

Baca juga : Kebiasaan orang sukses

2. Bersikap Ikhlas dalam Menerima Kenyataan

Kita harus tahu terlebih dahulu cara yang mana nantinya bisa menjadikan hati selalu ikhlas untuk menghadapi kenyataan serta menerima segala sesuatu yang mana tidak sesuai dengan harapan.

Meskipun memang pada dasarnya mengikhlaskan adakah sesuatu hal yang berat, kita wajib bisa mencoba berusaha untuk ikhlas. Pasalnya tanpa keikhlasan diri kita tidak tak akan pernah dapat berdamai pada diri sendiri.

3. Menyayangi Diri Sendiri

Cara berdamai dengan diri sendiri yang selanjutnya adalah dengan menyayangi diri kita sendiri. Orang yang tak bisa menerima kenyataan maupun takdir hidup sering kali menyakiti diri sendiri menggunakan berbagai macam cara sebagai salah satu ungkapan dari rasa kekecewaannya.

Lihatlah pada cermin kemudian sadari yang saat itu sedang berdiri adalah kita. Iya diri tersebut adalah sosok yang selama ini terabaikan sebab kita terlalu sibuk menyalahkan.

Cobalah mulai dari sekarang menyayangi diri sendiri, dengan begitu nantinya kita akan menjadikan diri kita sendiri lebih baik.

Berdamai dengan diri

https://greatmind.id

4. Jangan Terlalu Menyalahkan Diri dengan Sebuah Penyesalan

Penyesalan tentunya akan datang belakangan bahkan penyesalan juga tidak bisa mengembalikan keadaan yang sudah terjadi menjadi seperti semula.

Tapi kita juga tidak perlu meratapi penyesalan yang mana tidak ada gunanya bahkan cenderung hanya akan menambah derita pada hati. Buanglah jauh penyesalan tersebut dan bawa diri kita menuju arah lebih baik.

Baca juga : Cara melatih tanggung jawab

5. Buang Jauh Segala Macam Pikiran Negatif

Think Positif

https://www.sehatq.com

Selalu berpikir negatif justru akan menjadikan diri kita terbawa pada aura negatif yang mana sangat tidak baik dalam kehidupan kita ke depannya.

Hal-hal negatif nantinya akan menjadikan kita selalu memiliki pikiran yang buruk dan hidup kita pun akan jauh pada kata bahagia.

6. Selalu Berpikiran Hal Positif

Apa pun yang nantinya terjadi pada kehidupan kita, coba untuk menilai semuanya dari sisi yang positif.

Hal ini juga bisa diterapkan pada tujuan yang tidak dapat kita gapai untuk sekarang ini. Dengan berpikir yang positif, kita pun bisa lebih menerima kenyataan dan ikhlas.

7. Renungkan Semuayang Telah Dilakukan

Apa yang sudah terjadi pada diri kita saat ini? Apa saja yang sudah kita lakukan terhadap diri diri kita? Apakah kita sudah menjadikan diri kita bahagia? Jawaban atas semua pertanyaan itu ini akan menjadikan kita sadar bahwasanya kita sudah berlaku jahat terhadap diri sendiri.

Renungkan semuanya dan kesalahan-kesalahan yang sudah menjadikan diri kita tersakiti tanpa kita disadari. Dengan begitu maka diri ini akan dapat menyayangi diri kita.

8. Sabar Ketika Menghadapi Diri Sendiri

Kadang kala kita mempunyai keinginan yang mana tidak kunjung terpenuhi, sehingga ke depannya kita justru lebih memaksakan diri kita sendiri agar bisa menuruti kehendak.

Kehendak yang dimaksud di sini adalah beberapa hal yang mana belum tentu mampu untuk kita raih. Bersabarlah ketika menjalankannya, nikmati semua prosesnya meskipun memang membutuhkan waktu lama.

Baca juga : Cara mengajari anak kejujuran

9. Memaafkan Diri Sendiri

Forgive yourself

https://parenting.firstcry.com

Jangan terus menerus menyalahkan diri sendiri, mulai dari sekarang cobalah untuk memaafkan diri sendiri. Apapun yang telah terjadi jangan pernah kita ungkit-ungkit lagi bahkan jauh lebih baik untuk jalani saja hari ke depannya.

Yang sudah berlalu itu hanya akan terjadi di masa lalu saja, jadi kita tidak perlu terus menerus dan menyalahkan diri sendiri.

Jauh lebih baik bagi kita untuk berusaha jadi yang lebih baik saja. Jadikan masa lalu sebagai pembelajaran mulai maafkan diri sendiri dan hadapi kenyataan yang telah ada.

10. Lepaskan Kemudian Lupakan Sejenak Hal yang Menjadikan Kita Terluka

Daripada kita terus menerus memikirkannya sampai membuat kepala terasa sakit, lebih baik jika kita lepaskan bahkan juga melupakan sejenak beban tersebut. Sebab ketika terus dipikirkan juga tidak ada gunanya.

Yang harus jika Kamu sekarang yakni menghadapi kenyataan serta melepaskan pikiran supaya perlahan luka di dalam hatimu bisa sembuh.

Kita memang tidak boleh menyakiti orang lain, namun di sisi lain kita juga tidak perlu menyakiti diri sendiri dengan memikirkan beberapa hal yang tidak diperlukan.

Di atas adalah beberapa cara berdamai dengan diri sendiri ketika mengalami beberapa masalah. Mulailah untuk bangkit dan lakukan hal positif saja.