Cara Mengolah Daging Sapi Sederhana dan Enak

Cara mengolah daging sapi sederhana dan enak sebenarnya bukan merupakan suatu hal yang sulit. Pasalnya, ada banyak resep membuat olahan berbahan dasar daging sapi yang dapat dicoba di rumah.

Loading...

Mulai dari tumisan hingga masakan berkuah lainnya. Selain mudah dimasak, rasanya juga dijamin tidak kalah lezat dengan masakan di restaurant. Jadi, sangat worth to try.

Cara Mengolah Daging Sapi Sederhana dan Enak

https://pinterest.com/

Cara Membuat Tumis Daging Sapi Brokoli

Salah satu masakan ala daging sapi yang cukup praktis dan mudah di aplikasikan, adalah tumis daging sapi.

Untuk mengetahui bahan-bahan dibutuhkan dan cara memasaknya, silakan simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 250 gram daging sapi
  • 1 ikat brokoli
  • 4 sdt saus tiram
  • 2 sdt kecap manis
  • 3 buah cabai merah
  • 3 buah cabai rawit
  • 2 buah daun bawang
  • 2 siung bawang putih
  • 1 siung bawang bombai
  • 1 ruas jahe
  • 1 sendok teh ketumbar
  • ½ sendok teh merica
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya

Cara membuat tumis daging sapi daun bawang:

  1. Pertama, potong-potong sayur brokoli sebagai campurannya, lalu siapkan dan racik semua bumbu, iris cabai merah dan rawit dengan bentuk memanjang, begitu juga dengan daun bawang, dan bawang putih. Kemudian memarkan jahe, dan cincang bawang bombay. Setelahnya, haluskan ketumbar dan merica. Disini, Anda juga bisa menggunakan merica dan ketumbar bubuk sebagai alternatif solusi supaya lebih mudah.
  2. Setelah semua bahan siap, rebus air secukupnya dan tunggu sampai mendidih. Kemudian masukkan daging sapi, dan tunggu hingga daging matang. Ini dapat dilihat dari berubahnya warna dan tekstur daging menjadi lebih lembut. Untuk make sure, maka Anda bisa menusuk daging dengan menggunakan garpu. Kalau sudah matang, tinggal tiriskan dan iris tipis.
  3. Langkah selanjutnya adalah, panaskan minyak goreng secukupnya di wajan. Kemudian masukkan semua bahan bumbu termasuk juga saus tiram.
  4. Kemudian masukkan irisan sayur brokoli yang sdah dipotong kecil-kecil, lalu tumis bersama dengan bumbu hingga aromanya harum.
  5. Masukkan semua daging yang sudah diiris tipis, kemudian tambahkan sedikit dari air kaldu bekas rebusan daging. Bolak-balik hingga daging dan bumbu merata, kemudian tutup. Setelah masakan hampir matang, tambahkan garam, gula, kecap, dan juga daun bawang. Cicipi hingga rasanya sesuai selera.
  6. Tumis daging sampai air di wajan surut dan teksturnya menjadi kuah kental
  7. Sekarang tumis daging sapi daun bawang lezat sudah siap disajikan

Lezatnya Dendeng Daging Sapi Rumahan

Selain di tumis, cara mengolah daging sapi sederhana dan enak lainnya adalah dengan dibuat dendeng.

Membuat dendeng juga cukup mudah, Anda hanya perlu mempersiapkan daging dan bahan bumbu yang dibutuhkan.

Untuk daging, maka harus diiris tipis dengan membuang lemaknya. Setelah itu, lumuri dengan saus (asam, manis, asin) sesuaikan dengan selera, lalu diamkan.

Selanjutnya, Anda tinggal mengeringkan irisan daging tersebut di atas api kecil, atau bisa juga dengan cara dijemur.

Kalau sudah kering, maka Anda bisa membuat beragam olahan dendeng sapi sesuai keinginan.

Beberapa resep dendeng yang paling diminati antara lain, dendeng sapi balado, dendeng sapi batokok, dendeng sapi manis, dan lain sebagainya.

Perlu diketahui, bahwa dendeng sapi adalah jenis makanan yang diawetkan sehingga bisa tahan lebih lama. Bahan utamanya adalah dendeng, atau daging kering.

Untuk mengolahnya, maka tinggal membuat bumbu sesuai resep yang diinginkan saja. Jadi, cukup praktis saat hendak dimasak.

Setelah membaca dua resep cara mengolah daging sapi sederhana dan enak di atas, pasti sudah tidak sabar untuk langsung eksekusi di dapur tercinta, bukan?

Daging sapi memang menjadi favorit banyak orang. Selain enak, daging ini juga memiliki kandungan gizi yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan.

Jika dimasak dengan bumbu yang tepat, maka akan membuat Anda ketagihan.

Baca juga: Cara mengolah kentang sebagai pengganti nasi untuk Diet