Cara Meningkatkan Kadar Dopamin, Si Hormon Pemicu Rasa Bahagia

Meningkatkan Mood

https://www.shopback.co.id

Pernahkah Kamu mendengar apa itu dopamin? Ya, dopamin adalah salah satu hormon yang bisa dikatakan penting di dalam tubuh.

Loading...

Perlu diketahui bahwa dopamin adalah pembawa pesan kimia yang cukup penting dan memiliki banyak fungsi di dalam tubuh. Beberapa fungsi diantaranya adalah meningkatkan memori dan juga mengatur gerakan tubuh.

Tidak hanya itu, ketika dopamin dilepaskan dalam jumlah yang besar, maka ia akan menimbulkan perasaan senang yang akan merangsang Kamu mengulang perilaku tertentu.

Oleh karena itu, mengetahui cara meningkatkan kadar dopamin menjadi perlu agar proses kimia di dalam tubuh yang memberikan output perasaan senang menjadi lebih stabil.

Nah, berbincang tentang meningkatkan kadar dopamin di dalam tubuh, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Tentu, Kamu tidak perlu melakukan perawatan khusus mengenai hal ini. Ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kadar hormon tersebut.

Cara Meningkatkan Kadar Dopamin Secara Alami

Sebagaimana disinggung di awal bahwa ada cukup banyak cara meningkatkan kadar dopamin yang bisa dilakukan secara alami.

Adanya banyak cara ini tentu akan memudahkan Kamu untuk meningkatkan kadar hormon tersebut dengan lebih mudah. Selain itu, cara yang digunakan juga lebih mengasyikkan.

Lantas, bagaimana saja cara alami untuk meningkatkan kadar hormon dopamin tersebut? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Baca juga : Gerakan yoga untuk mengecilkan perut

1. Konsumsi Banyak Protein

sumber protein

https://kumparan.com

Salah satu cara yang paling tepat untuk meningkatkan dopamin dengan mudah adalah mengkonsumsi lebih banyak protein.

Sebenarnya, secara alami, dopamin diproduksi dari asam amino tirosin dan juga fenilalanin di mana keduanya diperoleh dari beragam makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi.

Adapun beberapa makanan tinggi protein yang dimaksud adalah ayam, daging sapi, telur, susu dan juga kacang-kacangan.

Nah, dengan konsumsi beragam makanan tersebut, maka kebutuhan protein harian akan dapat dipenuhi dengan baik dan efeknya dopamin bisa ditingkatkan pada kadar yang tepat.

2. Kurangi Makanan Mengandung Lemak Jenuh

Lemak Jenuh

https://doktersehat.com

Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh juga bisa dijadikan cara untuk meningkatkan dopamin di dalam tubuh.

Perlu diketahui bahwa makanan yang mengandung banyak lemak jenuh cenderung buruk untuk kesehatan tubuh secara umum dan bisa mengurangi kadar dopamin di dalam tubuh.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa makanan dengan kandungan lemak jenuh yang besar akan mengurangi respons dopamin pada otak.

Oleh karena itu, Kamu sebaiknya mengubah pola konsumsi Kamu dan mengurangi makanan yang terlalu banyak mengandung lemak jenuh.

Baca juga : Psikologi kepribadian

3. Sering Olahraga

https://www.artofliving.org

Hal lain yang bisa dijadikan cara meningkatkan kadar dopamin secara alami adalah olahraga. Ya, olahraga adalah aktivitas yang paling baik untuk dilakukan.

Sebagaimana diketahui bahwa olahraga bisa meningkatkan suasana hati menjadi lebih fresh dan gembira. Hal inilah sebagai tanda bahwa hormon dopamin berhasil ditingkatkan.

Nah, jika Kamu ingin meningkatkan dopamin, maka olahraga secara teratur adalah hal penting untuk dilakukan. Memang, secara umum, semua olahraga baik untuk dilakukan.

Namun, untuk meningkatkan dopamin, aerobik adalah salah satu olahraga yang paling baik untuk dilakukan. Jika Kamu bisa, luangkan waktu sekitar 10-20 menit sehari untuk aerobik.

4. Tidur yang Cukup

Istirahat yang Cukup

https://bandungkita.id

Tidur merupakan bentuk istirahat yang paling baik untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan tidur bisa melemaskan otot yang tegang dan membuat Kamu menjadi lebih fresh saat bangun.

Di sisi lainnya, seseorang yang memiliki jam tidur yang buruk dan tidak teratur cenderung memiliki tingkat kesehatan yang lebih buruk.

Oleh karena itu, memiliki waktu tidur yang cukup adalah hal yang penting. Nah, perlu diketahui pula bahwa tidur adalah salah satu cara meningkatkan kadar dopamin secara alami yang sangat mudah untuk dilakukan.

Dengan pola tidur teratur dalam waktu yang cukup, dopamin bisa diproduksi dengan lebih baik dan akan bekerja dengan baik pula.

5. Mendengarkan Musik

mendengarkan music

https://lifestyle.kompas.com

Salah satu kebiasaan yang bisa digunakan sebagai cara meningkatkan kadar dopamin secara alami adalah mendengarkan musik.

Sebagaimana diketahui, musik seringkali menjadi media yang bisa mempengaruhi perasaan seseorang. Hal ini senada dengan penelitian yang dilakukan di mana musik bisa membantu pelepasan dopamin dalam tubuh.

Dalam penelitian yang dilakukan, mendengarkan musik bisa meningkatkan sekitar 9 persen kadar dopamin di dalam tubuh.

Namun, tentu, musik yang didengarkan adalah musik-musik yang cenderung rileks dan santai. Dalam hal ini, musik yang disarankan adalah musik ringan, terutama instrumental.

6. Meditasi

Yoga

https://www.shape.com

Salah satu cara meningkatkan kadar dopamin yang bisa dilakukan adalah meditasi. Ya, ini adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan do

pamin dan juga melatih fokus.

Seringkali, meditasi juga disebut sebagai salah satu cara dan praktik untuk membersihkan pikiran serta memusatkan pikiran jauh lebih dalam tanpa adanya keterikatan.

Melakukan meditasi secara teratur akan berpengaruh pada psikologi seseorang dan membuat seseorang tersebut memiliki mental dan psikis yang lebih baik.

Oleh karena itu, ada baiknya jika Kamu mencoba untuk melakukan meditasi sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan dopamin dan mendapatkan ketenangan.

7. Bertemu Dengan Matahari

Bertemu Dengan Matahari

https://lifestyle.okezone.com

Maksud dari poin ini adalah menikmati udara dan sinar matahari di pagi hari dengan langsung. Ya, ini adalah salah satu cara meningkatkan kadar dopamin yang paling mudah untuk dilakukan dan bisa dikatakan menjadi cara yang cukup efektif.

Perlu diketahui bahwa kekurangan sinar matahari bisa menyebabkan mood menjadi lebih buruk.

Nah, guna mendapatkan dopamin yang lebih tinggi, maka berjalan-jalanlah di pagi hari sebelum Kamu beraktivitas. Aktivitas jalan pagi ini secara efektif akan membuat perasaan Kamu lebih senang dan tubuh menjadi lebih sehat.

Namun, Kamu juga sebaiknya membatasi karena terlalu lama berada di bawah sinar matahari bisa meningkatkan risiko kanker kulit.

8. Mempertimbangkan Suplemen

sarapan sehat

https://www.alodokter.com

Mengkonsumsi suplemen bisa menjadi cara lain untuk meningkatkan dopamin. Ya, ini adalah cara yang bisa ditempuh jika memang Kamu membutuhkan lebih banyak dopamin untuk mengatasi mood yang buruk karena beragam alasan yang berbeda.

Suplemen memang bisa digunakan sebagai cara meningkatkan kadar dopamin, terlebih ada cukup banyak kandungan yang baik dari suplemen tersebut.

Bisa dilihat bahwa dewasa ini sudah banyak produk suplemen untuk meningkatkan dopamin yang tersedia di pasaran sehingga bisa didapatkan dengan mudah.

Jika dilihat dalam kemasannya, suplemen tersebut mengandung beberapa kandungan yang cukup baik. Beberapa kandungan suplemen untuk meningkatkan dopamin tersebut diantaranya adalah vitamin, mineral, zat besi, niacin dan lainnya.

Zat tersebut tentu akan bereaksi dengan baik di dalam tubuh dan membantu peningkatan kadar dopamin.

Namun, tentu konsumsi suplemen harus dibatasi. Kamu sebaiknya tidak mengandalkan suplemen untuk peningkatan dopamin untuk menjaga diri dari ketergantungan dan efek jangka panjang.

Nah, demikian beberapa ulasan mengenai cara meningkatkan kadar dopamin yang bisa Kamu lakukan. Sebagaimana diketahui, meningkatkan dopamin bisa dilakukan dengan cara yang cukup mudah bahkan tanpa risiko.

Hanya saja, keberhasilan peningkatan dopamin hanya akan didapatkan jika Kamu melakukan beragam cara tersebut secara teratur. Semoga bermanfaat.