Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Inilah Manfaat Kerupuk Kulit dan Bahayanya Bagi Kesehatan Tubuh

Kerupuk rambak adalah makanan ringan yang sangat populer di Indonesia, terutama di Jawa. Makanan ini biasa dibuat camilan dengan dicamur bumbu-bumbu gurih tertentu untuk dijadikan oleh-oleh sebagai makanan camilan.

Akan tetapi, kerupuk rambak dari kulit ini juga populer buat di jadikan lauk saat menyantap makanan berat. Bahkan sepertinya, sebagian besar masyarakat Indonesia akan merasa tidak lengkap tanpa adanya kerupuk rambak ketika menyantab makanan berat mereka.

Oleh karenanya, produksi dan nilai jual krupuk kulit rambak ini cukup laris di Indonesia dan juga banyak pengusaha-pengusaha yang berhasil karena berbisnis kerupuk rambak kulit ini.

Kerupuk rambak kulit, merupakan kerupuk yang berbeda dengan jenis kerupuk lainnya. Karena kerupuk rambak ini di olah dari kulit binatang asli yang sudah dikeringkan.

Biasanya, kulit binatang yang sering diolah menjadi kerupuk rambak kulit adalah dari kulit sapi, kulit kerbau dan bahkan ada yang di buat dari kulit babi. Tentunya bagi yang berkeyakinan muslim harus berhati-hati ya dalam memilih kerupuk rambak kulit.

Olahan kerupuk rambak kulit ini bentuknya kecil dengan berongga-rongga, memiliki tesktur yang renyah dan garing, begitu sedap dan gurih saat ditambahkan bumbu-bumbu rempah. Cara pengolahan pada umumnya yaitu dengan cara digoreng.

Manfaat Kerupuk Rambak Kulit

Kerupuk Kulit Sapi

sumber gambar: http://arofanoor.com/

Tahukah kamu, kerupuk rambak kulit ini memunyai manfaat yang bagus lho buat kesehatan. Berikut inilah bebrapa manfaat yang akan kita dapat saat mengkonsumsi kerupuk dari bahan kulit.

1. Kerupuk Kulit Bisa Mengobati Maag

Bebebrapa bumbu yang dipakai untuk pengolaha kerupuk rambak kulit seperti kunyit bisa membantu meredakan maag. Selain itu, secara alami kerupuk kulit bisa mengatasi mual dan perut perih akibat maag.

Hal ini banyak sebagaian besar masyarakat penggemar kerupuk rampak kulit dan sudah terbukti bisa mereda dan hilang dengan mengkonsumsi rambak kulit, tanpa konsumsi obat.

Nah, bila kamu sering mengalami gejala sakit maag, cobalah untuk mengkonsumsi kerupuk rampak kulit untuk mencegah sakit maagmu kambuh.

2. Kerupuk Kulit Bisa Sebagai Penawar Rasa Pedas

Melihat dari testur kerupuk rambak kulit sendiri, dengan testur yang kering dan memiliki banyak pori-pori ini kerupuk kulit cukup menyimpan kandungan minyak didalamnya.

Terdapat minyak alami yang terdapat dari kulit sapi / kerbau yang masih tersisa saat diolah menjadi kerupuk. Selain itu, minyak tersebut akan bercampur dengan minyak sisa pengorengan kerupuk ini.

Jika kamu kepedasaan saat memakan sesuatu, dari pada kamu menjadi kembung akibat meminum banyak air, kerupuk rambak kulit ini bisa kamu jadikan obat rasa pedas yang kamu rasakan. Hasilnya akan cukup signifikan untuk mengatasi kepedasan.

3. Kerupuk Kulit Kaya Akan Kandungan Protein

Kerupuk kulit meskipun sudah kering dan digoreng, di dalamnya masih terkandung protein yang tinggi. Protein tersebut merupakan protein hewani karena kerupuk diolah dari kulit hewan sapi / kerbau.

Protein hewani ini merupakan kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Beberapa manfaat dari protein hewani diantaranya :

  • Baik untuk pertumbuhan dan regenerasi sel-sel tubuh
  • Baik untuk meningkatkan pembentukan energi tubuh
  • Baik untuk meningkatkan ketahanan tubuh
  • Baik untuk meningkatkan massa otot

Jadi tidak ada ruginya jika kamu mengkonsumsi kerupuk kuit rambak yang gurih dan enak ini, karena didalamnya terkandung protein hewani.

4. Baik Untuk Kesehatan dan Pertumbuhan Tulang

Manfaat lainnya dari kerupuk kulit adalah baik untuk pertumbuhan tulang, selain protein hewani yang terkandung dalam kerupuk kulit, kandungan kalsium dan fosfor pada kerupuk kulit juga cukup tinggi.

Kalsium dan fosfor sangat bagus untuk perkembangan tulang, nutrisi ini lebih tepat untuk remaja yang sedang dalam masa tumbuh kembang.

5. Kerupuk Kulit Sebagai Campuran Bahan Makanan

Sudah tidak bisa di elak, kerupuk rambak adalah camilan yang sudah membudaya masyarakat Indonesia. Bahkan untuk sebagian besar masyarakat Indoensia, tidak lengkap jika makan berat tidak ada kerupuk sebagai lauknya.

Hampir sebagian besar makanan khas Indonesia selalu pas jika disandingkan dengan kerupuk rambak, seperti nasi pecel, lotek, mie ayam, bakso, nasi goreng dan lainnya.

6. Kerupuk Kulit Rambak Sebagai Camilan Enak dan Teman Makan

Sudah sejak dahulu kala, kerupuk selalu menjadi pelengkap makanan bagi masyarakat asli Indonesia. Sekarang, kerupuk tidak hanya untuk menjadi lauk teman makan saja.

Akan tetapi sudah banyak kerupuk-keupuk yang diolah dengan bumbu-bumbu khusus untuk menjadi makanan camilan. Camilan kerupuk ini sudah banyak dibungkus dengan packing yang bagus, serta sudah banyak masuk di pasar-pasar modern seperti mall.

Salah satunya adalah kerupuk kulit rambak kerupuk kulit ini sangat enak buat dijadikan camilan saat berkumpul asik bersama keluarga. Bisa juga disajikan saat acara hajatan dan sebagai sajian untuk tamu dirumahmu.

Itulah 6 manfaat yang kamu dapat saat menjadikan kerupuk ebagai teman makanmu. Akan tetapi, kamu juga perlu memperhatikan damak buruknya ya jika berelebihan dalam mengkonsumsi kerupuk kulit.

Berikut ini hal yang perlu kamu ketahui jika kamu berlebihan dalam mengkonsumsi kerupuk kulit.

Kerupuk kulit pada dasarnya tersimpan kandungan lemak yang cukup tinggi juga, selain itu sebagian besar adalah digoreng dengan menggunakan minyak, dengan begitu kandungan lemak juga semakin tinggi pula.

Hal ini jika di konsumsi secara berlebih dapat menyebabkan obesitas dan meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Selain lemak, di dalam kerupuk kulit juga terkandung micin alami (MSG), tertutama yang sudha dalam bentuk camilan yang sudah dikemas rapi dan banyak dipasarkan di pasar modern (mall). MSG yang terlalu banyak juga tidak baik buat tubuh.

Akan tetapi, jangan takut mengkonsumsi kerupuk kulit rambak. Selama masih dalam tingkat normal, yang akan kamu dapat adalah manfaat dari kerupuk kulit tersebut.

Jenis Kerupuk Lainnya

Kerupuk yang tidak terbuat dari kulit hewan, pada dasarnya terbuat dari adonan tepung, dibentuk tipis, lalu dikeringkan. Karena keupuk menjadi makanan yang sudah mengakar bagi masyarakat Indoensia, banyak sekali ragam kerupuk yang ada di negara kita.

Untuk ragam kerupuk yang bisa kamu temukan dipasaran.

  • Kerupuk Kulit
  • Kerupuk Udang
  • Kerupuk Ikan
  • Kerupuk Tahu
  • Kerupuk Kuning
  • Kerupuk Mie
  • Dan masih banyak lagi jenis kerupuk yang beredar

Tentu saja hampir semua jenis kerupuk tersebut sangat digemari oleh kebanyakan masyarakat Indonesia.

Semoga informasi ini bermanfaat, silahkan dibagikan 😀