Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

20 Manfaat Ubi Jalar Untuk Kesehatan Yang Perlu Kamu Ketahui

manfaat ubi jalar untuk kesehatan

Image via lahiya. com

Manfaat ubi jalar – Ubi jalar adalah tanaman merambat yang banyak tumbuh di Indonesia. Di daerah tertentu ubi jalar menjadi komoditi untuk bahan makanan pokok. Sebenarnya jika dibandingkan dengan nasi beras putih, ubi jalar jauh lebih baik dan kaya manfaat.

Ubi jalar adalah bahan pangan yang pokok yang mudah ditanam dan mudah diperoleh. Makanan mungil ini mengandung gizi yang melimpah yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, namun disayangkan sebagian orang masih banyak yang melalaikannya.

Diantara banyaknya varian ubi jalar, ada ubi jalar yang berwarna ungu memiliki kandungan gizi yang lebih baik dari ubi lainnya. Ubi ungu yang kaya manfaat juga banyak diolah menjadi bahan makanan yang cukup populer seperti roti, puding, camilan ubi ungu dan bahkan diolah menjadi jus dan es krim.

jus segar dari ubi ungu

Jus segar dari ubi ungu. Image via www.resep-juara.com

Kandungan Gizi Ubi Jalar

Pada ubi jalar ungu, kandungan gizinya sangat melimpah. Ubi jalar ungu merupakan salah satu kandungan vitamin A terbaik. Kandungan vitamin A mencapai 7.700 mg per 100 gr ubi jalar ungu, ratusan kali libat lebih tinggi dari buah tomat dan buah bit.

Perbandingan kandungan gizi pada ubi jalar ungu, putih  dan kuning dalam tiap 100 gram bahan umbi segar.

tabel kandungan nutrisi ubi jalar ungu, ubi putih, ubi putih

Tabel informasi, sumber  (Rukmana, 2008)

Manfaat Ubi Jalar Untuk Kesehatan

Ubi jalar  tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol, tetapi merupakan sumber yang kaya serat, anti-oksidan, vitamin, dan mineral.

1. Ubi Jalar Sebagai Sumber Energi

Zat besi yang terdapat pada ubi jalar dapat memberikan tambahan energi dalam tubuh kita Hal ini karena zat besi berperan meningkatkan distribusi oksigen ke seluruh tubuh kita.

2. Ubi Jalar Baik Untuk Kekebalan Tubuh

Ubi jalar ungu banyak mengandung  nutrisi yang melimpah seperti vitamin A, C, E, vitamin B kompleks, besi dan fosfor juga. “Hal ini membuat ubi jalar menjadi besar imun booster,” kata Emilia Achmadi, MSc.

3. Ubi Jalar Baik Untuk Kesehatan Mata

Memperbaiki kekurangan vitamin A dengan makanan tinggi beta karoten akan mengembalikan kemampuan penglihatan. Kandungan beta karoten pada ubi tampak warnanya dalam ubi yaitu jingga, namun ubi ungu juga memiliki kadar beta karoten yang sama dengan ubi jalar jingga. Semakin pekat pigmen warna ubinya, semakin tinggi kandungan beta karoten-nya.

4. Ubi Jalar Mampu Menstabilkan Kadar Gula Dalam Darah

Kandungan kalori terutama berasal dari kanji, karbohidrat kompleks. Kandungan kanji hanya meningkatkan kadar gula darah secara perlahan-lahan. Selain itu ubi jalar ungu dianggap mengandung indeks glikemik yang rendah, oleh karena itu direkomendasikan sebagai suplemen makanan sehat untuk penderita diabetes.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa ubi jalar ungu dapat mengurangi kadar gula darah dan resistensi insulin pada penderita diabetes. Serat yang terkandung dalam ubi jalar juga berpengaruh besar kepada penderita diabetes, kandunganserat itulah yang menstabilkan gula darah, lipid dan kadar insulin.

5. Ubi Jalar Baik Untuk Pencernaan

Ubi jalar mengandung serat yang cukup tinggi, kandungan serat pada ubi jalar lebih tinggi jika dibandingkan dnegan kentang. Kandungan serat ini sangat baik untuk pencernaan, meskipun kandungan serat pada ubi jalar relatif tinggi, tekstur ubi jalar termasuk dalam makanan yang mudah dicerna. “Jadi baik untuk perut dan usus,” kata Emilia.

Kandungan vitamin B kompleks, vitamin C, beta karoten, kalsium dan kalium pada ubi jalar yang sangat efektif dalam membantu untuk meringankan radang perut. Penjelasan Emilia, serat yang terkandung ubi jalar adalah juga dapat mencegah terjadinya sembelit dan membangun asam.

Oleh karena itu kandungan nutris yang melimpah pada ubi jalar cukup membantu menurunkan kemungkinan dari radang perut. Anti-inflamasi dan kandungan zat penenang dalam ubi jalar juga dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan di lambung.

puding dari ubi jalar ungu

Puding ubi ungu. Image via dapurnya-mbak-endang.blogspot.com

6. Ubi Jalar Baik Untuk Kesehatan Tulang

Ubi jalar juga memiliki kandungan mineral, salah satu yang dapat membantu kamu melawan berbagai penyakit tulang dan sendi. Ubi jalar mengandung zat Mangan yang menyumbangkan hingga 44 persen dari AKG kamu. Mangan itu adalah salah satu mineral yang mampu menjaga kekuatan tulang dan sendi. Jadi, jika Anda ingin mencegah osteoporosis, Makan ubi jalar adalah bahan makanan yang tepat untuk kamu konsumsi

7. Ubi Jalar Untuk Menjaga Kesehatan Gusi dan Gigi

Ubi jalar vitamin C yang mampu memenuhi 70 persen dari AKG atau asupan nutrisi kamu setiap hari. Vitamin C yang ditemukan di dalam ubi jalar dapat berperan sebagai pencegah pendarahan gusi gigi yang longgar.

8. Ubi Jalar Baik Untuk Menjaga Keseimbangan Air dalam Tubuh

Kandungan serat yang baik pada ubi jalar membantu menstabilkan kebutuhan air dalam tubuh. Hal ini akan membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh di dalam tubuh kamu.

9. Ubi Jalar Sebagai Sumber Karbohidrat Diabetesi

Seorang penderita diabetes biasanya memiliki aturan yang ketat dalam mengelola makanan. Memilih makanan yang baik dan sejauh mungkin menghindari makanan manis. Namun bagaimanapun juga kebutuhan karbohidrat tetap harus dicukupi.

Ubi jalar sejauh ini masih dapat dikonsumsi oleh penederita diabetes karena kandungan karbohidrat didalamnya cukup efektif dalam mengatur kadar gula darah dengan membantu ekresi dan fungsi insulin. Ubi jalar dapat digunakan sebagai pilihan sumber karbohidrat lain pengganti beras. Tapi tidak berarti diabetesi boleh makan ubi jalar semau kamu tanpa aturan, asupannya tetap harus seimbang.

10. Ubi Jalar Baik Untuk Mengatur Tekanan Darah

Kandungan kalium yang terdapat dalam ubi jalar mampu memenuhi AKG (Angka Kebutuhan Gizi) untuk potassum sampai 22 persen. Manfaat dari tercukupinya kalium tersebut sangat cocok untuk kamu penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

11. Ubi Jalar Untuk Mengatur Kadar Kolesterol

Serat yang terdapat pada ubi jalar dapat memenuhi AKG tubuh kamu hingga 33 persen. Serat ubi jalar adalah jenis karbohidrat yang sudah terbukti menurunkan kolesterol dalam darah. Jadi, buat kamu yang mempunyai problem kelebihan kolestrol berlebih, dapat mengkonsumsi ubi jalar ungu sebagai terapi.

12. Ubi Jalar Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Khasiat ubi jalar berikutnya adalah mampu menjaga kesehatan jantung. Alasannya karena ubi jalar kaya akan vitamin, terutama vitamin B6 yang dapat memenuhi kebutuhan AKG hingga 27 persen pada tubuh kita. Vitamin B6 juga berperan untuk mencegah penumpukan homosistein didalam darah. Jika tingkat homosistein dalam darah tinggi, hal tersebut dapat memicu peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.

13. Ubi Jalar Untuk Mengurangi Stres

Kelebihan ubi jalar lainnya adalah mampu mengatasi stres, kandungan vitamin B dalam bentuk asam pantotenat yang terdapat pada ubi jalar bisa membantu memproduksi hormon stres sehingga tubuh tidak kekurangan hormon yang digunakan ketika tubuh sedang stres.

es krim manis dari ubi jalar ungu

Es krim segar dari ubi ungu. Image via lintasresep.blogspot.com

14. Ubi jalar Untuk Menjaga Kulit Tetap Awet Muda

Manfaat lain dari ubi jalar yaitu menjaga kulit tetap sehat dan tampak kencang, hal ini karena ubi jalar ungu mengandung vitamin E yang mampu bertindak sebagai penutrisi kulit sehingga mencegah penuaan atau oksidasi pada kulit.

15. Ubi Jalar Untuk Mengatasi Kecanduan

Beberapa informasi menyebutkan bahwa ubi jalar mampu mengurangi ketergantungan terhadap rokok, minuman ber-alkohol, kopi, dan hal-hal lain yang bersifat candu. Bagi kamu seorang perokok yang ingin stop merokok. Ubi jalar adalah makanan yang wajib kamu konsumsi secara rutin.

16. Ubi Jalar Baik Untuk Mencegah Peradangan

Ubi jalar memiliki efek anti-inflamasi atau anti peradangan. Didukung dengan kandungan vitamin C, magnesium dan beta karoten, ubi jalar sangat efektif dalam menyembuhkan peradangan internal dan eksternal.

17. Ubi Jalar Baik Untuk Memulihkan Bronkitis dan Asma

Menurut Emilia, yang juga adalah seorang ahli dalam nutrisi, kandungan vitamin C, zat besi dan nutrisi lainnya yang terdapat dalam ubi jalar cukup efektif membantu mengatasi bronkitis. Mengkonsumsi ubi jalar bisa menjadikan tubuh lebih hangat, serta aroma khas ubi jalar efektif untuk mengatasi tersumbat dan membantu meringankan asma.

18. Ubi Jalar Baik Untuk Meredakan Sakit Arthritis

Penyakit radang sendi atau artritis, bisa diatasi dengan cara mengkompresnya dengan air bekas rebusan ubi jalar yang masih hangat. Secara tidak langsung, pasti kandunga gizi yang terdapat pada ubi jalar bekurang atau terbagi dengan air rebusan ubi.

Yang terpenting, ubinya tetap kita konsumsi, komposisi nutrisi yang membantu menghilangkan artritis yaitu beta karoten, magnesium, seng, dan vitamin B kompleks.

19. Ubi Jalar Ungu Baik Untuk Membantu Mengatasi Kanker

Beta karoten merupakan antioksidan yang memberi warna ungu pada ubi jalar, serta vitamin C menjadi komponen penting untuk mengatasi gangguan kanker, terutama untuk kanker usus, usus besar, ginjal, prostat, dan kanker lainnya.

Kika kita mengkonsumsi ubi jalar ungu secara teratur dan seimbang, tubuh kita akan terhindar dari yang namanya penyakit kanker. Insha Allah

khasiat ubi jalar ungu untuk kesehatan

Image via farrago.co.id

20. Ubi Jalar adalah Makanan Yang Sehat Untuk Program Diet

Kandungan serat yang baik serta karbohidrat ditambah nutrisi-nutrisi lainnya, ubi jalar dapat menjadi sumber energi dan menjadikan tubuhmu cukup energi. Gizi yang terkandung didalamnya juga menjadikan kenyang yang kamu rasakan bisa lebih awet.

Kekurangan Ubi Jalar

Jadi jika ubi jalar kita konsumsi secara berlebihan dan tanpa pertimbangan juga tidak baik untuk kesehatan, apapun kalau berlebihan pasti tidak baik.

Sebagai catatan :
  • Ubi jalar mengandung asam oksalat, zat alami yang juga biasa ditemukan pada beberapa sayuran yang dapat mengkristal menjadi batu oksalat dalam saluran kemih. Oleh karena itu, seseorang dengan riwayat kencing batu saluran kemih oksalat harus menghindari makan ubi jalar. Asupan air yang cukup disarankan untuk mempertahankan urine tetap normal dan meminimalkan risiko kencing  batu.
  • Ketika mengkonsumsi obat yang mengandung kadar kalium yang cukup tinggi, makanan yang tinggi kalium seperti ubi harus dihindari karena tidak baik untuk ginjal. Contoh obat yang sering diresepkan dengan kalium tinggi adalah Beta Blocker (obat penyakit jantung).
  • Untuk program diet, dalam program diet yang harus selalu diperhatikan adalah pencegahan penyakit dan mencapai kesehatan yang baik. Tetap imbangi gizi lainya hingga tercukupi 4 sehat 5 sempurna, jangan hanya mengandalkan ubi untuk pola makan utama secara keseluruhan dan terus menerus

Kesimpulan

aneka warna ubi jalar

Image via acehfame.com

Ubi jalar merupakan sumber beta karoten, antioksidan kuat yang kaya manfaat seperti halnya terdapat dalam buah-buahan dan sayur sayuran yang berwarna cerah, yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh.

Warna kulit ubi jalar bervariasi seperti ungu kuning atau coklat yang semuanya kaya manfaat yang melimpah. Dalam mengkonsumsinya pastikan untuk tidak mengupasnya, kulit ubi jalar yang manis memberikan tambahan nutrisi terhadap sebagian besar serat, kalium dan quercetin.

Baca juga artikel menarik tentang: Cara Budidaya Ubi Jalar Lengkap dan Menguntungkan

Jika artikel ini bermanfaat, mohon dishare ya. Terimakasih 🙂