Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Resep Kolak Ubi Untuk Buka Puasa yang Mudah dan Bervariasi

Resep Kolak Ubi – Biasanya, kolak pisang menjadi menu andalan sebagai takjil buka puasa. Namun, kolak ubi juga menjadi menu favorit bagi sebagian besar orang. Rasanya yang manis dan pulen ternyata membuat kolak ubi banyak digemari oleh sebagian besar masyarakat.

Selain itu, kolak ubi yang satu ini juga menjadi menu andalan pada saat berbuka puasa. Untuk membuat kolak yang satu ini pun sangatlah mudah dan sama seperti membuat kolak pisang pada umumnya.

Akan tetapi, jika Kamu bosan dengan kolak ubi yang gitu-gitu aja, di bawah ini ada beberapa resep kolak ubi untuk buka puasa yang berbeda dari biasanya.

Resep Kolak Ubi Untuk Buka Puasa

Penasaran? Kira-kira ada apa saja kreasi kolak ubi yang bisa Kamu buat? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

1. Kolak Biji Salak Ubi Ungu

Nah, kreasi pertama yang akan dijelaskan ialah kolak biji salak ubi ungu. Tentu saja, sama seperti namanya, bahwa bahan utama yang digunakan dalam kolak tersebut adalah ubi ungu. Ubi ungu ini sendiri memiliki kandungan nutrisi baik di dalamnya yang sangat dibutuhkan tubuh terlebih lagi setelah seharian berpuasa.

Untuk membuat kolak biji salak ubi ungu yang satu ini pun sangatlah mudah. Berikut ada beberapa bahan yang perlu disiapkan dan langkah-langkah pembuatannya.

Bahan-bahan untuk membuat kolak biji salak ubi ungu:

  • Ubi ungu sebanyak 500 gram
  • Tepung tapioka sebanyak 250 gram
  • 1 sendok garam
  • Air secukupnya, digunakan untuk menguleni adonan

Bahan untuk membuat kuah gula:

  • 500 ml air
  • 150 gram gula pasir
  • 2 sendok tepung maizena (bisa juga menggunakan tepung tapioka)
  • Daun panda sebanyak 2 helai (ikat menjadi satu)
  • 1 pack vanilli (ukuran kecil)

Bahan untuk membuat kuah santan:

  • 500 ml santan
  • Daun pandan sebanyak 2 helai
  • 1 sendok teh garam

Cara membuat kolak biji salak ubi ungu:

  1. Langkah pertama yang harus Kamu lakukan ialah mencuci bersih ubi ungu yang sudah dikupas. Kukus selama kurang lebih 40 menit (sampai empuk). Setelah empuk, angkat kemudian haluskan. Agar lebih mudah Kamu bisa menghaluskannya dengan menggunakan ulenan.
  2. Masukkan tepung tapioka pada sebuah wadah dan jangan lupa untuk menambahkan garam di dalamnya. Tambahkan ubi ungu yang sudah dihaluskan. Aduk adonan sampai benar-benar rata dengan menggunakan tangan. Jangan lupa untuk menambahkan air sesekali agar adonan tidak pecah saat akan dibentuk nanti. Jika sudah, pulung adonan ubi tersebut.
  3. Langkah berikutnya ialah masak air di panci sampai mendidih. Masukkan adonan ubi yang sudah dipulung (dibentuk bulat-bulat kecil). Masak hingga ubi ungu mengapung. Jika sudah, angkat dan tiriskan.
  4. Langkah keempat, masak semua bahan kuah gula yang sudah Kamu siapkan hingga mendidih. Matikan kompor apabila kuah gula tersebut sudah mendidih, lalu masukkan ubi yang sudah matang ke dalamnya.
  5. Langkah berikutnya, masak semua bahan kuah santan hingga mendidih.
  6. Sajikan biji salak ubi ungu ke dalam sebuah mangkuk. Siram dengan menggunakan kuah gula dan kuah santan yang sudah dibuat.
  7. Kolak biji salak ubi ungu pun siap untuk dinikmati.

Buat sajian buka puasamu menjadi lebih berbeda dengan menu yang satu ini. cara pembuatannya yang mudah dan cepat pun akan menjadikan menu berbuka puasamu menjadi lebih beragam.

2. Kolak Pisang Tanduk dan Ubi Legit

Pisang tanduk menjadi pilihan banyak orang untuk dibuat menjadi sebuah kolak. Kamu bisa mengkombinasikannya bersama dengan ubi yang memiliki rasa legit.

Cara pembuatan yang mudah dan dengan bahan-bahan yang mudah untuk ditemukan membuat kolak ubi yang satu ini bisa langsung Kamu praktekkan. Bagaimana cara pembuatannya?

Bahan-bahan untuk membuat kolak pisang tanduk dan ubi legit:

  • 2 buah ubi
  • 1 buah pisang tanduk
  • ½ bulatan gula merah dengan ukuran besar
  • 1 bungkus santan kara yang kecil
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 1 bungkus vanilli instan
  • Air sebanyak 1 liter
  • Garam secukupnya.

Cara membuat kolak pisang tanduk ubi legit:

  1. Pertama, siapkan semua bahan yang sudah disebutkan.
  2. Kupas pisang dari kulitnya kemudian potong-potong menjadi bagian yang lebih kecil. Jangan lupa untuk merendamnya dengan menggunakan air agar warnanya tidak hitam.
  3. Langkah selanjutnya, masaklah air dan gula merah hingga mendidih.
  4. Apabila air gula tersebut sudah mendidih, segera masukkan ubi dan masak sampai ubi setengah empuk, setelah itu masukkan pisang ke dalamnya.
  5. Masaklah hingga ubi dan pisang empuk, masukkan santan ke dalamnya. Masukkan pula garam dan vanilli, masak sampai matang dan mendidih. Jangan lupa sambil sesekali diaduk agar santannya tidak pecah.
  6. Nah, kolak pisang tanduk ubi legit pun siap untuk dihidangkan.

Rasa manis dari pisang dan legit dari ubi pastinya akan membuat waktu berbuka Kamu menjadi lebih special. Menu yang satu ini juga paling nikmat dinikmati bersama dengan keluarga tercinta. Bagaimana? Apakah Kamu tertarik untuk membuat menu kolak ubi tersebut?

3. Kolak Ubi Ungu dengan Gula Batu

Jika biasanya untuk membuat kolak membutuhkan gula merah, namun lain halnya dengan resep kolak ubi untuk buka puasa yang satu ini.

Gula yang digunakan ialah gula batu yang tentunya lebih sehat. Selain itu, ubi ungu juga menjadi pilihan agar rasa kolak lebih manis dan nikmat.

Untuk membuat kolak yang satu ini, berikut ada beberapa bahan yang perlu Kamu siapkan. Jangan lupa pula untuk menyimak langkah pembuatannya dengan baik dan benar.

Bahan-bahan yang Kamu butuhkan untuk membuat kolak ubi gula batu:

  • 3 buah ubi ungu dengan ukuran sedang
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 bungkus kecil santan instan (santan kara)
  • ¼ sendok the vanili bubuk
  • ½ sendok teh garam
  • 3 buah balok gula batu (jika tidak ada, Kamu bisa menggantinya dengan menggunakan gula pasir)
  • 1 liter air.

Cara membuat kolak ubi ungu dengan gula batu:

  1. Pertama-tama, kupas ubi ungu yang sudah disiapkan kemudian cuci bersih dengan menggunakan air yang mengalir dan potong-potong menjadi beberapa bagian.
  2. Setelah itu, masukkan potongan ubi ungu tersebut bersama dengan air, daun pandan, garam, vanilli dan gula batu ke dalam panci.
  3. Masak semua bahan tersebut dengan menggunakan api sedang dan sampai mendidih. Pastikan pula bahwa ubi ungu suah empuk. Kira-kira, masak semua bahan tersebut selama 10 hingga 15 menit.
  4. Salah satu tips agar santan tidak pecah, tuang santan instan ke dalam mangkuk kecil kemudian tambahkan air mendidih dari rebusan kolak sebanyak 2 centong sayur. Aduk santan hingga tercampur rata.
  5. Masukkan santan yang sudah dicairkan tersebut dan masak dengan menggunakan api sedang.
  6. Aduk sesering mungkin agar santan tidak pecah, jika sudah mendidih segera angkat.
  7. Kolak ubi ungu gula batu siap untuk dihidangkan.

Dengan berbagai macam resep kolak ubi untuk buka puasa yang sudah disajikan tersebut, kini kamu tidak perlu bingung lagi untuk menghidangkan kolak ubi yang sehat dan lezat. Selamat mencoba.