Cara Membuat Klepon Ubi untuk Takjil Buka Puasa yang Mudah dan Murah

Klepon Ubi Ungu

image via https://resepdanmasakan.com/

Cara Membuat Klepon Ubi – Takjil tampaknya selalu menjadi hidangan yang tidak bisa dilupakan pada saat berbuka puasa. Biasanya, untuk takjil sendiri berisi beberapa makanan tradisional. Salah satunya yakni klepon.

Loading...

Hingga saat ini, klepon masih menjadi makanan tradisional yang masih banyak disukai oleh orang. Rasanya yang kenyal dan gulanya yang lumer pada saat dimakan membuat makanan yang satu ini banyak penggemarnya.

Cara Membuat Klepon Ubi

Buat Kamu yang ingin membuat klepon dari ubi, di bawah ini ada beberapa cara membuat klepon ubi untuk takjil buka puasa. Klepon ubi ini tentu saja lebih sehat dan memiliki kandungan gizi sangat baik bagi tubuh Kamu setelah seharian berpuasa.

Nah, bagaimana cara pembuatan dari klepon ubi satu ini? Penasaran? Berikut ada beberapa resep yang bisa Kamu tiru.

1. Klepon Ubi Ungu

Ubi ungu merupakan ubi yang memiliki kandungan nutrisi sangat baik bagi tubuh. Jika Kamu bosan dengan rebusan dari ubi ungu ini sendiri, kini Kamu bisa mengreasikannya menjadi beberapa macam. Salah satunya yakni menjadi klepon. Bahkan, cara membuat klepon ubi ungu ini sangat mudah.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat klepon ubi ungu:

  • 500 gram ubi ungu
  • 125 gram tepung tapioka
  • Garam ¼ sendok teh
  • Gula merah yang sudah diparut halus sebanyak 125 gram
  • ½ buti kelapa, diparut dengan bentuk memanjang (lalu kukus selama 10 hingga 15 menit)
  • Air secukupnya, untuk merebus.

Cara mudah membuat klepon ubi ungu:

  1. Kupas ubi ungu, kemudian cuci bersih dengan menggunakan air yang mengalir. Setelah itu, kukus ubi ungu hingga empuk. Nah, pada saat masih panas, segera haluskan ubi tersebut hingga lembut lalu dinginkan.
  2. Langkah kedua, yaitu dengan mencampurkan ubi ungu dengan menggunakan tepung tapioka dan garam. Aduk adonan tersebut sampai rata, lalu bentuk adonan menjadi bulat-bulat kecil.
  3. Setelah itu, pipihkan adonan yang sudah dibuat bulat-bulat. Masukkan irisan gula merah ke dalamnya kemudian tutup lagi dan bentuk adonan menjadi bulat kembali.
  4. Langkah berikutnya, didihkan air. Masukkan klepon yang sudah dibentuk bulat, tunggu hingga klepon mengambang. Setelah itu, angkat dan tiriskan.
  5. Selanjutnya, gulingkan klepon di atas parutan kelapan hingga semua permukaan tertutupi oleh parutan kelapa.
  6. Klepon ubi ungu yang lezat siap untuk dihidangkan.

Bagaimana? Apakah Kamu berniat untuk mencobanya? Kandungan gizi yang ada di dalam klepon ubi ungu ini pastinya sangat baik untuk mengembalikan energi yang hilang selama seharian berpuasa.

2. Klepon Ubi Kuning

Buat Kamu yang ingin mencoba resep berikutnya, tenang saja. Masih ada banyak resep yang bisa Anda coba untuk membuat klepon dengan bahan dasar ubi.

Jika tadi Kamu bisa menggunakan ubi ungu untuk membuat sebuah hidangan takjil yang lezat, maka kali ini Kamu bisa menggunakan ubi kuning.

Sama halnya dengan ubi ungu, ubi kuning ini juga memiliki kandungan gizi yang baik di dalamnya dan sangat baik untuk memulihkan energi tubuh setelah berpuasa.

Cara membuat klepon ubi kuning yang satu ini juga sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Berikut bahan serta cara membuat klepon ubi untuk takjil buka puasa.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat klepon ubi kuning:

  • Sebanyak 250 gram ubi kuning
  • 50 gram tepung tapioka
  • Air secukupnya
  • Sisiran gula merah sebagai isi
  • ½ butir kepala kemudian diparut
  • 1 lembar daun pandan
  • ¼ garam.

Cara membuat klepon ubi kuning:

  1. Hal pertama yang harus Kamu lakukan ialah dengan mengupas ubi kuning kemudian cuci hingga bersih. Kukus ubi kuning hingga empuk dan segera haluskan selagi panas.
  2. Tambahkan tepung tapioka dan aduk rata. Jangan lupa untuk menambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni agar adonan mudah untuk dibentuk.
  3. Ambil sedikit saja adonan, lalu bentuk menjadi pipih dan masukkan sisiran gula merah ke dalamnya dan bentuk lagi menjadi bulat. Lakukan hal tersebut hingga semua adonan habis.
  4. Setelah itu, didihkan air. Masukkan klepon yang sudah dibentuk ke dalamnya dan tunggu hingga mengapung. Jika sudah mengapung, segera angkat dan tiriskan.
  5. Untuk membuat bagian luar dari klepon, campur parutan kelapa dan garam. Kukus dengan menggunakan daun pandan selama kurang lebih 15 menit.
  6. Gulingkan klepon yang sudah matang di atas parutan kelapa yang sudah dikukus sampai rata.

Mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama bukan? Dengan resep tersebut, kini Kamu bisa membuat takjil yang lezat dan sehat dengan menggunakan ubi kuning.

3. Klepon Ubi Jalar

Ternyata, selain menggunakan ubi ungu dan ubi kuning sebagai klepon, Kamu juga bisa menggunakan ubi jalar. Harga dari ubi jalar ini juga terjangkau. Selain itu, kandungan gizi yang ada di dalamnya pun sangat baik.

Nah, dari pada Kamu mengolahnya dengan cara direbus dan hanya dihidangkan begitu saja dengan tambahan parutan kelapa, ternyata Kamu bisa mengreasikannya menjadi hal yang lebih berbeda.

Membuatnya menjadi klepon tentu saja merupakan ide yang menarik untuk menjadikannya sebagai takjil yang lezat dan penuh gizi. Cara membuatnya pun sangat mudah. Beberapa bahan yang harus Kamu siapkan di bawah ini juga mudah untuk ditemukan. Apa saja bahan yang harus disiapkan dan bagaimana cara membuatnya?

Bahan-bahan yang harus disiapkan untuk membuat klepon ubi jalar:

  • 1 buah ubi jalar dengan ukuran sedang
  • 8 sendok makan ketan
  • Irisan gula merah secukupnya
  • Parutan kelapa secukupnya
  • Garam dan air secukupnya

Langkah mudah untuk membuat klepon ubi jalar:

  1. Langkah pertama, setelah Kamu mengupas dan membersihkan ubi jalar, kukus ubi jalar hingga empuk dan langsung haluskan selagi masih panas. Sembari mengukus ubi jalar, siapkan rebusan di wadah lain untuk merebus klepon.
  2. Masukkan tepung ketan ke dalam ubi jalar yang sudah dihaluskan. Tambahkan garam secukupnya. Beri air sedikit demi sedikit sambil diuleni agar adonan mudah untuk dibentuk.
  3. Selanjutnya, ambil sejumput adonan dan bentuk menjadi bulat kemudian pipihkan. Masukkan irisan gula merah lalu bentuk adonan menjadi bulat kembali.
  4. Jika semua adonan sudah dibentuk menjadi bulat, kemudian masukkan klepon ke dalam air yang mendidih, rebus hingga matang. Jika klepon sudah mengambang segera angkat dan tiriskan.
  5. Jangan lupa untuk melumuri klepon yang sudah matang tersebut dengan menggunakan parutan kelapa yang sudah dicampur dengan sedikit garam.

Bagaimana? Tidak membutuhkan waktu yang lama bukan  untuk membuat klepon ubi jalar yang satu ini? Caranya yang sangat mudah pun bisa langsung Kamu praktekkan.

Berbagai macam cara membuat klepon ubi jalar untuk takjil buka puasa diatas tentu saja sangatlah mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun sangat mudah untuk ditemukan dan memiliki harga yang lebih murah.

Jadi, buat Kamu yang ingin membuat takjil dengan harga yang lebih murah dan cara membuatnya lebih mudah, Kamu bisa mencoba 3 resep membuat klepon dengan menggunakan ubi. Sebuah hidangan takjil yang menyehatkan karena kaya akan kandungan gizi di dalamnya.