Yuk Ketahui 10 Makanan Khas Sunda Yang Populer Ini!

Makanan Khas Sunda – Indonesia memang kaya akan budaya dan adat istiadat. Satu negara besar ini juga terdiri dari ratusan suku yang beraneka ragam.

Loading...

Salah satunya adalah suku Sunda. Suku yang berdomisili di Pulau Jawa bagian barat ini memiliki khazanah yang luar biasa besar.

Bukan hanya budayanya saja yang layak dicari tahu. Pun, dengan aneka makanan penggugah selera yang wajib dicoba.

Makanan Khas Sunda

Bagi warga sunda Jawa Barat, pastinya sudah tidak asing lagi dengan makanan khas Sunda yang akan dibahas pada ulasan berikut ini. Nah, Kamu jangan ngaku cinta pada kearifan lokal kalau tidak tahu 10 jenis makanan ini.

1. Nasi Liwet Sunda

Nasi Liwet Sunda

image via resepkoki.id

Sebenarnya, nasi liwet sudah cukup familiar di telinga masyarakat Indonesia. Soalnya, ada beberapa versi dari nasi liwet sendiri.

Selain dari Jawa Barat, nasi liwet juga berasal dari Solo. Meskipun memiliki tajuk yang sama, tapi cara pengolahan dua versi makanan ini tentu saja berbeda.

Nasi liwet yang berasal dari Solo diolah dengan campuran santan dan ditambah dengan labu siam. Sedangkan nasi liwet khas Sunda tidak dimasak menggunakan santan.

Meski begitu, nasi liwet makanan khas Sunda ini tidak kalah gurih lho! Sebab, rempah yang digunakan cukup komplit. Mulai dari serai, bawang merah, bawang putih, jambal roti, cabai rawit, daun salam, dan daun kemangi.

2. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom

image via http://katalogwisata.com

Makanan khas Sunda yang satu ini memang sudah terkenal sejak zaman dahulu kala. Sesuai dengan namanya, tutug artinya menumbuk (dalam Bahasa Sunda).

Oncom yang digunakan sebagai campuran nasi memang ditumbuk. Nah, oncom yang digunakan biasanya dibakar atau digoreng terlebih dahulu.

Paling nikmat jika nasi tutug oncom dihidangkan bersama ayam goreng, sambal, serta lalapan. Sebagai informasi, nasi tutug oncom berasal dari daerah Tasikmalaya. Namun, saat ini, Kamu bisa mendapatkannya di seluruh Jawa Barat.

3. Karedok

Karedok Sunda

image via unileversolutions.com

Banyak yang mengira bahwa salah satu jenis “salad with soya souce” ini berasal dari Jakarta. Soalnya, Kamu bisa mendapatkan karedok di Jakarta dengan mudah. padahal, sebenarnya, karedok berasal dari Jawa Barat lho!

Sekilas, kalau Kamu melihat karedok, memang mirip banget dengan gado-gado. Iya, penyajian dari makanan khas SUnda ini biasanya dicampur dengan sayur-sayuran dan saus kacang.

Sayuran yang biasanya digunakan untuk membuat karedok adalah kacang-kacangan, tauge, timun, kubis, terong hijau, basil, dan berbagai jenis sayuran lainnya. Orang Sunda pasti tahu deh!

4. Lotek

Lotek Sunda

image via kulinerbandung.id

Dari sekian banyak makanan khas Sunda, memang mengandalkan berbagai olahan sayur mayur. Tidak terkecuali lotek.

Masih satu jenis dengan karedok dan gado-gado, lotek juga biasa disebut sebagai pecel-nya orang Sunda. Sebab, cara pembuatannya memang sangat mirip.

Sayuran yang dipakai juga tidak jauh beda dengan campuran pada gado-gado. Sayur yang sudah direbus lantas dicacah.

Setelah itu disiram memakai bumbu kacang yang sudah dicampur dengan kentang rebus. Setelah ditumbuk, ditambah pula kencur sehingga cita rasanya jadi sangat unik.

Lezat dan segar, jangan lupa mencicipi lotek kalau Kamu sedang mengunjungi daerah-daerah di Jawa Barat ya!

5. Pepes

Pepes Sunda

image via iniresep.com

Sebagian orang mengira kalau pepes adalah nama sebuah makanan. Eits, jangan salah, pepes adalah teknik memasak yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Sedangkan di Sunda, pepes disebut sebagai pais. Hampir sama dengan pengolahan pepes dengan daerah lain, pepes Sunda juga memanfaatkan sajian yang dibungkus dengan daun pisang yang dibakar sampai matang.

Sajian pepes di daerah Sunda juga cukup beragam. Kamu bisa menemukan pepes ayam, pepes ikan asin, pepes tahu, pepes daging sapi, dan juga pepes teri. Kalau Kamu lebih suka yang mana?

6. Bakakak Hayam

Bakakak Hayam

image via bisnisbandung.com

Menu yang satu ini bisa dibilang sebagai makanan unggulan dari Sunda. Memang jika diucapkan, makanan khas Sunda ini cukup aneh dan lucu. Namun, rasanya benar-benar maknyus.

Bakakak Hayam adalah makanan yang dibuat menggunakan bahan utama berupa ayam. Bedanya dengan olahan ayam dari daerah lain adalah pada bumbunya yang khas.

Cita rasa Sunda semakin terasa setelah ayam dipanggang hingga empuk. Nah, uniknya, ayam yang digunakan adalah satu ekor utuh. Sehingga, bakakak hayam paling cocok jika disantap bersama teman atau keluarga.

Menu ini biasanya disajikan dengan dua pilihan sambal, bisa menggunakan sambal hijau ataupun merah. Paling nikmat jika disajikan bersama dengan lalapan sayur.

7. Empal Gepuk Sapi

Empal Gepuk Sapi

image via Fimela.com

Di Sunda, empal gepuk sangat terkenal. Bahkan, menu ini hampir ada di semua jenis resto Sunda.

Makanan khas Sunda yang ini dibuat dari sayatan daging sapi yang dipukul-pukul. Kemudian, dimasak menggunakan bumbu khas dengan cita rasa yang manis.

Setelah bentuk daging menjadi gepeng, proses selanjutnya adalah diungkep atau dibiarkan dalam keadaan tertutup dengan tujuan agar bumbu semakin meresap hingga ke serat daging.

Tidak heran jika empal gepuk daging sapi terasa sangat nikmat dan memiliki tekstur daging yang lebih empuk.

8. Soto Bandung

Soto Bandung

image via http://sajiansedap.grid.id

Soto adalah makanan nusantara yang sangat populer. Bahkan, masing-masing daerah memiliki soto khas tersendiri yang memiliki cita rasa unik.

Tak jauh beda dengan daerah Sunda yang memiliki sajian soto tersendiri yang dikenal dengan nama Soto Bandung.

Bahan utama pembuatan makanan berkuah ini adalah menggunakan tetelan daging sapi. Sedangkan bumbu yang digunakan adalah lengkuas, jahe, serai, garam, gulai, dan bumbu lainnya.

Soto Bandung dilengkapi dengan bahan berupa irisan lobak yang direbus, daun bawang, daun seledri, kacang kedelai, serta bawang goreng.

Soto Bandung lebih lezat jika ditambahkan dengan sambal, kecap manis, serta jeruk nipis. Pasti lezat jika dinikmati pada musim hujan yang dingin!

9. Mie Kocok

Mie Kocok Sunda

image via https://pesona.travel/

Mie ayam, mie instan, dan mie lainnya sih sudah biasa dinikmati. Tapi, kalau mie yang satu ini, dijamin bikin lidahmu terkocok.

Sesuai dengan namanya yaitu ‘mie kocok’. Makanan khas Sunda ini menjadi favorit bagi masyarakat Jawa Barat karena rasanya yang nikmat.

Sajian yang berasal dari mie kuning yang dihidangkan dengan kaldu sapi ini memang menggugah selera. Biasanya mie kocok disajikan bersama dengan bakso, jeruk nipis, irisan kikil, bawang goreng, daun bawang, dan juga taburan daun seledri.

Dinamakan sebagai mie kocok karena saat dibuat, makanan ini dikocok terlebih dahulu di dalam wadah yang telah dicelup dalam air panas. Rasa yang istimewa bisa Kamu dapat dengan menambah kecap manis dan sambal di dalam kaldu mie.

10. Empal Gentong

Empal Gentong

image via cookpad.com

Beda dengan empal gepuk, empal gentong disajikan dengan kucai dan sambal dari cabai kering giling. Makanan khas Sunda yang berkuah ini terbuat dari daging sapi yang diproses dengan menggunakan gentong.

Empal gentong biasanya disajikan dengan lontong ataupun nasi. Empal gentong asalnya dari daerah Cirebon. Rasanya yang lezat membuat orang yang mencobanya ingin nambah lagi dan lagi. Kamu sudah mencobanya?

..

10 makanan khas Sunda tersebut sudah sangat populer. Jangan ngaku cinta Jawa Barat kalau tidak tahu sajian khasnya ya!