10 Makanan Khas Bandung yang Siap Membuatmu Ngiler dan Paling Populer

Makanan Khas Bandung – Bandung memang punya segudang destinasi wisata yang keren abis. Bukan cuma spot wisata alamnya saja yang layak untuk dijelajahi, wisata belanja, serta museumnya juga patut untuk Kamu sambangi.

Loading...

Namun, bukan hanya itu saja, masih ada satu hal yang menarik untuk dieksplore, yaitu makanan khas Bandung yang selalu berhasil menerbitkan air liur.

Sudah menjadi rahasia umum kalau kuliner Bandung sangat variatif dan bercita rasa tinggi. meski begitu, Kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk bisa menikmatinya.

Makanan Khas Bandung

Tertarik untuk mencicipinya? Berikut rekomendasi makanan khas Bandung yang harus Kamu catat agar liburanmu semakin mantap!

1. Seblak

Seblak Bandung

image via https://girlisme.com

Makanan khas Bandung yang melegenda dan sudah terkenal di mana-mana adalah seblak. Pastinya Kamu tahu dong perihal makanan yang terbuat dari kerupuk basah ini.

Walaupun Kamu sudah bisa menemukan jajanan bercita rasa khas ini di berbagai tempat. Tapi, menikmati seporsi hidangannya di tempat asalnya sudah pasti memiliki kesan tersendiri.

Seblak bisa Kamu nikmati bersama dengan sayur, telur, dan juga daging.

Kalau Kamu sedang di bandung, salah satu tempat asyik untuk menikmati seblak ada di Seblak Jebred yang beralamat di Jl. Buah Batu No. 163, Turangga, Lengkong, Bandung.

Yang istimewa dari seblak di sini adalah topping yang sangat beragam. Ada ceker, tahu krispi, kikil, dan juga sosis. Cukup dengan 12 ribu rupiah, Kamu bisa menikmati sajian nan menggoda selera ini.

2. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom

image via http://www.tipsresepmasakan.net

Sesuai dengan namanya, makanan khas Bandung ini memiliki komposisi berupa nasi yang ditumbuk dan dicampur dengan oncom, setelah itu, ditambahkan dengan lauk tertentu. Soal rasa, sudah barang tentu sangat aduhai dan mantap.

Banyak rumah makan di Bandung yang menyajikan nasi tutug oncom, Kamu bisa eksplore sendiri. Atau sesuai dengan rekomendasi yaitu di Nasi Tutug Oncom yang lokasinya ada di Jl. Macan, Burangrang, Lengkong, Bandung.

Harganya sangat ramah di kantong. Mulai dari 8 ribu rupiah, seporsi hidangan nasi tutug yang mantap sudah bisa Kamu kunyah dalam mulut.

3. Nasi Timbel

Nasi Timbel Bandung

image via http://www.masakanmudah.com

Nasi yang bersembunyi di balik harumnya daun pisang sangat cocok untuk dinikmati pada suasana sejuk Kota Bandung.

Memang, pada dasarnya, nasi timbel hanyalah sebungkus nasi putih hangat beraroma khas daun pisang. Tapi, soal rasa tiada duanya. Apalagi jika Kamu memadukannya dengan daging, tahu, tempe, ikan, sambal dan juga lalapan.

Kalau Kamu ingin dapat rasa otentik nan legendaris dari makanan khas Bandung yang satu ini, segera datang ke Nasi Timbel Bawean.

Sudah dibuka sejak 1985, rumah makan ini wajib Kamu sambangi. Kelebihan dari tempat makan ini adalah menyajikan nasi timbel dengan lauk yang super melimpah.

Untuk satu porsi nasi timbel, Kamu cukup menyiapkan uang sebesar 4 ribu rupiah. sedangkan tambahan lauknya bisa Kamu dapat mulai harga seribu saja. murah betul!

4. Karedok

Karedok Bandung

image via food.detik.com

Saladnya orang Jawa Barat adalah karedok. Makanan khas Bandung ini sangat menyehatkan dan bergizi lho! mulai dari bahan yang digunakan hingga cara pengolahannya sangat menarik.

Kalau suka pedas, bisa juga ditambahkan dengan cabai yang menggoyang lidah.

Rumah makan yang menyajikan karedok yang paling terkenal di Bandung adalah Warung Cihapit Bu Siti. Selain karedok, berbagai olahan makanan khas seperti pecel, lotek, dan gado-gado juga bisa Kamu coba.

Alamat rumah makan ini ada di Jl. Cihapit, Bandung Wetan, Bandung. Hanya dengan 10 ribu rupiah, Kamu sudah bisa mendapatkan satu porsi karedok.

5. Mie Kocok

Mie Kocok Bandung

image via food.detik.com

Salah satu mie kocok yang paling difavoritkan warga Bandung ataupun wisatawan adalah Mie Kocok Mang Dedeng.

Rasanya yang nendang akan membuat Kamu ketagihan dan ingin mencoba lagi dan lagi. nah, isiannya yang sangat bervariasi juga semakin menarik perhatian.

Menurut desas-desus, Mie Kocok Mang Dedeng punya resep rahasia terkait dengan bumbu yang digunakannya. Ada 27 rempah yang digunakan untuk menjadikan rasa mie kocok yang nikmat.

Kaldunya sangat terasa, dicampur dengan mie kuning gepeng yang kenyal, sum-sum, dan potongan kikil akan memberikan kejutan rasa di setiap kunyahan dalam mulutmu.

Untuk mendapatkan satu porsi mie kocok yang akan mengocok indra perasamu, silahkan datang ke Jl. Kyai haji Ahmad Dahlan No. 67, Turangga, Lengkong, Bandung.

Hanya dengan 23 ribu rupiah sajian nan menggoda selera ini sudah bisa Kamu nikmati.

6. Surabi

Surabi Khas Bandung

image via rimma.co

Makanan khas Bandung yang satu ini tidak pernah tergerus zaman. Sejak zaman dahulu sampai sekarang masih saja eksis dan memiliki penggemar tersendiri.

Namun, saat ini, Kamu bisa menikmati surabi dengan berbagai topping pilihan yang lebih variatif. Bahkan, Kamu bisa mendapatkan surabi dengan tampilan nan imut yang cocok untuk selera anak muda.

Salah satu warung surabi yang highly recommended untuk disambangi adalah Surabi Cihampit yang sudah berdiri sejak 1991.

Menu yang paling banyak dicari adalah surabi oncom. Kamu juga bisa mencoba varian lainnya. Per biji surabi bisa Kamu dapatkan mulai dari 2 ribu rupiah saja.

7. Ulukutek Leunca

Ulukutek Leunca Bandung

image via food.detik.com

Kandungan gizi yang tinggi pada makanan khas Bandung yang satu ini membuatnya banyak diburu oleh masyarakat lokal ataupun pendatang. Dalam ulukutek leunca ini terkandung karbohidrat, vitamin, dan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.

Cita rasanya pun cukup unik. Perpaduan rasa gurih, pahit, renyah, dan pedas membuat penikmatnya akan mendapat sensasi tersendiri. Seporsi makanan ini diberi tambahan oncom yang semakin menggoda selera.

Sajian ini bisa Kamu dapatkan di Warung Ibu Imas yang beralamat di Jl. Balonggede No. 28, Balonggede, Regol, Bandung. Cukup dengan selembar uang 10 ribuan, Kamu sudah bisa mencicipi satu porsi ulukutek leunca.

8. Gehu Jeletot

Gehu Jeletot Bandung

image via https://i.ytimg.com

Camilan ini sekilas mirip dengan tahu berontak dari Jawa Timur. Tahu yang didalamnya diisi dengan irisan wortel, sayur kol, serta irisan daging sapi ini sangat nikmat saat digigit.

Rasa gurih dan pedas membuatnya layak untuk masuk pada daftar makanan khas Bandung yang wajib dicoba.

Coba saja sambangi Gehu Hot Jeletot yang ada di Jl. Jupiter Raya, Blok F2 No. 25, Margahayi Barat, Sekejati, Bandung. Di tempat ini, Kamu bisa menikmati tahu yang super enak dengan harga 2 ribu rupiah saja per buahnya.

9. Kue Bandros

Kue Bandros Bandung

image via http://kuliner.panduanwisata.id

Kue yang mirip dengan pukis dan bercita rasa gurih ini merupakan sajian khas Bandung yang wajib Kamu coba. Taburan gula pasir dan aneka topping lain bisa Kamu cicipi di Bandros Cowboy Cisangkuy.

Topping yang ditawarkan antara lain keju, green tea, cokelat, dan sebagainya. Alamat warung ini ada di Jl. Cisangkuy No. 56, Citarum, Bandung Wetan, Bandung.

10. Colenak

Colenak Bandung

image via http://mik.upi.edu

Banyak yang menyebut colenak sebagai tape bakar. Memang benar, karena proses pengolahan tape singkong ini dibakar lalu dicocol dengan gula merah yang dicampur dengan kelapa parut. Hmm, Yummy!

Dapatkan makanan khas Bandung yang satu ini di Colenak Murdi Putra yang sudah berdiri sejak tahun 1930. Lokasinya ada di Jl. Ahmad Yani No. 733, Cicaheum, Kiaracondong, Cibeunying Kidul, Bandung.

Semuanya menggoda selera bukan? Kamu sudah tahu ingin mencicipi yang mana?