Aneka Bahan Makanan yang Cocok untuk Olahan Menu Sahur dan Buka Puasa Ibu Hamil

Menu Sahur dan Buka Puasa Ibu Hamil – Banyak orang beranggapan jika ibu yang sedang hamil dianjurkan untuk tidak berpuasa agar kondisi dan kandungannya tetap selalu terjaga dengan baik.

Loading...

Khawatir akan kesehatan sebenarnya adalah hal yang wajar saja, namun pada dasarnya ibu hamil masih tetap diperbolehkan untuk melakukan ibadah puasa.

Salah satu syarat yang harus dilakukan oleh ibu hamil agar kondisi kehamilannya selalu terjaga saat menjalankan ibadah puasa adalah dengan selalu memperhatikan semua nutrisi yang akan dikonsumsi.

Menu Sahur dan Buka Puasa Ibu Hamil

Nutrisi ini tentunya bisa didapatkan saat santap sahur dan berbuka puasa. Ada banyak sekali menu sahur dan buka puasa ibu hamil yang sehat, berikut beberapa diantaranya.

1. Susu

Susu pada dasarnya adalah menu yang wajib yang harus ada bagi para ibu hamil saat santap sahur dan berbuka. Saat ini juga sudah banyak sekali susu ibu hamil yang beredar di pasaran. Bahkan Kamu juga bisa menyesuaikan jenis susu untuk ibu hamil sesuai dengan usia dari kehamilan saat ini.

Susu memiliki kandungan nutrisi yang mana dibutuhkan oleh seorang ibu hamil. beberapa kandungan yang ada di dalam susu diantaranya adalah kalsium, asam folat, zat besi, vitamin D, omega 3 serta omega 6.

Mengonsumsi susu pada saat sahur menjadi pelengkap nutrisi yang dibutuhkan bagi para ibu hamil serta pertumbuhan bayi yang ada di dalam kandungan.

2. Buah-Buahan

Menu sahur dan buka puasa ibu hamil yang selanjutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan. Hal ini tentunya tidak boleh Kamu lewatkan begitu saja.

Buah ini bisa Kamu jadikan penutup saat santap sahur dan menu pembuka yang manis ketika berbuka puasa. Kamu hanya perlu memilih salah satu buah yang paling disukai sebagai menu saat puasa.

Pisang misalnya, buah ini dipercaya bisa memberikan Kamu energi tambahan pada saat menjalankan ibadah puasa sebab tinggi akan kandungan kalium. Selain itu, Kamu juga bisa memilih jeruk sebagai menu buah lainnya.

Jeruk kaya adalah salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin C sehingga dapat membantu Kamu dalam menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, jeruk juga mengandung folat dan juga serat.

Kandungan air yang ada di dalam jeruk bisa mencapai 90 persen yang mana nantinya bisa digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan akan cairan serta mencegah para ibu hamil dari dehidrasi pada saat puasa.

Bagi Kamu yang mengaku pecinta alpukat, maka tidak ada salahnya mengonsumsi buah alpukat sebagai makanan tambahan susu cokelat yang rendah lemak pada saat sahur atau buka.

Alpukat kaya akan serat, vitamin K, kalium, folat, tembaga, vitamin E serta vitamin C. Kalium yang terdapat pada alpukat bisa membantu meredakan rasa kram pada kaki yang umumnya dirasakan oleh ibu hamil.

3. Sayur Mayur

Sayur-sayuran adalah bahan yang sangat cocok untuk Kamu jadikan menu sahur dan buka puasa untuk ibu hamil. Bahkan bahan ini wajib ada saat sahur Kamu bersama dengan keluarga. Ada beberapa jenis sayur yang direkomendasikan untuk ibu hamil.

Beberapa sayuran tersebut di antaranya adalah brokoli serta sayuran yang daunnya hijau. Sayur semacam sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil sebab memiliki mengandung kalsium serta folat sebagai kandungan yang dikenal baik dalam pertumbuhan tulang serta juga perkembangan otak bagi janin.

Brokoli ternyata juga mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Sayuran satu ini juga memiliki kandungan vitamin C yang akan membantu tubuh Kamu menyerap zat besi dengan porsi lebih baik. Kombinasi antara vitamin C dengan zinc yang ada pada brokoli sangat bermanfaat dalam menjaga daya tahan tubuh ketika puasa.

Kamu juga bisa membuat olahan menu sahur dan buka puasa untuk ibu hamil dengan sayuran hijau lainnya seperti bayam yang mana memiliki kadar folat serta besi yang tinggi.

Keduanya sayuran tersebut sangat baik sebagai kandungan untuk perkembangan bayi di dalam kandungan. Sama halnya dengan brokoli, bayam pun memiliki kandungan antioksidan.

Kandungan serat yang tinggi yang ada pada bayam bisa membantu Kamu mencegah sembelit yang biasanya terjadi di ibu hamil. Selain itu, mengonsumsi sayuran dengan daun hijau juga bisa mengurangi risiko bayi dengan berat badan rendah saat lahir.

4. Nasi Merah

Menu sahur dan buka puasa untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah nasi merah. Ketika Kamu bandingkan nasi ini dengan nasi putih pada biasanya maka kandungan serta dalam nasi merah lebih banyak.

Bahkan indeks glikemik di dalamnya juga tergolong rendah. Dengan begitu, Kamu yang mengonsumsi nasi merah tidak akan memiliki berat badan yang naik secara drastis akibat penyerapan gula terlalu cepat.

Beras merah masuk ke dalam golongan berasa biji-bijian utuh yang bisa membantu Kamu memenuhi kebutuhan akan kalori yang meningkat ketika hamil namun tentunya tetap menyehatkan.

Sebagai karbohidrat kompleks konsumsi nasi merah juga bisa membantu Kamu merasa kenyang lebih lama dan hal ini tentunya akan sangat membantu Kamu kuat dalam menjalankan ibadah selama seharian.

Selain nasi merah, Kamu ternyata juga bisa mengonsumsi berbagai macam sumber karbohidrat kompleks yang lainnya. beberapa sumber kompleks tersebut seperti ubi jalar yang tentunya sangat menyehatkan wanita hamil.

5. Daging Tanpa Lemak

Menurut ahli gizi ketika hamil tubuh Kamu akan membutuhkan zat besi yang mana dapat digunakan untuk menunjang perkembangan dari bayi yang ada di dalam kandungan.

Selain itu, zat besi pun sangat dibutuhkan sebagai salah satu kandungan untuk melancarkan pembagian oksigen dalam tubuh.

Wanita hamil memerlukan lebih banyak zat besi sebab volume darah yang ada di dalam tubuh meningkat dibandingkan dengan biasanya. Jika ibu Kamu kekurangan zat besi maka cenderung merasa cepat lelah.

Bukan hanya itu saja, kandungan zat besi dengan kadar yang terlampau rendah pada awal kehamilan bisa menyebabkan anemia serta meningkatkan risiko kelahiran bayi prematur dan berat bayi lahir dengan berat badan rendah. Tentu Kamu tidak ingin masalah tersebut bukan?

Padahal ketika puasa, aktivitas harian akan selalu berjalan sama dengan biasanya. Untuk itu, mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi pada saat sahur akan menjaga tubuh serta menjalankan fungsinya secara baik sehingga Kamu akan tetap bertenaga.

Daging tanpa lemak akan jadi menu sahur dan buka puasa untuk ibu hamil sebagai sumber zat besi yang baik sebab mudah diserap tubuh.

6. Telur

Pada dasarnya telur adalah salah satu bahan makanan yang mengandung sumber protein hewani baik untuk tubuh. Bahkan bahan satu ini juga sangat mudah ditemukan.

Kamu pun bisa mengolahnya menjadi berbagai macam kreasi masakan yang sesuai dengan selera atau keinginanmu. Langsung saja buka berbagai resep olahan telur yang cocok untuk menu puasa.

Bagaimana? Kini tidak ada alasan lagi bagi Kamu untuk tidak puasa ya. Ibu hamil boleh saja puasa, namun kandungan gizi dan nutrisi yang ada di dalam tubuh juga perlu selalu diperhatikan.

Beberapa jenis makanan di atas bisa Kamu oleh menjadi menu sahur dan buka puasa untuk ibu hamil yang menyehatkan.