Inilah Menu Buka Puasa untuk Diet yang Ampuh dan Enak

Ramadhan adalah bulan yang begitu mulia bagi umat muslim, di dalamnya banyak sekali keistimewaan -keistimewaan yang ada diantaranya setiap amal kebaikan yang kita lakukan akan dilipatgandakan pahalanya.

Loading...

Tentu, dalam rangka menyambut datangnya bulan ramadhan kita harus mempersiapkan hati dan juga jasmani kita dengan baik-baiknya.

Dalam bulan ramadhan terdapat kewajiban yang harus ditunaikan oleh semua umat islam, yakni berpuasa. Puasa ramadhan adalah puasa yang sangat dinanti-nantikan oleh semua umat islam yang beriman.

Karena puasa ramadhan selain anugrah dari Allah SWT yang sangat besar padalanya serta dari segi manfaat sangat banyak sekali.

Menu Buka Puasa untuk Diet

http://tipscaralangsing.com/

Dalam penelitian secara ilmiah, telah banyak terbukti bahwa berpuasa ramadhan sangat baik bagi kesehatan tubuh, bagi yang menunaikannya. Puasa bisa menghilangkan racun-racun dalam tubuh, bisa merefresh kembali organ-organ tubuh, dan bisa meperbaharui hormon-hormon yang sangat mempengaruhi mental dan rasa nyaman dalam hidup kita.

Tentunya salah satu hal menarik dalam menunaikan puasa, ialah kenikmatan diwaktu berbuka. Tanpa kita sadari ternyata kebanyakan dari makanan untuk berbuka puasa ternyata adalah makanan makanan manis yang dimana justru akan lebih cepat untuk menambah berat badan.

Nah, bagaimana jika kamu sedang menjalani diet, tetapi kamu tetap ingin menunaikan ibadah puasa dengan baik yaitu melaksanakan buka dan sahur dengan makanan yang tepat. Bulan puasa adalah momen yang tepat untuk menjalani program diet.

jikalau di bulan lainnya kamu sering gagal dalam program diet, maka di bulan puasa ini kamu bisa mencoba kembali untuk melakukan diet tersebut. Disini perlunya kamu menyiapkan menu diet yang tepat untuk kamu berbuka dan sahur.

Disini saya akan berbagi informasi mengenai kriteria dan tips menyiapkan menu buka puasa sehat untuk kamu yang akan menjalani diet di bulan Ramadhan. Simak informasinya berikut ini!

Kombinasi Antara Karbohidrat Kompleks dan Air Putih

Tips diet yang pertama ialah minumlah air putih sebanyak yang kamu mampu saat datangnya buka puasa. Namun, jangan terlalu berlebihan agar perut tidak berasa kembung.

Saat buka puasa adalah waktu yang tepat untuk menghidrasi tubuh setelah seharian penuh tubuh tidak mendapatkan asupan cairan.

Untuk menu makannya, usahakan untuk menyiapkan makanan yang termasuk sebagai sumber karbohidrat kompleks yang baik.

Beberapa makanan yang dapat menjadi sumber karbohidrat kompleks antara lain kacang-kacangan (kacang hijau, kacang kedelai, dan kacang merah) serta biji-bijian (gandum atau beras merah, beras hitam).

Menggunakan Ikan Sebagai Lauk

Makanan untuk Diet Ikan Salmon

https://pixabay.com/

Konsumsilah ikan sebagai menu buka puasa disaat kamu menjalani diet. Kamu bisa memilih salah satu jenis ikan untuk diolah menjadi menu buka puasa yang lezat. Selain lezat, ikan adalah lauk yang sangat baik untuk kesehatan.

Ikan yang sangat disarankan yaitu ikan salmon atau tuna. Karena kedua jenis ikan ini mengandung asam lemak omega 3 yang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Dalam hal ini, cara memasak ikan juga sangat perlu untuk diperhatikan. Karena kamu sedang diet, sebaiknya masak ikan dengan cara dipanggang, dibakar, atau direbus.

Tujuannya adalah menghindari pemakaian minya penggorengan yang banyak mengandung lemak. Namun, jika kamu merasa ikan salmon atau tuna terlalu mahal, kamu bisa mengganti dengan ikan yang lebih murah, seperti ikan gurami atau mujahir.

Tidak Masalah Menyantap Daging Sapi

Daging Sapi Panggang

http://bacaterus.com/

Banyak orang berpendapat bahwa saat sedang diet, terutama diet untuk penurunan berat badan, seseorang harus menghindari daging sapi. Padahal, daging sapi tidak akan menaikkan berat badan jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat.

Untuk itu perhatikan pemilihan daging sapi, untuk program diet daging sapi tanpa lemak untuk diolah menjadi menu buka puasa. Kemudian cara pengolahannya, daging sapi ini bisa dipanggang atau dibakar menjadi steak.

Perhatikan pula bumbu yang digunakan saat memasak. Saat sedang diet, bumbui daging dengan air lemon, merica, dan garam. Selain steak, kamu bisa memasak daging sapi tanpa lemak ini menjadi makanan, seperti rawon atau soto.

Ganti Nasi Putih dengan Nasi Merah

Menu Buka Puasa untuk Diet yang Sehat

http://bacaterus.com/

Saat sedang menjalani diet, kamu memang harus menghindari mengkonsumsi nasi putih. Alasannya karena nasi putih lebih cepat dicerna tubuh dalam di dalamnya mengandung kalori yang sangat tinggi sehingga beresiko menaikkan glukosa dalam darah.

Sebagai gantinya, kamu bisa memilih nasi merah untuk dijadikan hidangan pokok dalam berbuka. Di dalma nasi merah terkandung sumber karbohidrat komplek yang lebih lama dicerna oleh tubuh, sehingga orang yang mengkonumsinya akan merakan kenyang yang lebih lama.

Sebenarnya ada nasi yang lebih bagus dari nasi merah, yaitu nasi hitam (nasi dari beras hitam). Nasi hitam ini jauh lebih tinggi serat dan karbohidrat kompleknya dibanding nasi merah. Disini harga untuk beras hitam tentunya lebih mahal dibanding beras merah.

Dalam mengkonsumsinya, kombinasikan nasi merah atau nasi hitam dengan lauk sehat untuk menjadi menu buka puasa untuk mendapati sehat dan diet yang sempurna.

Hindari Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng sarat akna kandungan lemat yang tinggi. Selain kurang baik untuk kesehatan, makanan gorengan sangat tidak dianjurkan untuk kamu yang menjalani diet.

Hindari makanan yang digoreng dalam menu buka puasamu. Karena pada saat bulan puasa, pola makan dan istirahat akan berubah.

Sementara itu, kandungan lemak dalam makanan-makanan gorengan dapat membuat kita jadi cepat mengantuk. Mengapa? Ini karena saat kamu menyantap gorengan, maka ikatan oksigen dalam tubuh dapat berkurang hingga 20 persen.

Jangan Lupa untuk Mengkonsumsi Makanan Berserat

Menu Buka Puasa untuk Diet Sayur dan Buah

https://www.ibudanbalita.com/

Makanan yang kaya akan serat inilah makanan yang sangat dianjurkan, makanan yang mengandung serat tinggi sangat baik untuk kesehatan tubuh dan juga pencernaan.

Makanan sumber serat terbaik dapat diperoleh dari sayur dan buah buahan. Bagi kamu yang sedang diet, disaat buka puasa jangan sampai melewatkan sayur dan buah di setiap kamu menyantap hingan berbuka.

buah dan sayur baiknya dikonsumsi sebagai hingan pembuka, seperti salad atau takjil. Selain itu, sayur juga bisa diolah menjadi lauk yang sehat untuk menu buka puasakamu. Usai tarawih, kamujuga bisa menyantap buah-buahan segar favoritkamu.

Meskipun kamu makan sedikit, konsumsi buah dan sayur dapat menjaga pencernaanmu tetap baik dan mencegah sembelit.

Hindari Makanan dan Minuman yang Mengandung Santan

Kolak Pisang

http://bacaterus.com/

Makanan bersantan juga tidak boleh untuk kamu yang dalam program diet, di dalam santan kaya akan lemat dan dapat dengan mudah menaikkan kadar kolesterolmu.

Jika kolesterolmu mengingkat, maka hal itu juga akan turut menaikan tekanan darah dan kadar gula dalam darah. Umumnya, makanan bersantan banyak ditemui di hidangan takjil seperti kolak.

Kolak pisang misalnya, minuman ini adalah minuman takjil yang sudah sangat merakyat Indonesia.Sayangnya, jika kamu sedang diet sebaiknya kamu tidak memasukkan kolak pisang ke dalam menu buka puasa untuk diet.

Bukan hanya itu saja, opor ayam juga merupakan lauk favorit pada saat bulan Ramadhan yang sebaiknya dihindari. Makanan-maknan lain yang mengandung santan, lemat dan pedas terutamanya.

Tidak Mengkonsumsi Minuman Bersoda

Minuman Bersoda

http://bacaterus.com/

Minuman soda memang sangat menyegakan, segelas cola dingin tentu dapat mengobati dahaga kamu usai berpuasa sehari penuh.

Akan tetapi, minuman bersoda sangat tidak dianjurkan untuk kamu yang menjalani diet. Perlu untuk kamu ketahui bahwa minuman bersoda atau minuman dalam kemasan lainnya banyak mengandung kalori yang tinggi. Saat diet, kamu harus mengurangi asupan kalori sehari-hari.

Terlalu banyak asupan kalori bisa menjadi pendukung dalam menaikkan berat badankamu. Jika ingin membatalkan puasa saat maghrib (baca: berbuka puasa), sebaiknya minumlah beberapa gelas air putih. air putih juga dapat meredakan dahaga, kok.

Katakan Tidak Pada Fast Food

Makanan Cepat Saji (Baca Fast Food)

http://bacaterus.com/

Saat diluar ketika waktu berbuka telah tiba, kamu akan banyak tergoda dengan makanan-makanan dan minuman cepat saji. Jenis makanan seperti ini juga tidak baik untuk kamu yang sedang diet.

Godaan itu akan datang terlebih saat teman-teman kantor mengajak kamu berbuka puasa bersama di restoran cepat saji (fast food).

Apakah boleh? Jawabnya boleh saja, namun kamu harus ingat bahwa kamu sedang diet. Saat diet, sebaiknya kamu tidak mengkonsumsi fast food.

Ketahuilah di dalam makanan cepat saji umumnya terkandung banyak lemak dan natrium yang sangat tinggi, baik itu ayam goreng (fried chicken), hamburger, atau bahkan kentang gorengnya.

Sebaiknya jika kamu ingin buka puasa bersama di restoran fast food, bawalah makanan sendiri dari rumah. Sampaikan kepada teman-teman bahwa kamu sedang menjalani diet dan menghindari makanan cepat saji.

Jangan Memasukkan Makanan Instant Dalam Menu Buka Puasa

Makanan instan seperti mie, bubur instan sebaiknya juga dihindari. Biasanya makanan instan ini begitu menggoda saat kamu tidak sempat untuk menyiapkan hidangan berbuka puasa.

Di saat seperti itu, boleh jadi kamu akan memilih untuk menggoreng sosis, kornet, atau nugget. Namun sayangnya, menu buka puasa yang praktis seperti ini harus dicoret dalam menu buka puasa kamu.

Ingat, kamu sedang dalam program diet sehat. Sementara makanan-makanan instant tersebut sangat tinggi lemak, kalori, dan natrium.

Belum lagi tambahan bahan pengawet yang bisa digunakan dalam makanan instant. Usahakan untuk menyiapkan makanan segar dan sehat sendiri.

Menyiapkan menu buka puasa untuk diet memang tidak semudah saat kamu sedang tidak menjalani program diet. Namun, untuk memperoleh hasil yang sempurna dibutuhkan usaha yang maksimal pula. Tetap semangat menjalani diet sembari berpuasa, ya!

sumber : bacaterus.com