11 Menu Buka Puasa Kulineran Khas Dari Indonesia

Menu Buka Puasa – Kira-kira apa yang paling berkesan untuk Kamu saat tiba bulan Ramadhan? Ya momen ini memang memberikan banyak kesan yang istimewa bagi setiap umat muslim.

Loading...

Selain bisa lebih khusyuk dalam beribadah, bulan Ramadhan menjadi momen berharga karena hanya pada momen ini banyak menu buka puasa kulineran yang bisa ditemukan dimana saja menjelang sore hari.

Indonesia adalah kawasan yang sangat unik dan istimewa untuk momen Ramadhan, pasalnya ada banyak sekali menu puasa yang khas dan akan menggugah selera Kamu.

Intinya ke mana pun Kamu jalan di bulan ini pasti akan bertemu dengan menu makanan yang akan membuatmu tidak sabar untuk mengonsumsi makanan tersebut.

Menu Buka Puasa Kulineran Khas Indonesia

Kira-kira menu makan apa saja ya yang bisa Kamu gunakan sebagai santapan buka khas Indonesia? Di bawah ini ada beberapa jenis menu dari Indonesia yang bisa Kamu pilih sebagai sajian buka puasa bersama dengan keluarga dan kerabat terdekat.

1. Gorengan

Seperti pepatah mengatakan sayur tanpa adanya garam rasanya kurang lengkap. Begitu juga dengan puasa rasanya kurang afdol jika tidak ada menu gorengan. Sebagian besar masyarakat yang ada di Indonesia akan menjadikan gorengan sebagai makanan yang wajib ada saat berbuka.

Selain simpel, gorengan juga memiliki rasa yang akan menjadikan Kamu selalu ketagihan. Sebagian besar masyarakat Indonesia merasa jika gorengan akan cukup untuk menggantikan rasa lapar.

Banyak yang lebih memilih menu buka puasa kuliner dengan gorengan dari pada langsung makan berat. Misalnya makan pisang goreng, tempe goreng, tahu isi, roti goreng, bakwan dan gorengan.

2. Kolak

Sangat dianjurkan untuk orang muslim berbuka dengan yang manis-manis terlebih dahulu. Nah salah satu menu buka puasa kulineran yang hampir ada pada setiap rumah ada kolak.

Menu ini juga bahkan akan selalu ada ketika mendengar kata puasa Ramadhan. Ada banyak jenis kolak yang bisa Kamu pilih sesuai dengan selera seperti kolak pisang, kolak kolang-kaling dan lainnya.

Di Indonesia menu bersantan ini memiliki banyak variasi isi. Namun yang pasti hampir semua daerah yang ada seluruh Indonesia, buah pisang akan jadi Kamulan sebagai dalam isi yang akan menambah cita rasa kolak lebih nikmat.

Bukan sekadar pisang Kamu pun bisa menambahkan isi varian kolak favorit dengan buah nangka dan singkong agar tidak merasa bosan.

3. Es Pisang Ijo

Pada dasarnya es pisang ijo memang bisa Kamu temukan di hari biasa ya. Namun menu satu ini jumlahnya justru akan meningkat saat bulan puasa tiba.

Es pisang ijo ini jadi kuliner untuk buka khas dari daerah Makassar dan mulai tersebar ke seluruh daerah karena memiliki cita rasa yang luar biasa.

Coba bayangkan, betapa segarnya menu buka puasa kulineran khas Makassar es pisang ijo ini. Rasanya bohong jika Kamu tidak tertarik untuk mencobanya saat berbuka.

Lembut buah pisang yang dibungkus menggunakan kulit tepung warna hijau pastinya akan membuat Kamu kangen untuk mencicipinya saat bulan Ramadhan.

Jika Kamu tertarik untuk makan es pisang ijo maka tidak perlu merasa khawatir untuk membuatnya sendiri. Karena banyak orang yang menjualnya saat menjelang buka puasa. Harganya juga tidak mahal bahkan tidak sampai Rp. 10.000 per porsi.

4. Es Buah

Rasanya dimana pun tempatnya menu untuk buka puasa yang satu ini akan selalu hadir menemani. Mau Kamu sedang ada di rumah, di pasar atau di kantor pun es buah akan jadi menu Kamulan dan favorit saat bulan Ramadhan telah tiba.

Dalam menu ini terdapat banyak sekali jenis buah, es buah ini dapat mengembalikan kesegaran Kamu yang hilang selama berpuasa sepanjang hari. Apalagi kalau Kamu tambah dengan siraman sirup ataupun susu kental rasa yang hadir sangat nikmat.

5. Ketan Bintul

Menu khas yang satu ini selalu hadir ketika buka puasa lebih tepatnya pada daerah Serang, Banten merupakan ketan bintul. Ketan yang ditaburi dengan serundeng akan jadi menu buka puasa kuliner.

Rasa yang dihadirkan sangat gurih, manis, serta sedikit pedas mampu menjadikan buka puasa Kamu lebih nikmat.

6. Jojongkong

Jojongkong merupakan khas daerah Lampung yang selalu hadir saat bulan Ramadhan. Menu takjil bernama jojongkong ini pada dasarnya sangat mirip dengan menu makan bubur sumsum.

Jojongkong memiliki cita rasa yang manis dan gurih dengan campuran rasa santan dan gula merah. Bubur jojongkong menjadi kuliner warisan khas dari Tionghoa yang mana akan jadi menu favorit saat bulan puasa.

7. Mie Glosor

Setiap tiba bulan Ramadhan atau puasa mie glosor akan jadi menu takjil yang difavoritkan oleh masyarakat dari kota hujan Bogor.

Mie glosor pada dasarnya sama dengan mie biasanya yang terbuat dengan bahan dasar mie kuning serta dimasak dengan sayur kol dipotong kecil-kecil.

Mie ini akan disajikan bersamaan dengan sambal kacang yang mana rasanya sangat pedas. Mie glosor umumnya akan dimakan dengan gorengan lainnya seperti bakwan maupun tempe.

8. Pakat

Selama puasa atau Ramadhan Kamu juga bisa menemukan makanan lainnya yakni pakat makanan khas dari kota Medan. Pakat merupakan kuliner tradisional khas masyarakat Tapanuli.

Makanan ini menggunakan bahan dasar yang cukup unik yakni dari rotan muda dibakar serta dibumbui menggunakan santan.

Rotan-rotan muda umumnya akan dijadikan menu takjil bagi banyak orang sebelum menyantap makanan yang berat pasca seharian berpuasa.

9. Kicak

Menu buka puasa kulineran yang selanjutnya ini berasal dari kawasan Yogyakarta dan namanya adalah kicak. Makanan khas satu ini sangat populer selama bulan Ramadhan serta biasa dijajakan pada daerah Kauman.

Kicak dibuat dengan bahan dasar berupa beras ketan yang dibentuk seperti gemblong. Rasa yang disajikan manis. Wanginya juga bisa menggugah selera karena seharian berpuasa. Setelahnya Kamu juga menyantap makanan berat.

10. Asida

Maluku punya menu buka puasa Kamulan yang tentunya tidak kalah unik, namanya dari menu tersebut adalah asida. Makanan khas ini akan ada selama bulan Ramadhan dan memiliki citarasa manis sangat mirip dengan rasa dari dodol.

Asida dibuat dengan bahan dasar berupa tepung terigu, mentega yang dicairkan, gula merah dan bubuk dari kayu manis serta kapulaga. Rasa manis gurih asida sangat cocok jadi menu santap untuk buka puasa.

11. Bubur Kampiun

Makanan yang terakhir ini berasal dari daerah Minangkabau yang mana akan hadir sebagai menu buka puasa kuliner selama bulan Ramadhan. Bubur kampiun dikenal dengan bubur campur dengan isian lengkap.

Bubur ini memiliki cita rasa manis yang mana terdiri atas bubur sumsum, pisang, candil, kolak, bubur delima serta ketan hitam. Rasa manis khas akan menjadikan bubur kampiun sangat disukai oleh banyak orang tidak hanya hanya orang Minangkabau.

Indonesia memang sangat khas ketika bulan Ramadhan karena biasanya akan ada pasar kaget yang akan menyediakan banyak sekali makanan khas dan juga beberapa menu buka puasa kulineran di atas. Kamu bisa memilih beberapa menu untuk buka bersama keluarga.