Ini Dia 3 Resep Nasi Uduk Andalan Keluarga, Enak, Mudah dan Praktis

Resep nasi uduk merupakan salah satu resep yang paling banyak digunakan setiap harinya di Indonesia. Nasi uduk menjadi salah satu sajian istimewa untuk sarapan di pagi hari atau disantap di sore dan malam hari.

Loading...

Rasanya yang gurih dan enak membuat siapa saja menyukainya, baik anak-anak hingga orang dewasa. Nasi uduk ini merupakan makanan khas dari daerah Jakarta, khususnya dari daerah Betawi.

Namun seiring perkembangan zaman, nasi uduk ini tersebar di seluruh daerah dan disukai oleh banyak orang Indonesia yang notabene makanan pokoknya adalah nasi, sehingga nasi uduk pun mudah diterima di segala penjuru Indonesia.

Nasi uduk ini cocok sekali untuk sarapan pagi karena mengandung banyak kalori yang bisa memberikan tenaga untuk beraktivitas sepanjang hari.

Setidaknya di dalam 100 gram nasi uduk terdapat 163 kalori, 20,52 karbohidrat, 9,09 lemak dan 2,54 protein, sehingga dengan kandungan gizi tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan kalori setiap harinya.

Apalagi jika Kamu menikmati nasi uduk dengan bahan pelengkap lain seperti telur dan juga kering tempe tentunya gizinya akan semakin bertambah.

Sudah memiliki cita rasa yang enak, bergizi lagi. Bagaimana apakah Anda tertarik untuk membuatnya? cara membuatnya mudah kok.

Bahan-bahannya pun mudah untuk didapatkan karena ada di sekitar Kita. Tenang saja, harganya tidak akan menguras kantong dan sangat bersahabat.

Nah,  berikut ini adalah resep nasi uduk yang enak, mudah dan praktis Apalagi bagi Kamu yang memiliki aktivitas yang sibuk, Kamu bisa menggunakan ricecooker untuk membuatnya.

Berikut ini adalah berbagai resep nasi uduk yang bisa Kamu coba di rumah. Check it out!

1. Resep Nasi Uduk dengan Magic Com

Resep Nasi Uduk dengan Magic Com

https://cookpad.com/id

Resep nasi uduk dengan magic com ini sangat cocok bagi Kamu yang memiliki tingkat mobilitas tinggi namun ingin menikmati nasi uduk.

Cara membuatnya yang mudah dan praktis menjadi salah satu alasan kenapa harus menggunakan magic com. Tidak usah menunggu lama lagi, ini dia resep nasi uduk dengan menggunakan magic com!

Bahan-Bahan

  • 3 cup beras
  • 1/2 bks santan instan
  • 2 sdm minyak goreng
  • Secukupnya garam
  • 1 batang sereh geprek
  • 2 lembar daun salam

Cara Membuat Nasi Uduk dengan Magiccom / Rice Cooker

  1. Cuci bersih beras. Kemudian tambahkan air sesuai dengan takaran memasak nasi biasa. Misalnya untuk 3 cup beras biasanya ukuran air pada ukuran garis pada angka 3.
  2. Masukkan serai dan juga daun salam. Agar lebih mantap sebaiknya geprek serai terlebih dahulu.
  3. Kemudian tambahkan santan dan juga sedikit minyak goreng. Aduk hingga tercampur rata.
  4. Setelah siap, tutup magic com seperti hendak masak nasi biasa. Pastikan sudah tertutup rapat dan tidak lupa menekan tombol cook. Tunggu hingga matang.
  5. Setelah matang, aduk-aduk nasi hingga tidak ada yang menggumpal.

Nasi uduk siap dihidangkan. Mudah bukan? hanya dengan menyantapnya dengan kerupuk saja sudah nikmat.

Apalagi jika ditambah pelengkap lain seperti kering tempe tahu, ayam, telur dan lain-lain sesuai dengan selera.

2. Resep Nasi Uduk Mudah Sederhana Khas Betawi

Resep Nasi Uduk Mudah Sederhana Khas Betawi

https://www.rumahmesin.com/

Makanan nasi uduk ini sebenarnya merupakan makanan khas Betawi, yaitu salah satu suku yang tinggal di Jakarta, Indonesia.

Nama nasi uduk ini diambil dari kata aduk yang artinya merupakan cara mencampur. Secara umum diketahui bahwasanya nasi uduk dibuat dengan cara diaduk-aduk sebelumnya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa menikmati nasi uduk ini akan jauh lebih nikmat apabila ditambah dengan lauk dan sayuran pelengkap.

Nasi uduk khas betawi biasanya dilengkapi dengan tahu tempe teri kering, jeroan, empal, urap-urap, telur dan juga sambal dan kerupuk.

Rasanya sangat enak dan gurih. Penasaran? Simak resep nasi uduk khas betawi berikut ini!

Bahan-Bahan

  • Beras 300 gr, cuci bersih
  • Serai 2 batang, memarkan
  • Kayu manis 2 cm
  • Merica sendok teh
  • Garam 1 sendok teh
  • Santan kelapa kental 450 ml
  • daun salam muda 2 lembar
  • Cengkeh 2 butir.

Cara Membuat Nasi Uduk Sederhana

  1. Rebus santan terlebih dahulu hingga mendidih. Jangan lupa tambahkan juga cengkeh, serai, kayu manis, merica, daun salam dan garam. Aduk-aduk hingga mendidih.
  2. Masukkan beras ke dalam santan dan aduk-aduk hingga semuanya tercampur rata. Pastikan hingga santan meresap secara sempurna dan menjadi nasi setengah matang.
  3. Kukus nasi tersebut hingga matang atau tanak.
  4. Nasi uduk siap disajikan.

Menikmati nasi uduk ini akan jauh lebih nikmat apabila masih dalam kondisi hangat. Apalagi dengan lauk dan sayuran lengkap tentunya akan menambah kenikmatan tersendiri.

Rasa gurih santan berbaur dengan aneka sayuran dan lauk bersatu padu menjadi cita rasa yang sempurna.

3. Resep Nasi Uduk dengan Susu

Resep nasi uduk juga sering kali menjadi menu kesukaan si kecil. Nah, akan lebih bagus jika kandungan gizi di dalamnya bisa ditambahkan dengan susu.

Rasanya tidak kalah nikmat dengan nasi uduk betawi lho. Penasaran seperti apa? Yuk simak resep nasi uduk dengan susu berikut ini!

Bahan-Bahan

  • 800 ml-1 liter santan kental dari kelapa murni
  • 2 sdm minyak goreng
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya vetsin
  • 2 1/2 kaleng susu SKM utk takaran beras
  • 2 lembar daun pandan
  • 2 batang serai, geprek
  • 3-4 lembar daun salam.

Cara Membuat Nasi Uduk dengan Susu

  1. Cuci beras sampai bersih. Siapkan santan dari kelapa murni (bukan dari santan instan). Siapkan wajan. Masukkan serai, daun salam dan masukkan santan kelapa murni tadi.beserta Susu kental manis.
  2. Masukkan beras ke dalam air santan yang mulai mendidih, tambahkan 2 sendok makan minyak goreng sambil terus diaduk agar tidak menggumpal. Masukkan garam dan vetsin secukupnya. Aduk hingga santan mulai menyusut dan meresap sempurna. Matikan kompor. Sisihkan.
  3. Siapkan kukusan. Panaskan air hingga mendidih dan kukusan siap digunakan. Kukusan beras yang sudah diaronin tadi ke dalam kukusan kurang lebih selama 40 menit sampai nasi matang.

Nasi uduk siap dihidangkan. Nasi uduk kali ini sedikit manis dengan paduan santan dan susu sehingga lebih nikmat. Kamu bisa mencobanya di rumah. Cara membuatnya mudah kan?

Nah itulah aneka resep nasi uduk yang mudah dan praktis. Untuk bisa membuat nasi uduk yang enak dan gurih juga tergantung pada pemilihan bahan. Sebaiknya pilih jenis beras yang bagus dan pulen agar nasi uduk juga bagus.

Dengan memasak sendiri juga kan lebih mengetahui kualitas dari nasi uduk Kita. Manakah bahan-bahan yang baik dan sehat untuk digunakan dan manakah yang tidak.

Berbeda pada saat membeli. Kita hanya tahu makanan sudah jadi tanpa mengetahui bagaimana pemilihan bahannya, cara memasaknya, tingkat kebersihannya dan lain sebagainya.

Demikian resep nasi uduk yang enak, mudah dan praktis. Mulai dari resep nasi uduk original hingga yang hits dan kekinian yang menggunakan campuran susu. Semoga informasi di atas bisa memperkaya pengetahuan Kamu. Selamat mencoba.