Yuk, Bikin Puasamu Jadi lebih Bersemangat dengan Cara Membuat Sop Buah Untuk Buka Puasa

Cara Membuat Sop Buah

image via titiknol.co.id

Saat menjalankan ibadah puasa seperti sekarang ini salah satu yang paling dinanti adalah waktu berbuka puasa. Apalagi dengan sajian menu istimewa yang menggoda selera tentunya akan menambah semangat tiada tara. Salah satu sajian menu istimewa yang menjadi favorit keluarga adalah sop buah.

Loading...

Sop buah menjadi salah satu menu yang tidak boleh terlewatkan saat berbuka puasa. Selain memiliki rasa yang enak, sop buah juga kaya akan kandungan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh Kita.

Sehingga sangat cocok dikonsumsi pada saat berbuka puasa karena untuk mengembalikan energi yang yang telah hilang setelah seharian menahan lapar dan dahaga.

Cara membuat sop buah untuk buka puasa cukup mudah lho. Apalagi bahan-bahannya juga sangat mudah untuk didapatkan baik di pasar tradisional maupun di pasar modern. Harganya juga tidak akan menguras kantong. Jadi jangan khawatir, kantong jebol hanya karena membuat sop buah.

Nah, sebelum membahas cara membuat sop buah untuk buka puasa, tidak ada salahnya jika Kamu mengetahui terlebih dahulu kandungan gizi apa saja yang bisa Kamu dapatkan saat mengonsumsi sop buah. Dijamin Kamu akan tercengang! Penasaran seperti apa? Simak ulasannya berikut ini!

Kandungan Manfaat Buah Dalam Semangkuk Sop Buah

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwasanya kandungan sop buah adalah aneka macam buah-buahan. Diantaranya adalah melon, strawberry, anggur, nangka, mangga, sirsak, kelapa muda, buah naga dan juga susu kental manis. Nah kandungan gizi yang terdapat di dalam satu mangkuk es buah antara lain adalah sebagai berikut:

1. Melon

Buah melon merupakan salah satu buah yang paling banyak dicari setiap harinya, apalagi pada saat bulan puasa. Buah melon ini memiliki daging yang berwarna hijau kekuningan dan memiliki rasa buah yang manis.

Kandungan gizi yang terdapat di dalam buah melon antara lain adalah sebagai sumber serat yang tinggi. Serat yang tinggi ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan perut dan melancarkan buang air besar lho.

Tidak hanya itu, melon juga kaya akan kalori, asam folat, niasin, kalium yang baik untuk ibu hamil. Dengan mengonsumsi melon secara teratur dipercaya mampu meningkatkan metabolisme di dalam tubuh dan menjaga kesehatan jantung.

2. Strawberry

Buah yang satu ini cukup terkenal di kalangan anak-anak. Pasalnya buah ini memiliki bentuk yang unik dan lucu serta warna yang menarik. Sehingga tidak mengherankan jika buah yang satu ini banyak disenangi oleh anak-anak.

Strawberry cukup mudah ditemukan di daerah pegunungan. Sementara untuk daerah laut, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di supermarket. Buah yang satu ini selain memiliki rasa yang enak sedikit masam juga kaya akan kandungan gizi yang baik untuk tubuh Kita lho.

Kandungan gizi yang terdapat di dalam buah strawberry antara lain adalah sumber serat, vitamin C, asam folat, mangan dan kalium. Vitamin C yang terdapat di dalam strawberry dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sementara serat yang dimilikinya sangat bagus untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mampu mencegah terjadinya kanker usus. Buah ini sangat cocok dikonsumsi bagi Kamu yang sedang diet lho.

3. Mangga

Buah yang sering terdapat di dalam sop buah antara lain adalah mangga. Buah yang satu ini memiliki  rasa yang manis dengan dagingnya yang lembut. Buah ini cukup mudah ditemukan pada saat musim, jika tidak pada musim mangga cukup sulit ditemukan.

Buah yang satu ini selain memiliki rasa yang nikmat juga memiliki kandungan manfaat yang melimpah. Kandungan gizi yang terdapat di dalam daging buah mangga antara lain adalah vitamin A, vitamin C, sumber serat, vitamin B6 dan kalori yang baik untuk tubuh.

4. Nangka

Siapa sih yang tidak mengenal buah nangka? Buah yang memiliki warna kuning dengan kulit berduri ini cukup populer di Indonesia.buah ini memiliki rasa yang manis dengan aroma buah yang harum.

Kandungan gizi di dalam buah ini antara lain adalah sumber serat yang tinggi , vitamin C dan juga rendah natrium, ribovlafin,zat besi, kalsium, kalium, niamin dan seng. Manfaat buah nangka bagi kesehatan diantaranya adalah meningkatkan imunitas dan mampu membantu melawan kanker.

Selain itu, nangka juga dipercaya mampu mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular.kandungan vitamin B6 dan juga kalium dipercaya memiliki efek proteksi kardio dan menjaga kesehatan jantung serta mencegah terjadinya stroke.

5. Buah Kelapa

Siapa yang tidak mengenal buah yang satu ini? Buah yang kaya akan manfaat dari akar hingga daging buahnya ini menjadi salah satu buah yang paling banyak ditemui di Indonesia.

Buah kelapa yang masih muda sering kali dinikmati dan dicampurkan bersama buah lainnya dalam sop buah. Pasalnya daging buahnya lembut dan memiliki rasa khas yang nikmat.

Kandungan manfaat dalam buah kelapa antara lain adalah mengganti cairan tubuh yang telah hilang, menurunkan darah tinggi, membakar lemak di dalam perut dan juga mencegah batu ginjal.

Nah itulah berbagai macam buah yang sering terdapat di dalam sop buah. Dalam cara membuat sop buah untuk buka puasa, Kamu juga bisa menambahkan buah-buahan lain favorit Kamu. Pada hakikatnya setiap buah memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh serta menyehatkan.

Sehingga tidak mengherankan jika sop buah menjadi salah satu menu yang wajib ada saat berbuka puasa. Pasalnya selain memiliki rasa yang nikmat dan menyegarkan juga kaya kandungan gizi untuk memenuhi kebutuhan tubuh setelah seharian berpuasa.

Cara Membuat Sop Buah Untuk Buka Puasa

Setelah anda mengetahui kandungan gizi yang terdapat di dalam satu mangkuk sop buah, sekarang saatnya kita membuat sop buah untuk menu buka puasa nanti. Cara membuatnya cukup mudah kok. Siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu.

Bahan-bahan:

  • Potongan buah mangga
  • Buah strawberry yang sudah dipotong-potong
  • Buah melon yang sudah dipotong-potong
  • Buah nangka yang sudah dipotong-potong
  • Daging buah kelapa muda
  • Susu kental manis
  • Air secukupnya
  • Es batu.

Cara membuatnya:

1. Siapkan wadah, Ambil semua potongan buah dan masukkan ke dalam wadah

2. Masukkan air putih ke dalam wadah berisi buah-buahan segar yang menyehatkan

3. Masukkan susu kental manis sesuai dengan selera. Sebaiknya tidak terlalu manis karena sesuatu yang berlebihan tentunya kurang baik.

4. Aduk-aduk hingga tercampur rata.

5. Masukkan es. Dan tunggu waktu berbuka puasa tiba untuk menikmatinya.

Cara membuat sop buah untuk buka puasa mudah bukan? sudah memiliki rasa yang nikmat, menyehatkan lagi jadi tunggu apa lagi? Segera siapkan dan buat sekarang juga sembari menunggu waktu berbuka.

Tidak ada salahnya lho membantu ibu dengan membantu menyiapkan membuat sop buah. Selain waktu Kamu lebih asik dengan kegiatan yang  bermanfaat juga akan menambah pahalamu di bulan puasa. Selain membahagiakan diri sendiri juga membahagiakan seluruh anggota keluarga dengan sop buah istimewa.