Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

7 Minuman Sehat untuk Buka Puasa yang Direkomendasikan agar Mengembalikan Stamina Tubuh

Minuman sehat untuk buka puasa

image via https://dreamers.id

Minuman Sehat untuk Buka Puasa – Hanya tinggal menghitung hari saja, kita sudah akan memasuki bulan Ramadhan yang suci dan mulia.

Tentu, ada banyak hal yang dirindukan tentang bulan paling mulia bagi umat Islam yang satu ini. Selain pahala ibadah yang akan dilipatgandakan, tradisi yang ada di bulan Ramadhan selalu dirindukan oleh banyak orang.

Salah satu tradisi yang amat sangat berkesan ialah tradisi saat berbuka puasa. Ada berbagai macam makanan atau takjil yang disediakan untuk waktu berbuka. Nah, minuman segar juga tak luput dari perhatian setelah seharian menjalankan  ibadah puasa.

Daftar Minuman Sehat untuk Buka Puasa

Untuk membangkitkan stamina dan memenuhi cairan tubuh yang hilang selama berpuas, tentu Kamu butuh minuman sehat untuk buka puasa. Ada banyak daftar minuman sehat yang bisa Kamu minum pada saat berbuka puasa.

Tentu saja, beberapa daftar minuman yang ada di bawah ini tidak hanya menyehatkan namun juga menyegarkan. Nah, apa saja ya daftar minuman sehat untuk buka puasa yang direkomendasikan untuk Kamu agar tubuh kembali segar? Berikut pembahasannya.

1. Air Putih

Pastinya, air putih menjadi minuman wajib untuk membatalkan puasa saat waktu berbuka puasa tiba. Dengan meminum air putih ini akan membantu Kamu untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh yang hilang selama seharian puasa.

Air putih memang sangat ampuh untuk menghilangkan rasa haus. Meskipun air yang satu ini memiliki rasa yang hambar, akan tetapi ada banyak manfaat air putih bagi tubuh jika diminum saat berbuka puasa. Apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan? berikut ini pembahasannya.

  • Air putih baik untuk menjaga fungsi usus agar tetap normal
  • Air putih sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal
  • Air putih membuat kulit menjadi lebih sehat dan bercahaya
  • Air putih sangat baik untuk memberikan energi bagi otot
  • Air putih baik untuk membantu tubuh agar dapat bekerja dengan normal sebagaimana fungsinya.

2. Infused Water

Buat Kamu yang sedang menjalankan program penurunan berat badan mungkin sudah tidak asing lagi dengan jenis minuman yang satu ini. Ya, minuman segar tersebut ternyata masuk dalam daftar minuman sehat untuk buka puasa.

Manfaat dari infused water ternyata tidak hanya membantu merontokan lemak tubuh dengan cepat, namun juga bisa jadi pilihan yang tepat saat berbuka puasa. Nah, infuse water ini adalah minuman dengan bahan dasar air putih yang dicampur dengan potongan buah di dalamnya.

Minuman tersebut tentu saja memiliki nutrisi serta manfaat yang lebih jika dibandingkan dengan hanya mengkonsumsi air putih biasa. Agar minuman yang satu ini tetap segar saat dikonsumsi, Kamu bisa membuatnya pada saat malam hari atau pada saat sahur kemudian diminum saat waktu berbuka telah tiba.

Berbagai macam jenis buah-buahan seperti kiwi, strawberry, lemon dan yang lainnya bisa Kamu masukkan untuk membuat minuman tersebut menjadi lebih segar dan enak. Infused water ini akan membantu tubuh agar bisa terhidrasi dengan baik dan mengembalikan cairan tubuh setelah seharian penuh berpuasa.

3. Smoothies Buah

Pastinya tidak akan ada yang menolak untuk berbuka puasa dengan jenis minuman satu ini. Smoothies buah jadi pilihan yang tepat untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Hal ini karena di dalam smoothies buah terdapat banyak vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh.

Nah, agar rasanya semakin enak dan nikmat tambahkan yogurt dan susu rendah lemak. Kandungan vitamin D yang ada di dalamnya akan membuat tulang menjadi lebih sehat. Kebutuhan vitamin D ini tentu saja sangat penting untuk membuat tubuh Kamu tetap aktif selama berpuasa.

4. Jus Buah

Nah, untuk jenis minuman sehat untuk buka puasa yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi dan banyak dihidangkan saat menjelang buka puasa. Berbagai macam kandungan vitamin serta mineral yang terdapat di dalamnya sangat baik untuk mengembalikan stamina tubuh.

Bahkan berbagai nutrisi tersebut akan membantu tubuh untuk tetap sehat dan fit selama menjalani puasa. Ada berbagai macam pilihan buah yang bisa Kamu pilih untuk membuat sebuah jus buah yang enak dan segar seperti semangka, jambu, strawberry, melon, pisang dan masih banyak lagi yang lainnya.

Akan tetapi, satu hal yang perlu Kamu ingat dalam membuat jus buah ini adalah jangan tambahkan gula terlalu banyak ke dalam jus yang Kamu buat. Jika Kamu menambahkan terlalu banyak gula, hal tersebut justru akan membuat gula darah melonjak.

Alangkah baiknya jika Kamu menggunakan madu ataupun gula rendah kalori sebagai pemanisnya. Selain lebih enak, minuman yang satu ini juga akan lebih sehat.

5. Air Kelapa

Ada banyak jenis minuman sehat untuk buka puasa agar tubuh kembali segar dan berstamina. Dari beberapa minuman yang sudah dijelaskan di atas, air kelapa juga menjadi salah satu minuman yang tidak boleh Kamu lupakan. Sudah menjadi rahasia umum jika minuman yang satu ini memiliki sejuta manfaat bagi tubuh.

Air kelapa sangat baik untuk menghidrasi tubuh serta mengembalikan elektrolit tubuh yang hilang selama berpuasa seharian. Tentu saja, elektrolit dan mineral memiliki peranan yang sangat penting untuk mencegah dehidrasi dan menjaga keseimbangan cairan.

Di dalam air kelapa, terkandung beberapa mineral seperti magnesium, kalium, natrium mangan dan kalsium yang sangat dibutuhkan untuk tubuh. Tak hanya itu saja, bahkan di dalam air kelapa juga terkandung vitamin C serta serat yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

Berdasarkan kutipan dari The National AE, kalium menjadi salah satu mineral yang sangat penting pada saat berpuasa. Zat tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan berbagai macam fungsinya. Bahkan, kandungan kalsium tersebut juga akan membantu mengurangi resiko kram dan yang lain sebagainya.

6. Susu yang Dicampur dengan Buah Kurma

Pernahkah Kamu mengkonsumsi minuman satu ini saat berbuka puasa? Ternyata, susu yang dicampur dengan buah kurma memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Tak hanya itu, minuman sehat untuk buka puasa ini juga akan membantu tubuh untuk mendapatkan nutrisi yang mudah diserap.

Cara membuat minuman yang satu ini sangat mudah, Kamu hanya perlu memasukkan satu gelas gelas susu ke dalam blender dan tiga buah kurma yang sudah dibuang bijinya kemudian haluskan. Agar lebih segar, Kamu bisa menambahkan es batu ke dalamnya.

7. Olahan Yoghurt

Tahukah Kamu jika olahan yoghurt ternyata juga baik untuk membuat tubuh menjadi lebih fit setelah berpuasa. Rasa asam yang cukup kuat dari minuman satu ini akan menjaga kesehatan lambung dan usus.

Nah, buat Kamu yang tidak suka dengan rasa asamnya, Kamu bisa menambahkan beberapa buah manis ke dalamnya seperti buah naga, mangga, ataupun beberapa jenis berry. Tambahkan pula es batu agar rasanya lebih segar.

Ketujuh minuman sehat untuk buka puasa di atas pastinya menjadi pilihan terbaik buat Kamu yang ingin mengembalikan stamina tubuh setelah seharian  berpuasa. Selain menyehatkan, berbagai macam minuman tersebut juga enak dan menyegarkan.

Baca juga : Mimuman buka puasa yang menyegarkan ; Minuman khas nusantara yang manis dan istimewa.