Resep Sambal Geprek untuk Berbagai Hidangan

Sambal geprek merupakan salah satu jenis sambal yang paling hits di tahun 2019 ini. Banyak sekali berbagai varian olahan makanan yang dipadukan dengan sambal geprek.

Loading...

Berbagai jenis lauk yang dapat di geprek ini dapat menjadi salah satu alternatif makanan bagi Anda dirumah. Ingin tahu lebih lanjut? Simak cara membuat sambal geprek di bawah ini.

Resep sambel geprek

Resep Sambel untuk Geprek

https://temonggo.com/

Dalam pembuatan sambal geprek ini tentu saja cabe rawit menjadi bahan utama yang wajib ada karena primadona dari sambal geprek ini adalah tingkat kepedasannya yang semakin menambah kenikmatan.

Beberapa bahan pendampingnya dapat memberikan rasa gurih yang dapat meningkatkan selera makan.

Bahan pembuatan sambal geprek ini dapat ditemukan di berbagai tempat seperti pasar tradisional, pasar modern, maupun orang yang berjualan disekitar rumah dengan gerobak.

Sebelum membeli bahan tersebut, pastikan bahan yang Anda pilih memiliki kesegaran yang baik bagi tingkat kelezatan sambal geprek ini. Adapun bahan untuk membuat sambal geprek adalah :

  • 10 cabe rawit merah yang telah dibuang batangnya kemudian cuci hingga bersih dengan air yang mengalir. Potong masing-masing cabe rawit jadi dua bagian lalu letakkan pada sebuah baskom
  • 3 siung bawang putih yang telah dikupas dan dicuci bersih dengan air yang mengalir. Potong juga bawang putih ini hingga dua bagian kemudian letakkan di baskom yang sama dengan cabe rawit
  • Terasi dengan ukuran sebesar ujung ibu jari yang diletakkan pada wadah kecil. Anda dapat menggunakan terasi yang sudah digoreng atau dikukus. Namun untuk mendapatkan rasa yang sesuai dengan sambal geprek ini, pilihlah terasi yang sudah digoreng
  • 1 buah jeruk limau yang dapat menambah kesegaran sambal geprek yang akan Anda buat
  • 1 kaldu ayam bubuk yang bisa dibeli sashetan di berbagai warung di seluruh Indonesia
  • Garam dan gula secukupnya yang pasti ada dirumah Anda

Sambal Geprek untuk Berbagai Hidangan

Sambal geprek belum mantab jika tidak pedas. Ya, sambal geprek ini identik dengan rasa sedap dan pedas yang cocok dipadukan dengan berbagai lauk yang telah digoreng seperti ayam, tempe, tahu, lele, dan berbagai jenis lauk lainnya.

Terdapat beberapa orang yang juga membuat sambal geprek sebagai pendamping sayuran yang dapat digeprek seperti terong, brokoli, dan lain sebagainya.

  1. Ulek cabe rawit dan bawang putih yang telah dipotong menjadi dua, kemudian masukkan garam dan gula secukupnya hingga memudahkan Anda untuk menghaluskannya
  2. Masukkan kaldu ayam bubuk secukupnya kemudian ulek lagi hingga halus dan tercampur hingga merata. Kemudian rasakan sambel yang telah Anda buat, biasanya sambal geprek ini identik dengan rasa asin
  3. Setelah itu, panaskan minyak goreng sedikit saja, setelah mendidih, masukkan ke dalam sambal yang telah diulek kemudian ulek lagi hingga minyak merata ke seluruh bagian sambal geprek
  4. Setelah itu, masukkan perasan jeruk limau ke dalam sambal geprek agar lebih segar
  5. Sambal geprek siap dihidangkan dan disantap bersama-sama

Cara membuat sambal geprek di atas sangat mudah bukan?

Pastinya semua orang yang mengikuti langkah pembuatan sambal di atas bisa menghasilkan sambal geprek yang enak dan dapat menjadi pelengkap lauk yang telah Anda sediakan dirumah.

Baca juga: Cara membuat sambal ayam geprek paling enak

Sambal geprek ini terkenal dengan menu yang kekinian saat ini yaitu ayam geprek yang dapat divariasikan sesuai selera. Selamat mencoba!