2 Resep Sop Ayam Andalan Keluarga di Rumah yang Bergizi, Enak dan Sederhana

Resep sop ayam merupakan salah satu resep  yang menjadi andalan Ibu di rumah.  Pasalnya menu masakan yang satu ini memiliki cita rasa yang tinggi.

Loading...

Apalagi jika diracik dengan bumbu piluhan yang pas dan dimasak secara sempurna, tentunya akan menghasilkan cita rasa yang istimewa untuk keluarga di rumah.

Sop ayam ini cukup banyak dicintai oleh seluruh anggota keluarga. Selain memiliki rasa enak, gurih dan menyegarkan, sop ayam juga kaya akan kandungan gizi yang menyehatkan.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika menjelaskan bahwa  kandungan rempah dan asam amino pada sop ayam dipercaya dapat bermanfaat bagi penderita saluran pernafasan dan bronchitis.

Tidak hanya itu, sop ayam juga dipercaya mampu meringankan gejala flu seperti bersin-bersin, demam dan hidung tersumbat. S

op ayam akan sangat nikmat apabila disajikan dalam kondisi hangat. Nah, yuk intip aneka resep sop ayam berikut ini yang bisa Kamu coba di rumah. Check this out!

1. Resep Sop Ayam Bening Sederhana

Sop Ayam Bening Sederhana

image via www.resepdapuribu.com

Dari namanya mungkin terdengar kurang menarik. Akan tetapi, jika ditelisik lebih jauh, ternyata rasa sop ayam bening sederhana ini sangat gurih, enak dan menyegarkan,

sehingga cukup banyak orang yang mengaku sebagai penggemarnya. Apalagi jika disantap selagi masih hangat, tentunya akan menggugah selera.

Untuk menghasilkan rasa sop ayam bening sederhana yang luar biasa, Kamu bisa memilih jenis ayam kampung yang lebih nikmat.

Namun, jika tidak ada gunakan ayam apa saja asalkan diracik dengan aneka bumbu dan rempah yang pas juga akan menghasilkan cita rasa yang juara.

Penasaran seperti apa resep sop ayam bening sederhana ini? Yuk simak penjelasannya berikut ini!

Bahan-Bahan

  • Ayam kampung ukuran sedang agak besar kurang lebih sebanyak 1/2 ekor saja.
  • Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 pcs.
  • Bawang merah ukuran sedang besar secukupnya atau kurang lebih sebanyak 2 pcs.
  • Kaldu bubuk instan secukupnya sesuai selera masing masing.
  • Lada halus secukupnya sesuai selera.
  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  • Gula pasir secukupnya sesuai selera kalau suka.
  • Air bersih secukupnya sesuai kebutuhan atau kurang lebih sebanyak 2500 ml.
  • Kentang kalau pakai yang sudah dipotong kurang lebih sebanyak 1 sampai 2 pcs.
  • Kol secukupnya yang sudah dipotong sesuai kebutuhan.
  • Daun bawang kalau suka secukupnya atau kurang lebih 1 batang saja.
  • Wortel kurang lebih sebanyak 1 sampai 2 pcs.

Cara Membuat Sop Ayam Bening Sederhana

  1. Siapkan bumbu halus terlebih dahulu. Uleg bawang putih dan juga bawang merah hingga halus. Kemudian sisihkan.
  2. Siapkan panci, masukkan air bersih ke dalamnya dan masak. Sebaiknya gunakan nyala api yang kecil saja. Masukkan potongan daging ayam yang sudah dibersihkan ke dalamnya.
  3. Rebus ayam sampai matang dan mengeluarkan kaldu.
  4. Sembari menunggu ayamnya matang, Kamu bisa tumis bumbu terlebih dahulu. tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi hingga tercium harum aromanya. Kemudian masukkan bumbu yang sudah ditumis ke dalam panci berisi rebusan ayam. Kemudian aduk-aduk agar bumbu tercampur merata.
  5. Masukkan  sayuran lainnya seperti seledri, kentang dan wortel.
  6. Tambahkan garam, gula pasir, lada dan kaldu ayam bubuk secukupnya sesuai dengan selera.
  7. Aduk-aduk agar semua tercampur rata dan cek rasa. Apabila rasanya sudah pas, tunggu hingga matang dan matikan kompor.

Sop ayam bening sederhana siap disajikan Kamu bisa menyajikannya di atas mangkuk  dan ditaburi bawang goreng diatasnya. Aromanya sangat menggoda. Apalagi jika dihidangkan selagi masih panas. Selamat mencoba!

2. Resep Sop Ayam Pak Min

Sop Ayam Pak Min

image via tribunnews.com

Salah satu kedai yang menjual sop ayam yang sangat terkenal di seluruh penjuru daerah di Indonesia adalah kedai sop ayam Pak Min.

Kelezatan sup yang berpadu kaldu ayam membuat resep ala Pak Min ini disukai oleh para penggemarnya. Rasanya yang ringan dan tidak bikin eneg serta menyegarkan membuat kedai Pak Min tidak pernah sepi pembeli.

Namun, jika Kamu cukup jauh dari kedai sop Ayam Pak Min dan ingin mencoba sop ayamnya, Kamu tidak usah sedih. Kamu bisa memasak resep sop ayam pak min di rumah sendiri.

Meskipun beda tangan beda rasa akan tetapi setidaknya sop ayam buatan Kamu tidak kalah dengan sop ayam Pak min yang asli. Daripada penasaran, yuk intip resepnya sekarang!

Bahan-Bahan

  • ayam segar yang sudah dicuci bersih dan dipotong potong sesuai selera kurang lebih 1/2 ekor ukuran sedang.
  • Kaldu rasa ayam instan secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.
  • Jahe ukuran sedang yang sudah dimemarkan sebelumnya kurang lebih sepanjang 3 ruas jari dewasa.
  • Bawang putih ukuran sedang besar yang sudah dimemarkan kurang lebih sebanyak 5 pcs.
  • Daun jeruk secukupnya atau kurang lebih sebanyak 5 pcs.
  • Merica halus secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok makan.
  • Kayu manis supaya aromanya lebih sedap kurang lebih sepanjang 2 cm saja.
  • Garam dapur beryodium dan gula pasir secukupnya sesuai selera.
  • Sayuran seperti wortel, kol, seledri dan lainnya secukupnya sesuai kebutuhan
  • Serai diambil batangnya kurang lebih sebanyak 2 pcs.
  • Daun salam kurang lebih sebanyak 3 pcs.

Cara Membuatnya

  1. Siapkan panci terlebih dahulu, masukkan air secukupnya dan masukkan potongan ayam yang sudah dibersihkan tadi. Masak ayam tersebut hingga empuk dan mengeluarkan air kaldu. Kemudian angkat. Dan sisihkan.
  2. Siapkan wajan. Beri sedikit minyak dan tumis bawang putih yang sudah dihaluskan tadi, aduk-aduk hingga wangi. Pastikan tidak gosong.
  3. Tambahkan daun serai, daun salam, daun jeruk dan jahe yang sudah dimemarkan ke dalamnya. Jangan lupa tambahkan lada. Aduk-aduk hingga tercampur rata.
  4. Setelah tercium harum, masukkan air bekas rebusan ayam tadi secukupnya bersama dengan brokoli, wortel dan sayuran lainnya.
  5. Aduk-aduk sebentar tunggu sampai kuahnya mendidih.
  6. Masukkan kayu manis dan potongan ayam tadi kemudian aduk-aduk kembali. Tunggu hingga mendidih lagi dan daging ayam matang sempurna.
  7. Masukkan kaldu ayam instan agar rasa lebih nikmat bersama garam dan gula pasir. Cek rasa. Pastikan rasanya pas sesuai dengan selera.
  8. Aduk-aduk sebentar dan angkat ketika semua bahan sudah matang.

Sop ayam Pak Min ala rumahan siap dihidangkan. Bagaimana menurut Kamu? Resep sop ayam Pak min mudah bukan? rasanya juga tidak kalah nikmat dengan sop ayam pak Min Aslinya.

Bahkan Kamu bisa menjadi  pelaku usaha yang sama seperti Pak Min.

Demikian aneka resep sop ayam yang bisa Kamu coba di rumah. Sop ayam ini salah satu jenis hidangan berkuah sederhana yang kaya akan kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Selain sop ayam, hidangan berkuah lain yang tak kalah nikmat adalah soto ayam. Cara memasak soto ayam bisa kamu baca resep soto ayam. Selamat mencoba dan rasakan sendiri kenikmatan di setiap santapannya ya!

Baca juga : Menu buka puasa berkuah