Kumpulan Ucapan Belasungkawa yang Hangat dan Menenangkan

Ucapan Belasungkawa

image via canva.com/goodminds.id

Pada umumnya, ucapan belasungkawa diberikan pada seseorang yang sedang mengalami musibah atau sedang kehilangan sanak keluarga yang dicintai.

Loading...

Ucapan ini bisa diartikan sebagai bentuk empati dan aksi sosial kepada sesama manusia. Dengan ucapan belasungkawa tersebut, kita bisa memberikan dukungan dan perhatian pada rekan atau teman yang bersedih.

Dalam kaidah bahasa, belasungkawa berarti menyatakan turut berduka kepada seseorang atas apa yang dialaminya. Untuk memberikan dukungan ini, ada cukup banyak ide ucapan belasungkawa yang bisa Kamu berikan kepadanya.

Ucapan itu akan berfungsi tak hanya sebagai kata-kata, namun juga akan menjadi penghangat dan penawar kesedihan.

Saat mendengar kabar duka dan juga mendapat ujian musibah, dalam islam kita dianjurkan untuk mengucapkan “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun.”

Ucapan Belasungkawa yang Menenangkan

Sebagaimana disebutkan di awal bahwa ucapan belasungkawa adalah salah satu bentuk dukungan pada rekan atau teman yang sedang dirundung kesedihan.

Ucapan itu akan menjadi tanda bahwa ia tidak sendiri dan banyak orang yang peduli dengannya di sekitarnya.

Nah, buat Kamu yang sedang mencari inspirasi tentang ucapan belasungkawa yang tepat untuk diberikan, Kamu berada di tempat yang tepat.

Pada kesempatan ini akan diberikan cukup banyak kumpulan ucapan belasungkawa yang bisa Kamu dapatkan di bawah ini.

1. Turut Berduka

Tidak ada kata yang tepat selain turut berduka. Aku turut berduka atas apa yang menimpamu. Pahami bahwa semua ini adalah sebuah cobaan. Tidak ada cobaan yang diberikan kecuali di atas kemampuan hamba-Nya. Dan cobaan adalah bukti bahwa Allah masih memperhatikan dirimu.

Tetaplah bersabar. Hadapi cobaan ini dengan positif dan rasa sabar. Semoga cobaan yang kau alami lekas berakhir dan berganti dengan hari yang lebih baik.

2. Menerima Dengan Sabar

Air mata yang menetes, memang penuh dengan emosi dan kehilangan. Namun, kau tak harus berlarut. Air mata tidak akan mengubah apa yang telah terjadi. Kesedihan ini adalah bagian dari hidup yang harus kau jalani dan terima.

Berdoalah untuk kebaikan dirinya. Berusahalah agar dirimu bisa ikhlas dan tabah. Terimalah setiap ketentuan dari Tuhan dengan sabar. Itulah cara yang bisa dilakukan agar tidak terjerembab dalam kesedihan yang teramat dalam.

3. Segala yang Bernyawa Akan Kembali

Aku turut berduka atas kehilangan yang Kamu rasakan. Ini adalah bagian hidup yang tak mungkin terelakkan. Kematian adalah suatu kepastian. Setiap dari mereka yang hidup, maka akan mati. Kita yang masih diberikan kesempatan menghirup udara harus memanfaatkannya dengan berbuat baik sebelum nanti kembali.

4. Semoga Diberikan Ketabahan

Turut berduka atas kepulangan saudaramu. Ini adalah bagian dari jalan kehidupan yang sudah ditetapkan oleh Pencipta. Kematian adalah pasangan dari kehidupan. Kehilangan adalah hal yang tak bisa dihindari dari memiliki. Semoga Kamu senantiasa diberikan ketabahan untuk menghadapi ini semua. Jangan bersedih, kawan.

5. Mendapatkan Tempat Terbaik

Kabar itu membuat pagi hari-ku menjadi bergemuruh. Aku tak menyangka bahwa sahabatku berpulang secepat ini. Aku merasa bahwa baru kemarin saja kita bertemu dan berbincang tentang beberapa hal yang baru.

Selamat jalan sahabat, ku titip doa terpanjat kepadamu. Semoga dirimu mendapatkan tempat layak dan terbaik di sisi-Nya.

6. Semoga Memberikan Pelajaran

Kehilangan adalah hal yang menyedihkan, terutama kehilangan orang yang dicintai. Namun, kematian adalah hal yang pasti yang akan memberikanmu pelajaran mengenai arti kehilangan. Semoga Kamu tidak terlalu lama bersedih dan menyadari bahwa apa yang dimiliki suatu saat nanti akan kembali.

Tidak perlu sedih, kawanku. Tuhan menjanjikan tempat terbaik untuk saudaramu. Ia akan tersenyum melihat dirimu yang selalu memanjatkan doa. Dan ia akan ikut sedih jika melihat dirimu terus menangis dan berlinang air mata.

7. Cobaan yang Berat

Kehilangan memang merupakan cobaan yang berat. Ya, kau akan menatap hari yang berbeda tanpa kehadiran bunda di samping dirimu.

Namun, cobaan ini adalah jalan untuk meningkatkan kualitas dirimu. Ingatlah, tidak ada cobaan yang diberikan melainkan ada solusinya.

Bahkan, tidak ada cobaan yang diberikan melampaui kemampuan hamba. Teruslah tegar, sahabat. Cobaan ini akan membawamu menjadi seseorang yang semakin sabar dan dewasa. Semoga ketenangan segera bisa kau rasakan.

8. Ikhlas Dalam Menghadapi

Setiap yang bernyawa pasti akan mati. Ini adalah ketetapan yang tidak bisa dicela sedikitpun. Berat namun kau harus menghadapinya.

Teruslah tegar, kawan. Harimu masih panjang. Kehilangan-mu hari ini tidak akan membuatmu jatuh. Justru, Kamu akan menjadi kuat karena perjuangan akan semakin besar.

Doa ku padamu, semoga kau senantiasa ikhlas dalam menerima cobaan yang diberikan. Dengan keikhlasan, maka akan ada ketenangan di balik badai yang kini menerpa.

9. Hidup Tidak Selamanya

Kematian adalah sebuah tanda bahwa kehidupan di dunia ini sebenarnya adalah fana. Hidup yang kekal ada di alam yang berbeda. Bercerminlah atas apa yang Kamu alami hari ini. Kamu memang boleh bersedih, namun jangan berlarut.

Setelah kesedihan ini akan ada matahari baru yang membuka harimu. Dan Kamu harus menyambutnya dengan energi yang baru pula. Hidup tak selamanya. Kesedihan pun juga akan berakhir dan berganti dengan rona yang lebih bahagia. Semoga dirimu senantiasa tabah, kawan.

10. Pelajaran dari Tuhan

Aku turut berduka atas kehilangan yang Kamu alami. Kamu memang boleh bersedih. Tetapi, ingatlah kawan bahwa kematian adalah pelajaran dari Tuhan. Setiap orang sudah memiliki garis masing-masing. Belajarlah dari kehilangan ini di mana kita harus selalu berusaha mendekatkan diri pada-Nya.

Nah, beberapa poin di atas adalah kumpulan ucapan belasungkawa yang bisa Kamu berikan kepada teman, rekan atau sesama.

Dengan ucapan tadi, maka kita akan berbagi perasaan pada teman di mana nantinya ia akan menjadi lebih kuat. Semoga bermanfaat.