10 Jenis Pohon Bonsai Langka dan Berharga Mahal

Bagi sebagian orang, mengoleksi tanaman hias seringkali dijadikan sebagai salah satu hobi. Bahkan mereka rela mengeluarkan budget yang banyak hanya untuk membeli satu pot tanaman hias. Salah satu tanaman hias yang cukup fenomenal dan memiliki banyak penggemar adalah bonsai.

Loading...

Tanaman ini sangatlah unik dan bisa dikatakan mini. Nah, tanaman bonsai juga memiliki beberapa jenis lho.

Jenis ini juga menentukan harganya dari yang murah hingga bonsai yang termahal. Tentunya untuk bonsai yang memiliki harga mahal adalah bonsai yang langka.

Nah, bagi Kamu yang penasaran dengan jenis pohon bonsai langka dan termahal, Kamu bisa mendapatkan informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Bonsai Asam Londo

Asam Londo

https://mommyasia.id

Salah satu tanaman bonsai yang langka dan mahal adalah asam londo. Jenis tanaman bonsai ini berasal dari daratan Amerika tropis. Ciri-ciri yang dimiliki oleh tanaman bonsai ini adalah batangnya yang besar, kokoh serta memiliki warna daun yang lebih tua.

Jenis tanaman bonsai ini juga cukup langka, sebab proses pengerdilan yang dilakukan cukup sulit. Selain itu, pohon ini juga didatangkan langsung dari daratan Amerika Tropis.

Baca juga : Jenis bunga matahari

2. Bonsai Asam Jawa

Asam Jawa

https://shopee.co.id

Pohon asam jawa biasanya dijadikan sebagai salah satu pohon untuk peneduh karena teksturnya yang rindang. Namun, saat ini banyak orang yang mulai menjadikan asam jawa sebagai pohon bonsai.

Ketika pohon asam jawa dibonsaikan, maka akan muncul beberapa perbedaan yang cukup mencolok dari bentuk pohon aslinya.

Diantara perbedaannya adalah seperti ukurannya yang menjadi sangat mini, daunnya juga lebih kecil serta warna daunnya menjadi hijau muda.

Uniknya lagi, ketika hari sudah gelap, maka daun bonsai ini akan tidur. Tanaman ini juga akan jarang berbuah, selain itu, dengan bentuk batang yang terkesan tua dan terbelah-belah menjadikan pohon bonsai ini sangat cocok ditanam pada dataran rendah.

Baca juga : Jenis bunga anggrek

3. Bonsai Bougenville

Bonsai Bougenville

https://idea.grid.id/

Bougenville aatau kerap dinamai bunga kertas, adalah sebuah jenis tanaman bergenus Bougainvillea.

Spesies yang banyak ditanam di Indonesia adalah Bougainvillea glabra. Biasanya warna bunga yang dihasilkan tanaman ini adalah berwarna pink keunguan.

Bougenville sangat bagus untuk mempercantik rumahmu, terlebih lagi jika Bougenville dijadikan bonsai dan dipasang sebagai hiasan.

Bougenville memiliki bunga ungu indah yang tipis, namun lebat. Membuat taman di halaman rumah tampak lebih hidup dan atraktif.

Bonsai bougenville bisa berusia cukup lama, bisa sampai puluhan tahun. Semakin tua usia pohon bonsainya, semakin mahal pula harganya.

4. Azalea

Azalea

https://events.umich.edu

Bonsai azalea merupakan bonsai yang berasal dari tanaman perdu yang berada di Jepang dan Cina. Jenis pohon ini biasanya tumbuh di dataran tinggi dan lembab. Oleh sebab itu, banyak sekali tempat yang cocok sebagai lokasi tanaman ini untuk tumbuh.

Nah, ketika tanaman ini sudah dibonsaikan, ternyata mampu menghasilkan sebuah pohon bonsai yang sangat cantik dan indah.

Dengan warna bunga merah ungu menjadikan pohon bonsai ini terlihat sangat elegan. Pantas saja jika azalea termasuk dalam salah satu jenis pohon bonsai langka dan harganya cukup mahal.

5. Bonsai Beringin Kimeng

Beringin

https://www.casaindonesia.com

Salah satu pohon yang banyak dijumpai di Indonesia adalah pohon beringin. Pohon yang sangat kuat dan rindang ini bisa ditemukan baik dari Sabang sampai Merauke. Bahkan saking banyaknya, pohon ini juga masuk dalam salah satu lambang Pancasila.

Pohon ini dijadikan sebagai lambang kekuatan karena bentuknya yang sangat kokoh dan rindang. Tahukah Kamu jika pohon beringin saat ini mulai dibonsaikan.

Kamu bisa bayangkan sebuah pohon yang kokoh, besar dan rindang berubah menjadi pohon yang kecil dan kerdil.

Meskipun demikian, hal inilah yang justru menjadikan pohon bonsai beringin ini tampak sangat indah dan jauh dari kesan seram pohon beringin pada umumnya.

Salah satu ciri khusus yang dimiliki oleh bonsai beringin adalah daunnya yang berwarna hijau mengkilap serta bagian batangnya yang memiliki akar selur. Hal inilah yang menjadikan bonsai ini cukup mahal dan langka.

Baca juga : Ikan Koi Termahal dan Tercantik di Dunia

6. Cemara Udang

Cemara Udang

https://nusabudidaya.com

Pohon bonsai mahal selanjutnya adalah cemara udang. Jenis bonsai ini memiliki beberapa keunggulan yaitu tidak mudah terserang hama, kekeringan serta penyakit. hal inilah yang menjadikan bonsai ini tidak mudah mati dan bisa bertahan lama.

Bonsai ini juga memiliki batang dengan alur batang yang sangat indah. Memiliki daun yang berwarna hijau dengan ukuran yang kecil dan tipis semakin menambah keindahan dari bonsai ini.

Bahkan, bonsai ini juga didukung dengan bonggol yang berlekuk-lekuk dan ukiran batang yang menjadikan bonsai ini terlihat semakin menarik dan eksotis.

Karena keunikan yang dimiliki oleh bonsai inilah yang menjadikan tanaman ini sangat mahal. Bahkan semakin lama usia yang dimiliki oleh bonsai ini membuat harganya juga akan semakin meningkat. Apakah Kamu tertarik untuk memiliki bonsai ini?

7. Bonsai Serut

Bonsai Serut

http://tamanbonsai.com

Jenis bonsai ini biasanya dijual dengan harga 2 sampai 6 juta rupiah untuk satu pohonnya. Bahkan harga dari bonsai ini juga bisa melambung dan mencapai puluhan juta.

Ini karena, bonsai ini memiliki beberapa keunikan yang dimiliki seperti batangnya yang berwarna putih serta memiliki tekstur yang keras.

Pada bagian daunnya juga memiliki ukuran yang kecil dengan warna hijau yang menjadikannya tampak rindang dan segar. Bonsai ini juga memiliki bunga dan buah, hanya saja buahnya yang kecil membuatnya tidak terlihat.

Bahkan ada pula bonsai serut yang bisa tumbuh dalam usia hingga ratusan tahun. Nah, semakin banyak usia bonsai, maka akan semakin mahal pula harganya.

8. Bonsai Kelapa

Bonsai Kelapa

https://www.dekoruma.com

Jenis pohon bonsai langka dan termahal selanjutnya adalah bonsai kelapa. Tanaman kelapa yang seharusnya bisa tumbuh tinggi bisa dibonsaikan menjadi tanaman yang kecil dan imut.

Bonsai ini juga memiliki harga yang mahal, sebab tidak semua pohon kelapa bisa dibonsaikan. Bahkan, dalam proses pembuatannya juga tidak sembarangan, sebab harus memperhatikan teknik agar bonsai yang tumbuh tetap terlihat cantik.

Bahkan ada pula pohon bonsai kelapa yang memiliki usia hingga 800 tahun. Kamu bisa menemukan jenis pohon ini di Jepang milik Kobayasi. Bonsai ini juga pernah ditawar oleh perdana menteri jepang sebanyak 4 kali dengan harga 90.000 US Dollar.

Bayangkan, hanya untuk tanaman bonsai saja memiliki harga yang sangat fantastis. Bahkan karena saking fantastinya harga yang diberikan untuk bonsai ini menjadikan bonsai kelapa ini sebagai pohon bonsai termahal yang ada di dunia.

9. Bonsai Goshin

Bonsai Goshin

https://commons.wikimedia.org

Nama bonsai ini memiliki arti “pelindung semangat” yang dibuat oleh John Y. Naka. Pada saat pertama kali membuat bonsai ini, John Y. Naka belajar dengan mengikuti sebuah pelatihan membuat bonsai pada tahun 1948. Hingga kini, nama bonsai yang satu ini sering dipamerkan di National Arboretum, Amerika Serikat.

10. Pinus Silvertis

Pinus Silvertis

https://www.google.com

Bonsai yang satu ini sangatlah indah karena memiliki karakter seni yang realistis dan juga menonjol untuk ukuran bonsai. Bonsai ini milik Stefano Frisoni yang pada awalnya dia membelinya sebagai koleksi di rumah saja.

Namun, kini bonsai ini sangat terkenal karena perawatan dan membuatnya terlihat seperti awan langit. Hal inilah yang menjadikan bonsai ini menjadi salah satu bonsai termahal di dunia.

Setelah Kamu melihat Jenis pohon bonsai langka dan termahal di atas, tentunya Kamu dibuat geleng-geleng kepala. Hanya sebuah pohon yang dikerdilkan saja memiliki harga yang sangat fantastis.

Ya, begitulah jika orang sudah suka dan menjadikan bonsai sebagai salah satu hobi. Mereka akan mengeluarkan biaya berapapun untuk memiliki bonsai tersebut.

Tahukah Kamu jika biaya perawatan bonsai juga cukup mahal. Tentunya hal ini juga sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Semoga dengan informasi bonsai di atas bisa menambah wawasan Kamu tentang tanaman hias bonsai. Jadi saat mengetahui ada bonsai mahal, Kamu tidak perlu dibuatnya heran.