Kamu Harus Tahu! Cara Membuat Ayam Penyet Enak dan Gurih Ini Wajib Dicoba

Bicara soal kuliner Indonesia tentunya tidak akan ada habisnya. Ada banyak sekali menu masakan yang enak dari Indonesia dan mudah untuk dibuat. Salah satunya dan yang sedang booming akhir-akhir ini adalah ayam penyet.

Loading...

Makanan yang satu ini tentunya sudah biasa Kamu cicipi terutama di warung-warung makan. Jika Kamu memerlukan uang 15-20 ribu untuk membeli satu porsi ayam penyet, tidak ada salahnya jika Kamu membuatnya sendiri di rumah.

Dengan membuat ayam penyet sendiri di rumah, tidak hanya Kamu saja yang bisa makan, namun seluruh anggota keluarga juga bisa mencicipinya.

Untuk Kamu yang bingung bagaimana cara membuat ayam penyet, ternyata cara membuatnya mudah banget.

Bahan yang dibutuhkan juga tidak sulit untuk dicari. Selain itu, cara membuatnya juga sangat sederhana namun memiliki cita rasa yang tiada duanya.

Sebenarnya, untuk membuat ayam penyet hal-hal yang harus diperhatikan hampir sama seperti saat Kamu memasak ayam di rumah. ada berbagai bumbu dan rempah-rempah khas yang digunakan sehingga rasa dari si ayam ini akan keluar.

Apalagi salah satu ciri khas dari ayam penyet adalah rasa ayamnya yang gurih, pedas dan lezat. Hal inilah yang membuat ayam ini sangat populer. Sebenarnya, dari mana di asal ayam penyet itu?

Perlu Anda tahu, ayam penyet merupakan salah satu makanan yang berasal dari Surabaya. Di Surabaya, penyetan tidak hanya berasal dari ayam saja, namun ada lele penyet, bebek penyet, tempe penyet, tahu penyet, dan masih banyak lainnya.

Asal mula nama ayam penyet juga berasal dari kata penyet yang berarti gepeng atau tipis. Sesuai dengan namanya, ayam ini disajikan dengan cara ditekan dengan menggunakan ulegan sehingga hasilnya menjadi pipih atau gepeng.

Setelah itu, ayam penyet ini akan disajikan dengan menggunakan lalapan dan sambal ayam penyet. Nah, untuk menghasilkan cita rasa yang khas, tentunya Kamu membutuhkan rahasia cara membuat ayam penyet yang enak. Mau tahu apa rahasia tersebut? Berikut ini kita akan mengupas rahasia resep ayam penyet yang enak dan gurih.

Cara Membuat Ayam Penyetan yang Enak dan Gurih

Cara dan Resep Membuat Ayam Penyetan yang Enak dan Gurih

image via fimela.com

Untuk membuat ayam penyet yang enak dan gurih, Kamu harus menyediakan bahan-bahan yang akan digunakan untuk memasak. Bahan-bahan tersebutlah yang akan menghasilkan cita rasa yang nikmat pada ayam.

Salah satu bahan utama yang Kamu perlukan adalah ayam karena Kamu akan membuat ayam penyet. Sudah tidak sabar bagaimana cara membuat ayam penyet? Simak selengkapnya di bawah ini.

Bahan:

  • 1 ekor ayam dengan ukuran sedang, potong menjadi 4 hingga 6 bagian, cuci bersih lalu tiriskan
  • 1 lembar daun salam
  • 2 cm jahe jika kurang tambahkan secukupnya
  • 3 cm lengkuas, memarkan dan sisihkan
  • Air bersih secukupnya
  • Minyak goreng untuk menggoreng secukupnya.

Bumbu yang dihaluskan:

  • 1 cm kunyit kupas kulitnya
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 4 siung bawang putih
  • Garam secukupnya kalau bisa yang beriodium.

Langkah membuat ayam penyet yang enak dan gurih:

  1. Untuk membuat ayam penyet, langkah pertama yang harus adalah lakukan adalah dengan membuat bumbu ayam penyet terlebih dahulu. Adapun caranya adalah Kamu harus menghaluskan bawang putih, kunyit, ketumbar dan juga garam. Agar menghasilkan rasa yang pas, ada baiknya haluskan secara manual dengan cara diuleg.
  2. Setelah itu, siapkan panci atau wajan yang berisikan air bersih secukupnya, kemudian masukkan bumbu yang sudah dihaluskan dan juga daging ayam yang sudah dipotong dan dicuci bersih.
  3. Masaklah ayam penyet dengan menggunakan api yang sedang sambil diaduk hingga dagingnya empuk dan bumbunya meresap dengan sempurna.
  4. Tutup panci dengan menggunakan tutup yang bersih. Apabila kekurangan air sedangkan ayam belum empuk, Kamu bisa tambahkan sedikit air lalu tambahkan kaldu ayam sesuai dengan selera.
  5. Masak hingga ayam penyet benar-benar matang, jika sudah matikan kompor lalu diamkan ayam hingga agak dingin.
  6. Sembari menunggu ayam dingin, siapkan wajan untuk menggoreng ayam. Tuangkan minyak secukupnya dengan syarat dapat merendam seluruh permukaan daging saat digoreng. Tunggulah ayam hingga benar-benar mendidih.
  7. Jika minyak sudah mendidih, masukkan ayam ke dalam wajan dan goreng hingga warnanya berubah menjadi kuning kecokelatan.
  8. Jika sudah makan, jangan lupa untuk diangkat dan ditiriskan agar tidak ada sisa-sisa minyak yang tertinggal pada ayam.

Bagaimana? Bukankah cukup mudah untuk membuat ayam penyet? Nah, cara membuat ayam penyet belum selesai sampai di sini.

Agar rasanya lebih pas, Kamu juga membutuhkan sambal penyet. Adapun untuk membuat sambal penyet, cara yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.

Resep Sambal Penyetan

image via fimela.com

Bahan:

  • Jika Kamu doyan pedas, maka siapkan 7-10 buah cabai merah keriting atau setan, kemudian buang tangkainya lalu cuci bersih
  • 6-9 buah cabai keriting, buang tangkainya lalu cuci bersih
  • 2 buah daun jeruk purut untuk menghasilkan aroma yang segar pada sambal penyet
  • ½ sendok teh kecil gula merah yang sudah disisir halus
  • ½ sendok teh terasi bakar
  • Gula pasir dan garam dapur secukupnya
  • 2 tangkai daun kemangi secukupnya untuk menambah aroma pada sambal penyet.

Cara membuat sambal penyet yang enak dan nendang:

  1. Langkah pertama yang harus Kamu lakukan untuk membuat sambal penyet yang enak dan nendang adalah dengan menghaluskan semua bahan di atas kecuali kemangi dengan menggunakan ulegan manual. Berilah garam secukupnya.
  2. Masukkan daun kemangi lalu uleg kasar bersamaan dengan sambal.
  3. Masukkan ayam yang sudah digoreng tadi ke dalam cobek yang berisi sambal, kemudian tekan-tekankan ulegan pada atas ayam hingga sambal dan dagingnya menempel. Perhatikan pula bahwa ayam dalam keadaan yang sudah penyet atau gepeng.
  4. Sajikan ayam dengan menggunakan nasi hangat dan lalapan segar.

Ayam penyet ini akan terasa lebih nikmat apabila dapat disantap bersama dengan keluarga. Menu makanan ini juga dapat disajikan baik itu untuk sarapan, makan siang, makan malam ataupun saat ada acara keluarga di rumah.

Nah, jika Kamu berencana membuat ayam penyet ini dengan jumlah yang lebih banyak. Gunakan saja takaran di atas sesuai dengan kelipatannya. Jadi, jika Kamu ingin membuat dua ekor ayam, maka bumbunya tinggal dikalikan dua dan seterusnya.

Dengan demikian, Kamu akan mendapatkan ayam dengan rasa yang sama, kelezatan yang sama dan tingkat kegurihan yang sama. Resep ayam penyet ini juga dapat disajikan menu jika Kamu ingin membuat usaha warung makan lho.

Bagaimana? Bukankah resep ayam penyet ini sangat bermanfaat dan bikin Kamu ngiler ingin mencicipinya? Yuk tunggu apa lagi, segera bikin dan rasakan sendiri nikmatnya ayam penyet buatan sendiri di rumah.

dijamin deh, Kamu bakal ketagihan dan ingin membuat ayam ini terus menerus. Tenang untuk cara membuat ayam penyet di atas sudah sesuai dengan petunjuk kok, jadi dijamin rasanya bakal enak banget dan sesuai dengan selera lidah Kamu.

Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba.