Istimewa! Cara Membuat Sate Kambing Bumbu Kacang Spesial Hari Raya Idul Adha

Momen-momen saat Idul Adha atau idhul qurban biasanya dimanfaatkan untuk berkumpul dan bersendau gurau bersama teman maupun keluarga.

Loading...

Dalam momentum seperti ini, biasanya juga dimanfaatkan untuk bersilaturahmi dan saling mempererat tali persaudaraan. Saat momen berkumpul bersama biasanya hal yang wajib dibahas adalah acara khas idhul adha yaitu “nyate-nyate”.

Di setiap daerah di Indonesia pasti memiliki tradisi khas atau makanan khas saat idul adha. Bermacam-macam olahan daging qurban menghiasi meja makan kita.

Salah satu olahan khas idul qurban adalah sate. Sate berbahan dasar daging kambing biasanya sering dijadikan olahan khas acara nyate-nyate.

Sate Kambing Bumbu Kacang

http://www.agrowindo.com/

Resep Sate Kambing Bumbu Kacang Spesial Idul Adha

Untuk itu, pada artikel kali ini saya akan membahas resep masakan sate kambing istimewa untuk dijadikan santapan saat berkumpul bersama teman maupun keluarga.

Alat dan Bahan

1. Tusuk Sate

Tusuk sate merupakan hal wajib yang perlu ada, sebab tusuk sate tersebut mencerminkan ciri khas dari sate, yaitu daging yang ditusuk-tusuk.

Untuk mendapatkan tusuk sate, sekarang di pasar sudah banyak orang yang menjualnya, baik yang dipakai untuk sate ayam maupun sate kambing.

Khusus untuk sate kambing sebaiknya pilih bilah bambu yang agak lebar dengan ujung sangat runcing. Jenis tusuk sate yang seperti ini lebih tahan panas dan cocok untuk mengiris irisan daging yang tebal.

Tips lagi agar tusuk sate tak mudah hangus saat diibakar yaitu, rendam terlebih dahulu tusuk sate dengan air agar kotorannya larut.

2. Arang

Untuk jenis arang yang dipakai bisa menggunakan kayu ataupun batok kelapa. Untuk arang yang menggunakan batok kelapa sebaiknya pilihlah arang yang berukuran sedang hingga besar, karena arang batok kelapa lebih tahan lama dengan panas yang stabil.

Apabila anda kesulitan menemukan arang dari batok kelapa, kayu juga bisa dimanfaatkan untuk dijadikan arang. Sama seperti arang batok kelapa sebaiknya pilihlah arang yang berukuran sedang hingga besar.

Apabila anda menginginkan ukuran api yang lebih besar, cukup tambahkan remahan arang. Sebab api yang terlalu besar juga akan membuat sate yang dipanggang akan gosong. Faktor arang yang terlalu banyak juga menjadi pemicunya.

3. Panggangan

Panggangan yang berbahan dasar seng banyak dijuial di pasaran. Untuk memilih panggangan sebaiknya pilih panggangan yang agak tinggi atau dalam agar dapat memuat arang yang lebih banyak.

Tips agar sate yang dipanggang tidak gosong, atur jarak antara panggang dan api tidak terlalu dekat. Apabila anda berniat membuat sate dalam jumlah yang banyak sebaiknya pilih panggangan yang lebih panjang dan dalam agar sate cepat matang.

4. Kipas

Untuk menjaga kestabilan api arang biasanya diperlukan kipas bambu. Kipas bambu tersebut dikalangan masyarakat banyak dikenal dengan sebutan kipas sate. Untuk pemilihan kipas sebaiknya, pilihlah kipas yang berukuran agak lebar dengan pegangan yang kuat agar menghasilkan angin yang stabil. Di toko-toko kelontong, sekarang sudah banyak yang menjual kipas sate tersebut. (source food.detik.com)

Bumbu Sate Kambing Sebelum Dibakar

Sate kambing yang istimewa adalah sate kambing yang memiliki aroma harum dan tekstur daging yang empuk. Untuk mendapatkan cita rasa yang istimewa dibutuhkan bumbu khusus sebelum sate tersebut dibakar.

Daging kambing tersebut tidak dicuci terlebih dahulu, karena nanti akan menyebabkan bau prengus. Biasanya daging kambing direndam beberapa saat pada parutan nanas untuk membersihkan sekaligus membuatnya menjadi empuk.

Dan yang lebih membuatnya istimewa lagi, bumbu khusus yang dicelupkan sebelum sate tersebut dibakar agar menghasilkan cita rasa yang lebih. Bumbu apa yang digunakan? Mari simak penjelasan dibawah.

Resep Bumbu Sate  Kambing Istimewa Sebelum Dibakar

Bahan-bahan

  • 1/2 buah nanas, kemudian parut halus
  • 3 sdm bumbu kacang siap digunakan
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 sdm perasan jeruk nipis
  • kecap manis secukupnya
  • Garam dan gula secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak untuk menumis

Bumbu Halus

  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 1 sdm ketumbar
  • 2 cm jahe

Cara Membuat Bumbu Sate Kambing Istimewa Sebelum Dibakar

  1. Tumis bumbu halus hingga matang dan tercium aroma harum
  2. Masukan parutan nanas, daun jeruk, kecap manis, garam dan gula secukupnya. Kemudian aduk perlahan hingga rata
  3. Masukan bumbu pelengkap sate (bumbu kacang), aduk hingga rata
  4. Tuangkan air secukupnya hingga bumbu menjadi encer. Kemudian masak hingga mendidih
  5. Angkat dan bumbu sate siap digunakan

Cara Mengaplikasikan Bumbu Sate Sebelum Dibakar

Sebelum sate dibakar, celupkan sate kambing ke dalam bumbu tersebut kemudian bakar sate seperti biasa. Setelah sate dibakar setengah matang kemudian celupkan kembali dan bakr kembali hingga sate benar-benar matang.

Cara Membuat Sate Kambing yang Empuk dan Enak

Seperti yang dijelaskan diawal sate kambing yang istimewa yaitu yang memilki cita rasa khas dan tekstur daging yang empuk. Berikut akan saya jelaskan langkah-langkah membuat sate kambing yang empuk dan enak seperti yang dikutip di food.detik.com

1. Pemilihan Kambing

Pemilihan kambing juga berpengaruh dalam hal keempukan daging. Biasanya kambing betina usia 4-6 bulan dapat dipilih untuk diolah menjadi sate.

Dalam hal ini kambing betina mempunyai lemak lebih banyak dan serat yang halus daripada kambing jantan.

Namun tidak bisa dipungkiri kambing jantan pun juga dapat diolah menjadi sate yang lezat dan istimewa. Seperti daging qurban Idul Adha pastinya adalah kambing jantan.

2. Pemotongan Daging

Bagian-bagian dari kambing yang biasa dijadikan sate yaitu, paha belakang, punggung atau has dalam. Biasanya bagian tersebut memiliki tekstur yang lebih empuk.

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan yaitu mengikuti serat alur daging. Ikuti arah serat saat memotong daging.

Terakhir, buang urat atau lapisan berwarna putih pada daging kambing. Apabila urat tersebut tidak dibuang dan saat pemotongan tidak mengikuti alur seratnya daging kambing tersebut akan menjadi liat.

Tips lagi agar sate menjadi lebih nikmat, saat proses menusuk sate usahan selang-seling antara daging dan gajih (lemak).

3. Peralatan Pemanggangan

Pemilihan tusuk sate usahakan yang bersih dan warna agak putih. Untuk tusuk sate kambing, pilihkan tusuk sate yang agak lebar dan ujungnya sangat tajam agar memudahkan menusuk dagingnya tersebut.

Sebelum itu, pastikan tusuk satenya sudah direndam dalam air agar kotoran-kotoran dapat larut dan supaya lebih lembab. Sedangkan untuk arangnya, bisa pilih arang batok kelapa. Biasanya arang jenis ini lebih tahan panas dan suhunya stabil.

4. Proses Pemanggangan

Sebelum proses pemanggangan sate dimulai, sebaiknya olesi terlebih dahulu pemanggang tersebut dengan mentega atau margarin agar tidak lengket dan matang dengan merata. Kemudian jangan lupa celupkan pada bumbu encer yang sudah disiapkan

Untuk apinya gunakan nyala api yang sedang agar sate tidak hangus dan rajin-rajin untuk mengipas. Keseluruhan proses pembakaran memakan waktu sekitar 5-10 menit agar sate matang dengan sempurna.

Penyajian Sate Kambing Istimewa

Sajian Sate Kambing Bumbu Kacang

Ilustrasi gambar, via http://style.tribunnews.com/

Selain cita rasa yang khas, penyajian sate kambing yang menarik juga menambah kesan istimewa. Agar sate menjadi lebih menarik digunakan bumbu tambahan atau bumbu pelengkap.

Toping yang lezat kamu bisa menambahkan bawang merah iris segar atau goreng dan bawang putih goreng, serta persasan jeruk nipis menambah segarnya sajian sate kambing.

Bumbu kacang plus kecap menjadi pelengkap yang wajib ada dalam hidangan sate. Selain itu, sate juga dapat disajikan dengan lontong, acar, dan nasi hangat.

Sate yang sudah matang dapat disajikan pada piring. Setelah itu jangan lupa tambahkan bumbu kacang dan kecap manis.

Agar lebih terkesan istimewa lagi, dapat ditambahkan lontong yang dipotong sesuai dengan porsi yang dihidangkan. Acar juga merupakan pelengkap agar menambah kesan menarik dan istimewa.

Baca juga : Resep Sate Kambing Bumbu Kacang Kecap Pedas khas Solo, Istimewa!