Bukan Cuma Sate Aja, Inilah 10 Makanan Khas Madura yang Mesti Kamu Coba!

madura

https://radarmadura.jawapos.com/

Madura memang lekat dengan kuliner satenya. Namun, sebenarnya, masih banyak makanan khas Madura yang mesti Kamu cicipi.

Loading...

Apalagi kalau dalam waktu dekat ini Kamu akan berkunjung ke pulau yang ada di penjuru timur Jawa. Jangan sampai jauh-jauh ke Madura Cuma menikmati hidangan sate yang sudah ada di seluruh Indonesia.

So, biar Kamu tidak terlihat ‘ndeso’ karena tidak paham dengan makanan yang dipesan saat ada di Madura nanti, ada baiknya untuk mencari tahu apa saja makanan khas Madura yang bisa Kamu temukan.

Tidak usah berlama-lama, yuk, langsung saja Kamu simak informasi berikut ini:

1. Bebek Songkem – Bebek Kukus Makanan Khas Madura

Bebek Songkem

https://www.idntimes.com/

Sekilas dari namanya pasti Kamu tahu kalau makanan ini berbahan dasar bebek. Yup, betul banget. Bebek yang sudah dibersihkan kemudian diberi bumbu khas Madura yang kemudian ditelungkupkan.

Cara pengolahannya dengan dikukus menggunakan daun pisang. Inilah yang membuat rasa dan aroma Bebek Songkem menjadi istimewa. Pokoknya tidak kalah dengan bebek goren apalagi bebek bakar.

Di Madura, Kamu tidak akan kesulitan mendapatkan makanan ini. Kamu bisa menemukannya di restoran atau rumah makan setempat. Bebek Songkem sangat nikmat jika dicicipi bersama nasi hangat, lalapan, dan sambal. Hmm, yummy!

2. Lorjuk – Kerang Unik Madura

Lorjuk

https://travelingyuk.com/

Makanan khas Madura yang selanjutnya adalah lorjuk. Kamu mungkin bertanya-tanya, apa itu lorjuk? Nah, jawabannya adalah semacam kerang yang memiliki cangkang laiknya bambu.

Kamu bisa menemukan aneka olahan lorjuk di Madura seperti tumis lorjuk, rengginang lorjuk, lorjuk goreng, dan sebagainya.

Kerang lorjuk ini mudah didapatkan saat laut sedang mengalami surut. Ketika surut, akan ada banyak lorjuk yang terperangkap pada sedimen laut.

Untuk menangkapnya, masyarakat Madura menggunakan alat sederhana. Rasa lorjuk hampir sama dengan aneka seafood lainnya, yaitu memiliki cita rasa yang gurih tapi sedikit amis.

Baca juga : Resep sate kambing

3. Soto Madura – Kuliner Soto Bercita Rasa Mantap

Soto Madura

https://www.masakapahariini.com/

Hampir semua daerah di Indonesia memiliki soto khas masing-masing. Madura juga tak mau ketinggalan.

Dengan bahan baku berupa ayam, taburan bawang goreng, dan kentang yang diiris tipis, sehingga terciptalah makanan khas Madura yang menggoda selera.

Khas dari soto Madura yang membedakannya dengan soto dari daerah lain ada pada kuah yang menggunakan kemiri.

Sehingga, Kamu tidak akan mendapati soto dengan kuah bening ataupun kental karena santan. Melainkan warna kuah yang kuning keruh. Tertarik untuk menjajalnya?

3. Topak Ladhe Bangkalan – Makanan Khas Madura dari Jeroan Sapi

Topak Ladhe Bangkalan

https://food.detik.com/

Jika banyak kuliner di Indonesia yang berbahan dasar ayam, maka Topak Ladhe Bangkalan menggunakan jeroan sapi. Kuliner ini seringkali disajikan pada saat Idul Fitri di Madura.

Panganan lezat ini biasa disajikan bersama dengan irisan daging, telur, potongan pepaya muda, potongan kacang panjang, dan sebagainya. Sayur-sayuran tersebut dikukus terlebih dahulu sebelum disajikan.

Meskipun bahan aslinya adalah jeroan sapi, tapi ada juga yang menggantinya dengan daging ayam.

Nah, untuk menyajikan panganan ini, biasanya ditambahkan ketupat, lalu daging, aneka sayur, baru kemudian disiram menggunakan kuah Topa Ladhe.

Sebagai pelengkap, biasanya disajikan juga dengan bubuk jagung halus maupun sambal urap manis.

4. Rujak Corek – Rujak dari Timun yang Dikeruk Isinya

Rujak Corek

http://www.urbanasia.com/

Tak bisa dipungkiri jika rujak adalah kuliner yang selalu ada dimanapun di seluruh penjuru Indonesia. Namun, rujaknya orang Madura unik banget lho!

Sesuai dengan namanya, rujak corek adalah pembuatan rujak dengan cara di-corek atau dikeruk. Apanya yang dikeruk?

Begini cara pembuatannya. Mentimun yang sudah dicuci bersih, dikupas kulitnya. Bagian dalam yang berisi biji kemudian dikeruk dan dicampur bersama bumbu khusus yang dibuat di atas cobek.

Setelah itu, baru kemudian bumbu dimasukkan lagi ke dalam mentimun yang sudah dikeruk isinya. Cara mengonsumsinya pun sungguh unik.

Kamu bisa menggigitnya lalu menyeruput kuah manis legit di dalam mentimun.

Baca juga: Makanan Khas Wonosobo

5. Soto Mata Sapi – Kuliner Ekstrim Makanan Khas Madura

Soto Mata Sapi

https://www.pulaumadura.com/

Kamu pecinta makanan ekstrim? Jika iya, Kamu wajib mencicipi Soto Mata Sapi khas Madura ini. Sesuai dengan namanya, makanan khas Madura yangs atu ini menggunakan mata sapi yang masih utuh dan masih lengkap dengan tulangnya.

Kuah soto ini menggunakan bumbu dan rempah khusus. Panganan ini sangat nikmat disajikan ebrsama nasi hangat, irisan dagings api, dan sebagainya.

Kuliner ini mempunyai cita rasa gurih dan hangat. Menambahkan sambal kiranya membuat rasa soto mata sapi menjadi lebih endeuss.

6. Kaldu Kokot – Tulang Sapi dan Sumsum yang Gurih

Kaldu Kokot

https://pesona.travel/

Kokot diambil dari Bahasa Jawa yang artinya tulang sapi. Makanan khas Madura ini berasal dari tulang sapi beserta sumsumnya.

Tulang sapi dimasak sedemikian rupa dengan rempah khas Madura. Bahan lain yang ditambahkan dalam Kaldu Kokot adalah kacang hijau.

Sehingga terciptalah cita rasa yang gurih dan menerbitkan air liur. Paling nikmat menyantap Kaldu kokot dengan irisan lontong.

7. Nasi Serpang – Nasi BUngkus Pisang Khas Madura

Nasi Serpang

https://cookpad.com/

Bagi banyak orang, nama nasi serpang agak aneh, bahkan belum pernah mendengarnya. Namun, bagi masyarakat Madura, terutama yang berdomisili di Bangkalan, akan sangat familiar dengan kuliner ini.

Jika dilihat sekilas mirip dengan nasi campur pada umumnya. Namun ada sejumlah perbedaan yakni pembungkusnya dari daun pisang. Nah, Nasi Serpang ini merupakan campuran nasi dengan lauk pauk dan kuah.

Lauk yang biasa digunakan adalah telur asin, kerang, dendeng sapi, mie souh, pepes tongkol ikan, kerupuk kulit, rempeyek kacang, kuah santan, dan juga sambal terasi. Jadi lapar deh!

8. Tajin Sobih Bangkalan – Bubur SumSum A La Orang Madura

Tajin Sobih Bangkalan

https://www.idntimes.com/

Di Madura, tajin merupakan istilah untuk menyebutkan kuliner seperti bubur ini. Sedangkan sobih diambil dari nama salah satu desa kecil yang terletak di Kabupaten Bangkalan.

Kuliner ini seringkali dijajakan oleh ibu-ibu lanjut usia dengan cara ditanggung di atas kepala. Lantas dijajakan berkeliling.

Kuliner ini memiliki banyak isian. Namun, sekilas tampak seperti bubur sumsum. Panganan ini lantas disimpan di atas daun pisang, lalu diberi kuah berupa gula merah.

Rasa makanan khas Madura ini manis serta gurih. Selain tajin, ada juga beberapa panganan yang dijajakan seperti lopes dan cetter.

Baca juga: Makanan Khas Salatiga

9. Sate Madura – Kuliner Mainstream Madura

Sate Madura

https://resepkoki.id/

Makanan khas Madura yang satu ini sih, sudah terlalu mainstream dan banyak yang tahu. Untuk bahan baku sate Madura cukup beragam.

Ada yang terbuat dari daging ayam, sapi, dan juga kambing. Sedangkan bumbu satenya terbuat dari kacang, kecap, dan sebagainya.

Daging dipotong-potong, lalu ditusuk menggunakan tusuk bambu berukuran kecil. Kemudian dipanggang di atas bara api.

Jika sudah matang, maka diolesi bumbu dan dipanggang lagi. Pantas saja, rasa sate sangat enak. Bahkan, sudah mendunia!

Sate paling nikmat disantap dengan lontong dan sambal kacangnya. Dijamin nagih!

..

Itulah 10 makanan khas Madura yang enak banget! So, jangan pulang dari Madura tanpa membawa cerita pernah mencicipi beberapa dari kuliner di atas ya!