Serius! Inilah 7 Makanan Khas Ponorogo yang Enak Bingiitss

Ponorogo adalah kabupaten yang letaknya ada di sisi paling barat Provinsi Jawa Timur. Ponorogo paling terkenal dengan seni Reog-nya.

Loading...

Namun, kalau Kamu pergi ke Ponorogo, jangan Cuma untuk melihat seninya saja dong. Sesekali berwisata kuliner biar kenyang dan hatipun senang.

Kalau sudah menyangkut urusan perut, setelah menikmati makanan khas Ponorogo, dijamin jadi malas pulang. Soalnya kota ini memiliki banyak sekali kuliner yang akan membuat liur Kamu mendadak tergenang.

Makanan Khas Ponorogo

Serius lho! Kamu harus tahu 10 makanan khas Ponorogo yang akan dibahas pada ulasan di bawah ini. So, langsung saja, check these out!

1. Makanan Enak Tidak Melulu tentang Daging-Dagingan. Kata Orang Bule, Salad with Peanut Sauce Alias Pecel khas Ponorogo Juga Maknyus!

Pecel khas Ponorogo

https://travelingyuk.com/

Menu pecel boleh ada di mana-mana. Tapi, Ponorogo punya cara tersendiri untuk membuat pecel khasnya unik dan enak.

Namanya Pecel Tumpuk, makanan khas Ponorogo ini memiliki ciri sambal kacang yang memiliki tekstur lebih kental dan rasanya lebih pedas.

Pun, sayurannya lebih lengkap seperti mentimun, sayur hijau, daun kemangi, lamtoro (petai cina), dan juga tauge.

Selain bahan-bahan tadi, pecel ini juga disajikan dengan kacang pedas dan oseng-oseng. Lauk yang melengkapi rasanya adalah tempe goreng, piya-piya (bakwan), dan gorengan lain.

Mau dikasih rekomendasi warung pecel yang rasanya endeuss? Nih, datang saja ke Rumah Makan Pecel Pincuk dr. Sutomo. Hanya dengan Rp 5.000,- saja, perut dan lidahmu akan tersenyum puas.

2. Sego Tahu Wajib Banget Kamu Jajal. Bayangkan Tahu Kopyok Telur Setengah Matang dengan Campuran Seledri. Hmm, Yummy!

Sego Tahu

https://dwivablog.wordpress.com/

Makanan khas Ponorogo yang selanjutnya adalah Sego Tahu (Nasi Tahu). Panganan ini terdiri dari nasi putih dan bumbu tahu.

Cara pengolahannya adalah dengan mengopyok telur goreng setengah matang dan kemudian dicampur dengan tahu dan bawang goreng.

Bahan lain yang dicampurkan di dalamnya adalah kacang goreng, kecap manis, dan seledri. Bagi Kamu yang suka dengan cita rasa pedas, sila tambahkan sambal yang disediakan secara terpisah,

Rasanya yang gurih, manis, pedas benar-benar akan memanjakan lidah. Sekilas, makanan ini hampir mirip dengan Tahu Gimbal khas Semarang.

Namun, ada sejumlah perbedaan cara pengolahannya yakni tahu yang dicampur telur dalam satu adonan sehingga lebih gurih. Satu porsi Sego Tahu biasanya dijual dengan harga Rp 5.000,- sampai Rp 7.000,-.

Coba juga Makanan Khas Mojokerto yang Cocok Buat Oleh-oleh

3. Gethuk Asalnya dari Tela, Mengantuk itu Obatnya Apa. Aseek. Kalau Ngantuk makan saja Gethuk Golan, Dijamin Mata Langsung Melek Saking Nikmatnya.

Gethuk Golan

https://7terbaik.com/

Bagi masyarakat Ponorogo, Gethuk Golan sudah sangat lekat dengan kehidupan mereka. Sesuai dengan namanya, Gethuk Golan berasal dari Desa Golan , Kecamatan Sukorejo.

Berbeda dengan gethuk pada umumnya, gethuk ini tidak berasal dari singkong dan gula melainkan ketan hitam, parutan kelapa, serta gula merah yang telah dicairkan.

Namun, panganan ini sudah langka gaes! Sehingga, untuk mendapatkan makanan khas Ponorogo ini Kamu harus mengunjungi Desa Golan yang letaknya sejauh 8 km dari pusat kota Ponorogo.

Dulu, masyarakat Desa Golan mayoritasnya mempunyai pekerjaan menjual getuk dan membuatnya. Namun, saat ini hanya tersisa 10 orang saja.

Nah, rekomendasi penjual Gethuk Golan yang paling legendaries adalah Gethuk Golan Bu Jaminah yang beralamat di Jalan Srikraton Kecamatan Sukorejo Ponorogo. Cukup dengan Rp 2.000,- saja, Kamu sudah bisa menikmati jajanan langka ini.

4. Main ke Alun-Alun Ponorogo Belum Lengkap Kalau Belum Menjajal Pentol Gorengnya

Pentol Goreng

https://pinterest.com/

Makanan khas Ponorogo yang satu ini sekilas mirip dengan cilok Bandung. Namun, yang membedakan adalah sausnya. Jika cilok terbuat dari kacang, maka Pentol Ponorogo terbuat dari cabe dan tomat.

Pentol goreng terbuat dari bahan tepung tapioka. Lantas ditusuk dengan lidi dan dicelupkan pada adonan tepung lain sebelum dilakukan proses penggorengan.

Hal tersebut menyebabkan rasa pentol menjadi semakin gurih. Nah, beberapa penjual juga memasukkan telur burung puyuh sehingga rasanya semakin maknyus.

Pentol goreng Ponorogo biasa dijual dengan cara keliling. Tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk menikmatinya. Harga pertusuknya adalah Rp 500 sampai Rp 700 saja.

Nikmati juga Makanan Khas Wonosobo yang Bikin Nagih!

5. Es Dawet Jabung yang Bikin Gerah Bodi berubah jadi Nyesss. Murah Banget Lagi!

Es Dawet Jabung

https://cookpad.com/

Selain aneka makanan khas Ponorogo, yang mesti Kamu jajal adalah Es Dawet Jabung. Minuman ini berisikan cendol, bubur ketan, nangka, dan grentol.

Sedangkan kuahnya menggunakan santan, gula, dan sedikit garam. Cendol dalam Es Dawet Jabung tidak memiliki warna hijau laiknya dawet pada umumnya, melainkan berwarna putih karena menggunakan tepung beras tanpa pewarna.

Dawet ini disajikan dalam mangkuk yang kecil. Cara penjual untuk menyajikannya juga cukup unik. Sebaba, menggunakan siwur (centong besar) untuk menuangkan kuah ke dalam mangkuk.

Siwur ini bukan sembarang centong, melainkan khas dnegan ukiran wayang pada ujungnya. Konon, siwur semacam ini telah digunakan sejak pertama kali Es Dawet Jabung dijual.

Jabung sendiri merupakan nama sebuah desa yang terletak di kecamatan Mlarak, Ponorogo. Meskipun berasal dari sana, tapi sudah banyak ditemui di berbagai wilayah Ponorogo.

Salah satu yang paling terkenal adalah warung milik Yuliana yang lokasinya ada di perempatan jabung. Dengan harga Rp 2.500,- saja, Kamu sudah dapat menikmati segarnya yang bikin Nyess!

6. Tidak Terlalu Suka Santan-Santanan? Minuman Cao Ini Bisa Jadi Alternatif yang Cukup Menyegarkan!

Es Cao

https://aminahstore.com/

Satu lagi minuman khas Ponorogo yang bisa Kamu nikmati di tempat ini. Ya, Es Cao terbuat dari juruh (gula merah yang dicairkan) dengan janggelan (cincau berwarna hitam) beserta kolang-kaling.

Ditambah dengan perasan jeruk nipis membuat rasa minuman ini jadi manis segar asam. Minuman ini kerap jadi primadona dan diburu pada Bulan Ramadhan.

Es Cao bisa dengan mudah Kamu temui di berbagai warung makan. Termasuk juga di pasar tradisional seperti pasar Kliwon di Tamansari, Pasar Legi di Ponorogo, dan Pasar Wage di Jetis.

Harga minuman ini murah kok, hanya Rp 2.000,- saja. Murah banget dong!

Baca juga: Makanan Khas Magelang

7. Rujak Petis Welirang yang Punya Banyak Kembaran seperti Gado-Gado dan Rujak Cingur Surabaya

Rujak Petis Welirang

https://dwivablog.wordpress.com/

Kalau Yogya punya gado-gado dan Surabaya punya Rujak Cingur, maka Ponorogo memiliki Rujak Petis Welirang.

Meskipun identik, tapi ada perbedaan diantaranya ketiganya, yakni ada pada petis yang ditambahkan dalam sambal. Rujak Petis juga tidak menggunakan cingur (moncong) serta kaki kambing.

Kalau Kamu butuh rekomendasi tempat yang menjual makanan khas Ponorogo ini, sebaiknya langsung cek Google Maps di Warung Rujak Petis Bu Tiek. Kamu bisa menikmati Rujak Petis ataupun Gado-gado yang terkenal murah.

Dulu, tempat ini disebut dengan Rujak Petis Welirang karena lokasinya yang ada di Jalan Welirang, Namun, saat ini Bu Tiek sudah memindahkan warungnya di Terminal Lama Ponorogo.

Nah, jangan heran kalau Kamu harus antri di tempat ini untuk mendapatkan satu porsi Rujak Petis. Sebab, rasanya memang membuat nagih banget.

Dari sekian banyak makanan khas Ponorogo yang enak-enak di atas, mana yang ingin banget Kamu coba?