12 Makanan Khas Mojokerto yang Cocok untuk Kamu Jadikan Oleh-Oleh

Kota yang ada di barat daya Surabaya ini terkenal dengan perkembangannya yang pesat ketimbang daerah lain di Jawa Timur.

Loading...

Nah, untuk mencapai Mojokerto, Kamu harus menempuh perjalanan dengan jarak kira-kira 50 kilometer. Meskipun kota ini tergolong maju, bukan berarti makanan khas Mojokerto tidak menarik.

Makanan Khas Mojokerto

Lalu, apa saja yang bisa Kamu nikmati di Mojokerto? Ini dia ulasannya:

1. Sambel Wader

Sambel Wader

https://phinemo.com/

Makanan khas Mojokerto pada peringkat pertama ditempati oleh sambel wader. Sambel ini memiliki cita rasa yang lezat dan unik. Paling cocok dihidangkan bersama dengan nasi putih hangat ketika makan besar.

Makanan ini disebut dengan Sambal Wader karena bahan utama pembuatannya adalah dari Ikan Wader.

Ikan ini merupakan ikan air tawar yang mudah ditemukan di sungai, Namun saat ini sudah banyak dibudidayakan oleh masyarakat Mojokerto.

Untuk membuat Sambel Wader caranya cukup mudah yakni terlebih dahulu ikan wader dibersihkan, lantas mencampurnya dengan bahan sambel seperti bawang merah, bawang putih, dan juga cabai.

Lantas bahan sambel ini digoreng sampai matang. Pastinya kombinasi beragam bahan ini akan mampu menerbitkan air liurmu!

2. Sate keong Mojokerto

Sate keong Mojokerto

https://putratravel.net/

Biasanya sate terbuat dari bahan dasar  berupa ayam atau kambing atau sapi. Namun, kali ini diluar ekspektasi masyarakat selain Mojokerto.

Ya, sate keong sudah sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari orang yang berdomisili di mojokerto. Oh ya, selain di Mojokerto, ternyata sate keong juga ada di Madura dan Medan.

Keong sebagai bahan utama dari pembuatan sate keong ini didapatkan oleh masyarakat di persawahan. Cara membuatnya butuh ketelatenan yang tinggi.

Pasalnya, keong harus dilepas dari cangkangnya satu persatu. Nah, sebelum dijadikan sate, keong direbus terlebih dahulu, dikupas, serta disiram dengan bumbu sate keong yang khas.

Hmm, berani coba kuliner ekstrim ini?

3. Kerupuk Rambak

Kerupuk Rambak

https://www.timesindonesia.co.id/

Makanan khas Mojokerto yang satu ini bisa Kamu nikmati saat di perjalanan. kerupuk ini merupakan oleh-oleh dan cemilan enak yang dihasilkan dari Desa Doas, Kecamatan Trowulan.

Bahan baku pembuatannya adalah dari kulit sapi yang telah mengalami proses pengeringan terlebih dahulu.

Namun, seiring perkembangannya, Kerupuk Rambak juga bisa dibuat dari beragam bahan seperti udang, ikan, serta ketela pohon.

Nah, jika Kamu penasaran dengan rasa Kerupuk Rambak asli kulit sapi, sebaiknya bertanya dahulu pada orang yang telah berpengalaman.

Coba juga Top 12 Makanan Khas Wonosobo Terenak Bikin Nagih!

4. Kerupuk Upil

Kerupuk Upil

https://www.bukalapak.com/

Jorok? Tidak dong, namanya saja yang upil, tapi kerupuk ini sesungguhnya memiliki cita rasa yang endeus.

Proses pembuatan Kerupuk Upil ini sangat unik, karena tidak digoreng menggunakan minyak goreng, melainkan menggunakan pasir sebagai medianya.

Kerupuk ini banyak dijual di toko-toko di Kawasan Mojokerto. Paling enak menikmati Kerupuk Upil dengan sambal petis. Pokoknya, jajanan yang satu ini tidak boleh Kamu lewatkan saat menyambangi daerah Mojokerto.

5. Kerupuk Memble

Kerupuk Memble

https://tempatwisataindonesia.id/

Tampaknya, makanan khas Mojokerto banyak yang berhubungan dengan kerupuk-kerupukan. Selain Kerupuk Rambak, Kamu juga akan menemukan Kerupuk Memble di berbagai pusat oleh-oleh di kota ini.

Nama kerupuk ini memang sangat unik. Bukan hanya namanya saja, melainkan proses pembuatannya pun tidak sembarang orang bisa melakukannya.

Pada tahap penggorengan, kerupuk ini menggunakan dua wajan sekaligus. Di mana satu wajan berisi minyak dengan suhu yang sangat panas.

Sementara yang lainnya haruslah dijaga suhunya supaya tidak terlalu panas.

Jadi, banyak orang yang mengalami kegagalan saat menggoreng sendiri di rumah karena tidak mengetahui teknik tersebut.

Baca juga: Makanan Khas Ponorogo

6. Gulai Menthok

Gulai Menthok

https://7terbaik.com/

Gulai sapi, kambing, atau ayam mungkin terdengar biasa. Tapi, kalau Gulai menthok? Masyarakat luar Jawa pastinya tidak paham dengan kata ‘menthok’ ini.

Nah, arti dari menthok adalah itik. Jadi, gulai yang menjadi makanan khas Mojokerto ini berasal dari bahan dasar berupa daging itik.

Rasanya tentu saja lezat. Tertarik untuk mencicipinya? Yuk, sambangi Kota Mojokerto!

7. Botok Tempe

Botok Tempe

https://www.masakapahariini.com/

Bagi orang Jawa, makanan botok sudah cukup familiar ya. Nah, kalau di Mojokerto, bahan dasar pembuatan botok adalah menggunakan tempe.

Botok tempe ini merupakan campuran antara parutan kelapa dan tempe. Ampas kelapanya diberi bumbu khas dengan rempah-rempah yang komplit. Lantas dicampur dengan tempe, udang, teri, serta tahu.

Untuk menikmati botok tempe, paling mantap jika Kamu memadukannya dengan nasi jagung. Rasa pedesaan, tapi sungguh menggoyang lidah.

8. Onde-Onde Mojokerto

Onde-Onde Mojokerto

https://www.liputan6.com/

Onde-onde merupakan salah satu makanan yang cukup populer. Sehingga, Kamu bisa mendapatkannya di seluruh Jawa.

Namun, beda lagi dengan onde-onde Mojokerto ini. Rasanya tentu saja lebih lezat ketimbang kebanyakan onde-onde.

Bahan yang digunakan untuk membuat onde-onde Mojokerto adalah tepung terigu dan ketan. Setelah dibentuk sedemikian rupa, onde-onde pun digoreng setelah diberi taburan berupa wijen.

Onde-onde Mojokerto saat ini memiliki banyak varian rasa seperti kacang hijau, cokelat, dan sebagainya. Onde-onde Mojokerto bisa Kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga yang ada di rumah.

9. Es Gronjongan Majapahit

Es Gronjongan Majapahit

https://tempatwisataindonesia.id/

Wah, nama makanan khas Mojokerto yang satu ini benar-benar keren. Bahkan, saat ini, Es Gronjongan Majapahit menjadi salah satu kuliner hits di Kota Mojokerto.

Di berbagai event, panganan ini sangat laris, terlebih di Bulan Ramadhan. Es ini memiliki beragam isi, mulai dari agar-agar yang telah dipotong-ptoong, santan beraroma daun pandan, sirup, serta es batu.

Kamu bisa menikmati Es Grojongan Majapahit seusai makan besar untuk menghilangkan dahaga.

10. Pentol Bakar

Pentol Bakar

https://sejutamanfaatsite.wordpress.com/

Kamu akan sangat mudah mendapati penjual pentol bakar di daerah Mojokerto. Pentol memang menjadi makanan khas dari daerah Jawa Timur.

Bentuk dan rasanya mirip dengan Cilok khas Bandung. Bedanya, kali ini pentol diolah dengan cara dibakar.

Setelah itu, Pentol Bakar baru disajikan bersama dengan sambal kacang. Bagaimana? Pastinya menggoda selera.

Nikmati juga Makanan Khas Tawangmangu

11. Sate Bangli

Sate Bangli

https://id.openrice.com/

Makanan khas Mojokerto yang selanjutnya adalah Sate Bangli. Panganan ini berbahan dasar kambing.

Bedanya, Kamu bisa menentukan sendiri bagian kambing yang mana yang akan Kamu konsumsi dan dijadikan sate. Semua tergantung dari permintaan pembeli.

Untuk satu porsinya biasanya Sate Bangli berisi 10 tusuk sate dengan bumbu kacang, irisan bawang merah, beserta sambalnya.

Salah satu rekomendasi warung Sate Bangli yang paling terkenal adalah Sate Bangli Bang Soleh. Letak warung ini ada di Jalan Majapahit 428, Mojokerto. Warung ini buka mulai dari jam 9 pagi sampai 10 malam.

12. Bubur Srunthul Bu Saudah

Bubur Srunthul Bu Saudah

https://www.idntimes.com/

Bubur Srunthul merupakan makanan khas Mojokerto yang cukup unik. Karena bentuknya yang lengket, bulat-bulat kecil, dan pekat. Bubur ini terbuat dari tepung sagu.

Nah, salah satu warung yang paling terkenal di Mojokerto adalah Warung Bubur Srunthul Bu Saudah yang ada di Jalan Mayjen Sungkono atau Wates, tepatnya ada di sebelah barat lapang sepak bola.

Rasa bubur srunthul khas Mojokerto ini sangat lezat. Paling cocok untuk dikonsumsi sebagai menu sarapan.

Jangan lupa menikmati beberapa panganan khas Mojokerto saat menyambanginya ya! Rugi Bandar deh kalau Kamu tidak menjajalnya!