Cara Membuat Sayur Asem untuk Berbuka Puasa yang Nikmat

Resep Cara Membuat Sayur Asem

image via merdeka.com

Ramadhan sebentar lagi tiba, itu berarti menandakan bahwa umat Islam di seluruh dunia akan segera menjalankan ibadah puasa.

Loading...

Beribadah puasa di sini berarti menahan lapar dan haus, oleh sebab itu banyak orang yang ingin buka puasa dengan yang segar-segar.

Salah satu menu spesial yang segar dan tentunya memiliki rasa yang enak adalah sayur asem. Menu harian yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai sajian menu buka puasa yang nikmat dan menyegarkan.

Selain itu, cara membuat sayur asem untuk berbuka puasa juga tidak ribet karena bahan-bahanya mudah dicari. Selain itu, makanan ini juga mengandung banyak sekali nutrisi yang lengkap sehingga membuatnya menjadi istimewa.

Dalam satu mangkuk sayur asem, Kamu akan menemukan jenis sayuran lebih dari satu. Dengan kandungan nutrisi yang terdapat pada sayur asem membuat sayur ini dapat memenuhi kebutuhan nutrisi setelah berpuasa seharian penuh.

Dimasak dengan menggunakan bumbu yang pas, membuat sayur asem memiliki penggemar tersendiri. Ya, makanan khas Indonesia ini memang terlihat rumit dan membutuhkan banyak komponen saat membuatnya.

Namun, percayalah untuk membuat satu mangkuk sayur asem tidak sesulit apa yang Kamu bayangkan. Asalkan Kamu mau mencari bahannya, masakan ini sangat mudah untuk dibuat. Bahkan untuk pemula sekalipun juga dapat menghasilkan sayur asem yang nikmat.

Sayur asem merupakan salah satu makanan yang terkenal dengan rasanya yang unik. Rasa dari makanan ini juga sangat berbeda dengan jenis makanan yang lainnya.

Jika kebanyakan masakan Indonesia terkenal dengan rasa asin, pedas dan manis, maka sayur asem menjadi salah satu makanan yang terkenal dengan rasa asemnya.

Bahkan, jika Kamu mencari makanan khas Indonesia yang asem, maka sayur asem adalah yang paling populer. Tidak hanya itu, makanan ini juga memiliki ciri khas dimana aromanya sangat berbeda dengan makanan lainnya.

Ini karena terdapat terasi, asem jawa dan juga kecap manis yang membuat makanan ini sering membuat banyak orang ngiler dan ingin mencicipi.

Apa Saja Jenis Sayuran yang untuk Membuat Sayur Asem?

Bicara soal sayur apa saja yang bisa digunakan untuk membuat sayur asem, ternyata sayur yang digunakan sesuai dengan selera Kamu.

Jadi, untuk membuat sayur asem tidak ada patokan sayuran khusus. Kamu bisa melakukan bongkar pasang untuk jenis sayur yang akan dimasukkan.

Adapun salah satu sayuran wajib dan harus ada adalah kacam panjang dan kacang tanah. Sebab, jika Kamu memasak sayur asem tanpa adanya kedua komponen ini, maka saur tersebut belum bisa dikategorikan sebagai sayur asem.

Adapun untuk Kamu yang bingung memilih jenis sayuran apa yang bisa digunakan, di sini Kamu bisa menggunakan jagung muda yang dipotong kotak-kotak. Kamu juga bisa menambahkan terong dan masih banyak saur lainnya.

Agar rasanya lebih nikmat, sajikan saur asem dengan menu lain seperti berkedel kentang dan sambal. Dijamin deh buka puasa Kamu akan jauh lebih nikmat dibandingkan makan dengan ayam atau sejenisnya.

Cara membuat Sayur Asem

image via womantalk.com

Cara Membuat Sayur Asem untuk Berbuka Puasa

Nah, untuk Kamu yang berencana untuk membuat sayur asem untuk berbuka puasa. Di bawah ini akan disajikan cara membuat sayur asem untuk berbuka puasa yang nikmat dan menyegarkan.

Mau tahu bagaimana cara membuat sayur asem ini? Langsung saja simak resepnya di bawah ini.

Resep bumbu sayur asem:

  • 3 buah kemiri
  • 1,5 sendok makan garam dapur yang beryodium
  • 4 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 1 bungkus terasi udang, bakar jangan sampai gosong
  • 20 gram asem jawa
  • 3 buah cabai hijau iris miring
  • 2 cm lengkuas
  • 1 bungkus penyedap rasa atau kaldu ayam bubuk.

Bahan sayuran:

  • 5-6 batang kacang panjang
  • 50-60 gram buah melinjo merah
  • 2 lembar daun salam
  • 20-30 gram daun melinjo segar
  • 50 gram pepaya muda
  • 1 atau dua batang jagung manis muda
  • 45 gram kacang tanah
  • 150 gram daging ayam.

Bahan sambal terasi:

  • ½ sendok makan gula jawa
  • 7 buah cabai rawit merah
  • 10 buah cabai keriting merah
  • ½ sendok teh garam beryodium
  • 1 bungkus terasi udang yang sudah dibakar.

Cara membuat sambal terasi:

Untuk membuat sambal terasi sebagai pelengkap sayur asem, Kamu bisa ikuti caranya di bawah ini untuk menghasilkan rasa yang enak. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  • Gorenglah semua cabai baik itu cabai rawit maupun cabai merah keriting dengan menggunakan api sedang hingga matang.
  • Siapkan cobek untuk membuat sambal. Masukkan cabai, terasi yang sudah dibakar, garam, gula dan juga penyedap rasa. Uleg hingga sambal benar-benar halus lalu tes rasa. Jika rasanya sudah pas, Kamu bisa langsung menyajikannya. Jika belum pas, tambahkan gula atau garam sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Sambal terasi siap untuk dihidangkan.

Langkah membuat sayur asem:

  1. Untuk membuat sayur asem yang enak, langkah pertama yang harus Kamu lakukan adalah dengan mencuci bersih semua sayuran yang sudah disediakan, kemudian tiriskan.
  2. Jika sudah, haluskan bumbu yang sudah disediakan dimulai dari bawang putih, bawang merah, kemiri, dan juga terasi hingga benar-benar halus. Ada baiknya jika dalam proses menghaluskan bumbu Kamu menggunakan cara yang manual saja. hal ini bertujuan agar aroma terasi yang dihasilkan akan lebih keluar.
  3. Siapkan panci dengan ukuran yang agak besar, kemudian masukkan 2,5 liter air bersih. Tunggulah air hingga mendidih kemudian masukkan bumbu sayur asem yang sudah dihaluskan.
  4. Masaklah bumbu tersebut hingga muncul aroma yang khas, lalu masukkan daun salam dan lengkuas ke dalamnya.
  5. Masukkan buah melinjo, kacang tanah, jagung manis ke dalam rebusan kuah sayur asem. Masaklah hingga agak matang kemudian masukkan sayuran yang lain seperti pepaya muda, kacang panjang dan lainnya.
  6. Untuk menambah cita rasa, masukkan gula pasir, garam, asem jawa dan juga penyedap rasa. Aduk hingga bumbu tercampur dengan rata dan masak kembali hingga airnya benar-benar mendidih.
  7. Langkah terakhir adalah dengan memasukkan daun melinjo dan aduk kembali, lalu cicipi hingga rasanya benar-benar pas untuk disajikan.
  8. Jika rasa sudah pas dan kuas sudah mendidih, angkatlah masakan sayur asem ini lalu sajikan.

Bagaimana? Bukankah cara membuat sayur asem untuk berbuka puasa sangat mudah? Cara ini tentunya bisa Kamu coba di rumah sebagai sajian berbuka puasa bersama keluarga.

Agar lebih nikmat, jangan lupa untuk menyajikannya dengan nasi hangat, sambal terasi, dan juga bergedel kentang. Hmmm, sumah menu makanan ini dijamin bakal bikin Kamu ngiler dan ingin nambah setiap saat.

Dengan rasanya yang khas yakni asem, manis, dan juga asin membuat saur ini sangat cocok dengan lidah Kamu.

Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya juga akan mengembalikan nutrisi dan juga energi yang sudah terpakai selama berpuasa seharian.

Tunggu apa lagi? langsung saja coba cara membuat sayur asem untuk berbuka puasa di atas.