Cara Membuat Tahu Isi Dengan Mudah Tanpa Repot

Cara Membuat Tahu Isi (Tahu Mercon)

image via http://www.dherenote.com/

Cara Membuat Tahu Isi Dengan Mudah – Tahu isi adalah salah satu gorengan yang sangat familiar dan disukai semua orang. Tentu, Kamu pernah mencobanya, bukan? Gorengan ini banyak tersedia di tepi jalan terutama di sore hari.

Loading...

Rasa panganan ini cukup nikmat terutama untuk camilan dan disajikan dengan teh dan dinikmati di sore hari. Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas cara membuat tahu isi.

Ya, membuat tahu isi bisa menjadi hal yang menyenangkan. Selain Kamu bisa membuat kreasi tahu isi yang unik, resep panganan ini sebenarnya tidak terlalu susah untuk dicoba. Bahkan, bahan-bahan yang dibutuhkan pun bisa ditemukan dengan mudah di warung-warung tetangga.

Cara Membuat Tahu Isi Dengan Mudah

Kamu yang sedang belajar memasak pun tidak perlu repot jika hendak membuat panganan satu ini. Ya, tidak perlu teknik khusus nan ribet, Kamu sudah bisa membuat panganan lezat di rumah untuk disajikan untuk keluarga tercinta.

Nah, penasaran bagaimana cara membuat panganan yang satu ini? Simak beberapa ulasan tentang resep dan cara membuat tahu isi berikut ini!

Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Tahu Isi

Sebelum membahas tentang cara membuat tahu isi, sebagaimana disinggung di awal bahwa bahan yang digunakan untuk membuat tahu isi cenderung cukup mudah untuk didapatkan. Bahan-bahan tersebut, selain mudah didapatkan di warung sekitar, harganya pun juga murah.

Bahan dan Isian

Adapun beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat gorengan nan lezat ini adalah sebagai berikut:

  • 5 buah tahu kuning atau putih sesuai selera (bisa ditambahkan jumlah tahu jika adonan tepung dan isian masih ada)
  • 50 gram wortel serut halus
  • 5 lembar kol, iris tipis
  • 2 batang daun bawang
  • 100 gram tepung terigu
  • 1 sdm tepung kanji
  • ½sdt garam
  • 150ml air.

Jika dilihat, bahan-bahan di atas sangat mudah ditemukan di sekitar rumah. Bahkan, bahan-bahan tersebut seringkali Kamu gunakan di dapur. Tentu, jika beberapa bahan sudah ada di dapur, Kamu tidak perlu membelinya, bukan?

Nah, dalam hal ini sebenarnya Kamu bisa menambahkan bahan lain sebagai isian tahu. Beberapa ide mengenai isian tahu lainnya, sesuai selera adalah seperti menambahkan taoge, kubis atau lainnya.

Selain bahan di atas, ada bumbu halus yang juga harus disiapkan sebelumnya sebelum membahas cara membuat tahu isi. Bumbu ini sangat penting untuk diperhatikan karena akan sangat berpengaruh pada rasa tahu isi yang hendak Kamu buat.

Resep dan Bumbu Spesial Tahu Isi

Bumbu halus dibuat dengan beberapa bahan yang simple dan sangat familiar. Beberapa bahan untuk membuat bumbu halus yang harus disiapkan adalah sebagai berikut:

  • 2 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica.

Sebagai catatan, Kamu bisa menambahkan kemiri untuk mendapatkan rasa yang lebih gurih. Selain itu, untuk mendapatkan kesan yang lebih pedas, Kamu bisa menambahkan komposisi merica saat membuat bumbu halus. Jika bahan-bahan dan bumbu halus sudah siap, kita akan melangkah ke pembahasan mengenai cara membuat tahu isi.

Langkah dan Cara Membuat Tahu Isi

Cara membuat tahu isi sebenarnya tidak terlalu ribet dan bahkan bisa dikatakan cukup mudah. Hal ini dikarenakan langkah yang harus dilakukan cukup sederhana. Anda yang sedang belajar memasak pun sebenarnya bisa membuat tahu isi dengan mudah dan rasa yang nikmat. Lantas, bagaimana cara untuk membuat gorengan satu ini?

Simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Langkah pertama, ambil wadah. Aduk rata tepung kanji, tepung terigu dan juga garam. Setelah itu, masukkan air dan aduk hingga merata. Sesuaikan rasa dan tambah garam jika diperlukan. Simpan adonan tepung ini.
  2. Langkah kedua untuk membuat tahu isi yang perlu dilakukan adalah belah tahu dengan menyerong. Nah, jika sudah, lalu keruk bagian dalam dari tahu tersebut. Bentuk menyerong lebih disarankan agar tahu terlihat lebih unik dan juga lebih besar. Sisihkan.
  3. Ambil wajan kecil dan beri minyak. Cara membuat tahu isi selanjutnya adalah menumis bumbu halus hingga halus. Tumis menggunakan api kecil hingga bumbu tersebut matang.
  4. Jika bumbu sudah matang, maka masukkan kol, wortel dan bagian dalam tahu yang tadi di keruk. Masak beberapa bahan tersebut beberapa saat hingga seluruh bahan matang dengan baik. Sebelum diangkat, masukkan daun bawang, garam, gula dan juga merica. Angkat.
  5. Tambahkan minyak dan besarkan api untuk persiapan menggoreng tahu isi.
  6. Saat menunggu minyak panas, ambil tahu yang sudah diiris. Nah, cara membuat tahu isi selanjutnya adalah mengisi tahu tersebut dengan isian yang sudah disiapkan. Dalam hal ini, Kamu bisa berkreasi mengenai banyaknya isian. Namun, jangan mengisi tahu terlalu penuh.
  7. Jika tahu sudah terisi dengan isian sayuran, ambil adonan tepung yang sudah disiapkan tersebut. Masukkan tahu isi ke dalam adonan dengan cara satu persatu dimasukkan langsung digoreng agar tahu isian tidak buyar di dalam adonan tepung. Pastikan tahu terlumuri tepung dengan sempurna. Jika sudah, langsung goreng.
  8. Goreng tahu isi seperti biasa. Balik dan pastikan tahu isi matang dengan sempurna. Dalam hal ini, tahu isi cenderung lebih enak ketika digoreng hingga sedikit lebih kering agar lebih renyah.
  9. Angkat tahu jika sudah matang. Tiriskan.
  10. Sajikan tahu isi selagi hangat

Tips yang Perlu Diketahui

Untuk mendapatkan variasi atau hasil yang baik dalam membuat tahu isi, ada beberapa tips yang perlu Kamu ketahui. Tips ini tentu saja akan membuat sajian tahu isi yang Kamu buat semakin spesial dan mantap.

Nah, beberapa tips yang perlu Kamu ketahui perihal membuat tahu isi adalah sebagai berikut:

  1. Kamu bisa menggunakan tahu pong untuk mendapatkan tahu isi yang lebih renyah
  2. Bila ingin isian tahu lebih lengkap, Kamu bisa menambahkan kubis, taoge dan beberapa bahan lainnya sesuai selera
  3. Jika Kamu ingin sensasi pedas di dalam isian tahu, maka Kamu bisa menambahkan irisan cabai pada isian saat di tumis. Atau, tambahkan saja sambal jika menghendaki rasa pedas pada tahu isi
  4. Tahu isi harus digoreng dalam minyak yang memang sudah panas namun tidak terlalu over. Tingkat kepanasan minyak akan sangat berpengaruh pada hasil gorengan. Dengan tingkat panas minyak yang tepat, tahu isi bisa kering dengan sempurna
  5. Jika ingin hasil gorengan tahu isi tampak lebih renyah, tambahkan komposisi pada tepung kanji. Secara umum, tepung kanji akan membuat gorengan lebih keras
  6. Sajikan tahu isi dengan cabai rawit hijau sebagai pendamping. Selain itu, Kamu juga bisa menggunakan saus. Salah satu saus yang cocok untuk menemani sajian tahu isi adalah saus bangkok.

Nah, demikian beberapa tips yang bisa Kamu terapkan saat membuat tahu isi sebagai panganan di rumah. Jika dilihat sekilas, cara membuat tahu isi juga cukup mudah. Jadi, tunggu apalagi, siapkan bahan-bahan yang diperlukan dan mulailah membuat tahu isi yang mudah dan lezat. Selamat mencoba di rumah!