Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Mudah Mengenal Orang Berkepribadian Tertutup, Inilah 10 Ciri-Ciri Orang Introvert

Ciri-Ciri Orang Introvert

image via https://www.today.com/

Ciri ciri Introvert – Setiap orang tentu terlahir dengan kepribadian yang berbeda. Beberapa diantara mereka tumbuh menjadi manusia dengan kemampuan sosialisasi yang baik dan terbuka terhadap banyak hal. Sementara beberapa orang lain menjadi pribadi yang memilih untuk menyembunyikan kehidupan pribadinya dari pantauan orang lain.

Ya, pembagian tipikal manusia seperti ini lebih dikenal dengan sebutan ekstrovert, introvert, atau bahkan ambivert yang merupakan pribadi dengan dua keahlian sekaligus. Hal ini bergantung pada kondisi lingkungannya dan orang-orang yang berada di sekitarnya.

Ciri Ciri Introvert

Nah, bagi  Kamu yang penasaran dengan ciri ciri introvert, berikut informasi lengkapnya untuk  Kamu.

1. Memilih Sendiri

Orang dengan kepribadian tertutup umumnya lebih senang apabila melakukan segala aktivitasnya tanpa bantuan orang lain. Tipe ini juga lebih sering menghabiskan waktu seorang diri.

Selain merasakan kenyamanan yang lebih, mereka juga merasakan kebebasan dengan tidak terikat dan berkomunikasi dengan orang luar.

Tapi bukan berarti orang dengan ciri ciri introvert semacam ini tidak punya keahlian untuk berinteraksi ya? Kegiatan mereka mengurung diri merupakan salah satu cara ampuh agar terhindar dari kemungkinan yang dapat membuat mood mereka hancur.

2. Tidak Suka Basa-Basi

Di tempat kerja, bisa terbilang hampir setiap hari Kamu harus bertemu dan berinteraksi dengan macam-macam tipikal manusia. Ada orang yang memiliki selera humor yang tinggi alias out going dengan siapapun.

Biasanya, rona wajah mereka tidak memancarkan keseriusan pada setiap hal yang dihadapi, dan lebih cepat bisa menerima suatu kondisi yang tidak terlalu dikehendaki.

Namun beda halnya dengan ciri-ciri introvert yang cenderung tidak menyukai basa-basi. Mereka yang punya pribadi tertutup lebih suka to the point lantaran menganggap basa-basi hanya membuang-buang waktu saja.

3. Stress di Keramaian

Suasana yang terlalu bising juga menjadi hal yang dibenci oleh orang introvert. Kondisi yang riuh dengan keribetan yang terjadi ternyata bisa membuat mereka pusing.

Terlebih jika dalam keramaian tersebut ia hanya berdiri seorang diri. Tanpa teman yang bisa diajak ngobrol atau membicarakan sesuatu. Sudah pasti depresi ringan akan melanda.

Hal yang kerap dilakukan oleh orang dengan ciri-ciri introvert ketika menghadapi hal semacam ini ialah menghindari keramaian, lalu mencari tempat yang bisa untuk menenangkan diri.

4. Menghindari Berbicara di Depan Umum

Manusia memang terlahir dengan kemampuan yang unik. Dimana setiap orang sudah bisa dipastikan ahli dalam suatu bidang.

Tak terkecuali dengan orang ekstrovert yang punya jiwa sosialisasi tinggi. selain itu, keahlian public speaking-nya juga tergolong bagus.

Mereka bahkan mampu menjelaskan sesuatu secara random namun tetap membuat orang yang berada di sekelilingnya paham.

Tetapi, hal yang terjadi pada orang introvert  justru sebaliknya. Mereka bukanlah seseorang yang bisa tampil di lapangan atau di depan umum, melainkan orang yang lebih suka berperan di belakang layar.

5. Me Time

Ya, sebagaimana keramaian yang menjadi hal penting untuk dihindari. Orang dengan kepribadian introvert memerlukan waktu untuk menenangkan dirinya.

Selain untuk mengembalikan rasa optimis mereka untuk menghadapi hari-hari dan kegiatannya, orang introvert juga perlu memperbaiki mood mereka sesaat setelah mereka diterpa keramaian.

Suasana yang bising membuat orang dengan kepribadian ini merasakan kelelahan, sehingga jika  Kamu mempunyai kerabat atau saudara dengan kriteria semacam ini, pastikan Kamu memberinya ruang dan waktu bagi dirinya.

Jangan mengganggu mereka untuk selalu bersama  Kamu. Selain menyebalkan bagi mereka, hal ini malah bisa membuat mereka menghindari pertemuan dengan  Kamu.

6. Lebih Memilih Chat Ketimbang Telepon

Pernahkan  Kamu menjumpai orang dengan ciri-ciri introvert seperti ini? Kamu ini sebenarnya mungkin tidak berlaku bagi banyak orang yang punya kepribadian tertutup.

Namun, setidaknya  Kamu dapat memperkirakan bagaimana tipe orang yang terbilang dekat dengan kehidupan  Kamu tersebut.

Alasan mengapa chat lebih menyenangkan ketimbang via telepon ialah karena berkirim pesan tidak mengharuskan mereka untuk mengobrol atau mengeluarkan suara. Berbicara, meskipun dalam jarak yang jauh dapat mengganggu kestabilan emosional orang introvert.

Tak ayal jika mereka lebih memilih untuk tidak melakukan video call dengan  Kamu. sedikit rasa kurang percaya diri dan minderlah yang menjadi penyebab dari ciri-ciri introvert ini terjadi.

7. Penyayang

Meski kepiawaian mereka untuk berbicara di depan khayalak dapat dikatakan kurang, namun mereka adalah tipe orang dengan kasih sayang yang tulus.

Sekali waktu pada saat mereka dekat dengan seseorang, atau bahkan sudah mengenal satu orang yang membuatnya nyaman, mereka tidak tanggung-tanggung mencurahkan kasih sayangnya.

Untuk itu, perlu waktu lama bagi mereka menemukan sosok yang tepat. Pribadi yang mampu mengimbangi kekosongan dalam hidupnya. Membuat hari-hari mereka menjadi lebih berarti ketimbang sebelumnya.

Di sisi lain, ciri-ciri introvert yang penyayang ini juga dibarengi dengan kerelaan hati untuk berkorban maupun menolong orang yang dicintainya tanpa pamrih.

8. Kreatif

Inilah poin menarik yang wajib Kamu gali dari seorang introvert. Jika mereka tidak punya skill untuk berbicara yang baik di depan umum. Maka bukan berarti mereka tipe orang yang miskin ide.

Pribadi yang dikenal aktif beraksi di belakang layar ini merupakan seseorang dengan kreativitas apik tanpa batas. Orang introvert menyimpan ide liar yang luar biasa sampai-sampai terkadang membuat orang lain susah mencerna.

Berbekal ciri ciri introvert ini, tak ayal meski mereka dibekali dengan kepribadian yang tertutup namun mereka mempunyai karya yang luar biasa. Banyak dari mereka yang sukses mengembangkan idenya menjadi pekerjaan yang cemerlang bagi masa depannya dan orang lain.

9. Bijak

Serius, tidak banyak omong dan more action. Itulah tiga sifat khusus yang akan  Kamu jumpai pada kepribadian orang-orang introvert.

Mereka meskipun terkenal kurang gaul alias banyak diam, namun mereka memiliki sisi yang sangat teliti dalam memutuskan segala hal.

Tidak terkecuali saat mereka diharuskan untuk menentukan keputusan yang berarti bagi kelangsungan pekerjaannya.

Mereka akan memikirkan dengan matang setiap masalah dan langkah yang akan diambil guna mendapatkan solusi yang bijak. Pertimbangan dengan memikirkan rekan-rekannya juga bukan perhitungan yang mudah.

Tak jarang berkat sifat bijaknya ini, orang introvert lebih diandalkan meski usia mereka masih muda. Sebab, introvert adalah sosok yang dewasa.

10. Pendengar Setia

Ciri ciri introvert yang tidak banyak omong barangkali merupakan alasan tepat mengapa orang dengan kepribadian ini sangat disukai sebagai pendengar setia.

Mereka mampu mendengarkan dengan baik curhatan orang lain. Tentu tanpa harus membocorkan rahasia orang yang dipercayainya tersebut.

Tanpa disadari, setiap orang memerlukan sahabat yang mampu mendengarkan keluh kesah. Menjadi teman yang mampu menampung masalah kehidupannya dengan perlakuan yang tulus. Nilai plus inilah yang hanya dapat  Kamu temukan melalui orang dengan kepribadian tertutup.

Mereka benar-benar dibekali dengan kesabaran tingkat tinggi, serta keleluasaan untuk tidak menyertakan emosi dalam menangkap sesuatu yang disampaikan orang lain. Jadi, tak usah ragu lagi menyampaikan curhatan  Kamu pada kepribadian ini.

..

Bagaimana? Sudah tahu kan ciri ciri introvert? Atau Kamu justru salah satu dari ribuan orang dengan tipe pribadi tersebut?