Goyang Lidahmu dengan 10 Makanan Khas Cirebon Ini!

Nasi Jamblang Cirebon

https://travelindonesiaja.wordpress.com/

Kuliner Nusantara memang begitu kaya raya. Bahkan, saking banyak ragamnya, Kamu tidak akan pernah bisa menghitung persis jumlah makanan khas per daerah di seantero Indonesia.

Loading...

Mungkin puluhan ribu, ratusan ribu, atau bahkan mencapai jutaan? Pasalnya, di setiap kabupaten atau kota memiliki kuliner yang unik.

Termasuk juga untuk makanan khas Cirebon yang terhitung ada puluhan jumlahnya. Nah, beberapa yang paling terkenal adalah Empal Gentong dan Nasi Jamblang.

Bahkan kepopuleran dua menu tersebut telah mencapai ibukota. Kamu bisa dengan mudah menemukan sajian tersebut di berbagai Resto di kota-kota besar.

Makanan Khas Cirebon

Bukan hanya dua kuliner tersebut, yuk, bahas makanan khas Cirebon yang tidak kalah nikmat! Langsung saja, ini dia ulasannya.

1. Empal Gentong

Empal Gentong

https://sajiansedap.grid.id/

Makanan khas Cirebon yang satu ini memang sangat lekat dengan kota asalnya. Sebab, pembuatannya sangat unik yakni menggunakan kuali dari tanah liat.

Sehingga menimbulkan aroma yang khas dan lebih harum. Hal tersebut juga dipengaruhi karena diproses menggunakan kayu bakar.

Sajian ini memiliki tampilan kuah kuning. Kamu akan lebih bisa merasakan kelezatannya jika dikonsumsi selagi panas.

Rasanya cenderung gurih karena kuah yang beradu dengan daging sapi dan aneka jeroan. Nah, Kamu akan mendapati jenis jeroan sapi di dalam sajian seperti usus, babat, paru, dan juga limpa.

Umumnya, Empal Gentong dibanderol dengan harga Rp 17.000,- sampai Rp 22.000,- untuk setiap porsinya. Salah satu warung makan yang recommended di Cirebon adalah Empal Gentong H. Aud, Amarta, dan Mang Darma.

2. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang

https://travelingyuk.com/

Tidak akan lengkap rasanya kalau Kamu menyambangi Cirebon tanpa menyantap kuliner ini. Yang menjadikan kuliner ini begitu epic adalah pembungkusnya yang berupa daun jati.

Sajian Nasi Jamblang mulanya berasal dari Desa Jampang. DI tempat itu juga terkenal karena Nasi Jamblangnya yang murah dan enak.

Nasi Jamblang disajikan bersama dengan beberapa pilihan lauk seperti perkedel, sate kentang, ikan asin, tahu sayur, aneka pepes, tempe, ayam goreng, hingga tumis cumi hitam dan paru goreng.

Kamu bisa memilih lauk yang sesuai dengan selera. Dijamin Kamu akan ketagihan begitu mencobanya.

Nasi Jamblang dijajakan dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp 2.000,- sampai Rp 20.000,- tergantung pilihan lauknya.

Nikmati juga Goyang Lidahmu dengan 10 Makanan Khas Cirebon Ini!

3. Mi Koclok

Mi Koclok

https://www.qupas.id/

Sebagian orang Indonesia menyukai kuliner mi, sehingga terciptalah banyak varian sajian yang menggunakan bahan berupa mi. Nah, Cirebon memiliki Mi Koclok yang mantap jika dinikmati saat hujan mendera.

Mi Koclok adalah mi yang disajikan dengan irisan telur rebus, tauge, ayam suwir, serta daun bawang. Kuah mi ini berwarna putih kental.

Sebaiknya kalau mau berburu makanan khas Cirebon ini pada sore hari. Kamu akan sulit menemukan warung Mi Koclok di siang atau pagi hari.

4. Nasi Lengko

Nasi Lengko

https://www.merdeka.com/

Selain Nasi Jamblang, Kamu juga wajib mencicipi kuliner nasi yang bernama Nasi Lengko. Bisa dibilang, Nasi Lengko adalah pecel-nya orang Cirebon.

Sebab, bahan yang digunakan tidak jauh beda yakni daun bawang tauge, potongan tahu tempe, timun, dan aneka sayur lainnya.

Sama seperti pecel, sajian ini juga disiram dengan bumbu kacang pedas. Setelah selesai disajikan, makanan khas Cirebon ini ditaburi dengan bawang goreng dan irisan daun kucai sehingga rasanya makin pecahhh!

5. Docang

Docang

https://www.primarasa.co.id/

Kalau Nasi Lengko mirip dengan pecel, maka Docang identik dengan kupat tahu Singaparna. Hal ini dikarenakan isian Docang yang berupa tauge, lontong, daun singkong, parutan kelapa, dan taburan kerupuk.

Ciri khas dari Docang yang paling unik adalah siraman kuah panas, tempe bungkil atau oncom, serta sambal Docang-nya.

Makanan khas Cirebon ini memiliki cita rasa gurih, segar, dan pedas. Efek yang diberikan oleh Docang ketika Kamu menyantapnya adalah meler-meler saking nikmatnya.

Untuk menikmati satu porsi Docang, Kamu hanya cukup menyiapkan dana sebesar Rp 10.000,- hingga Rp 15.000,-. Murah banget kan?

Baca juga: Makanan Khas Magelang

6. Tahu Gejrot

Tahu Gejrot

https://id.pinterest.com/

Kalau makanan khas Cirebon yang satu ini sih, sudah sangat populer di Jawa. Bahkan, di Jakarta, Kamu bisa dengan mudah mendapatkan Tahu Gejrot yang dijajakan secara keliling.

Pada bagian belakang gerobak akan tersaji tahu yang telah digoreng. Eits, ini bukan tahu biasa lho! Penyajiannya juga tergolong unik banget.

Nah, Tahu Gejrot biasanya disajikan menggunakan cobek berukuran kecil berbahan tanah liat. Lantas, tahu diulek bersama bumbu kuah yang bercita rasa masam, manis, dan pedas.

Oh ya, ada juga tambahan rasa gurih yang menggoda selera. Pas banget untuk menemani perut keroncongan sebelum jam makan besar!

7. Empal Asam

Empal Asam

http://www.diahdidi.com/

Mirip-mirip dengan Empal Gentong, Empal Asam memiliki cita rasa yang sedikit bea. Yakni terletak pada rasa asamnya. Salah satu kedai yang paling terkenal di Cirebon yang menyajikan menu Empal Asam adalah Amarta Plered.

Empal Gentong memiliki rasa yang cenderung gurih dan segar, sementara Empal Asam memiliki rasa masam. Sehingga makanan khas Cirebon ini sangat menyegarkan.

Hal ini dikarenakan bahan pembuatannya yang menggunakan belimbing wuluh. Sedangkan untuk isiannya bisa Kamu pilih sesuai dengan selera.

Opsi isian Empal Asam diantaranya jeroan seperti babat, paru, dan sebagainya, Kamu juga bisa memilih isian daging. Untuk satu porsi Empal Asam dibanderol dengan harga Rp 23.000,- saja.

8. Bubur Sop Ayam

Bubur Sop Ayam

https://travelingyuk.com/

Kalau menyambangi Cirebon, wajib banget mencicipi kuliner yang unik ini. Nah, kalau bubur ayam mungkin sering dengar kan? Tapi kalau Bubur Sop Ayam? Yang pasti kuliner ini Cuma ada di Cirebon deh!

Bubur Sop Ayam merupakan sajian bubur yang disiram dengan kuah sop ayam. Nah, sop ayam ini dilengkapi dengan suwiran ayam dan sayuran seperti kol, irisan tomat, dan juga suun.

Soal rasa, tentu saja nikmat dan bisa jadi pengganjal perut kala pagi hari.

Coba juga: Makanan Khas Ponorogo

9. Pedesan Entog

Pedesan Entog

http://bisnisbandung.com/

Makanan khas Cirebon yang selanjutnya adalah Pedesan Entog yang berasal dari daerah Indramayu. Nah, Indramayu sendiri adalah daerah tetangga Cirebon, sehingga Kamu bisa mudah menemukannya di tempat ini.

Pedesan Entog merupakan makanan yang berbahan dasar daging entog atau menthok (itik). Kemudian sajian entog tersebut diberi kuah yang ekstra pedas.

Buat Kamu pecinta makanan dengan cita rasa yang membakar lidah, wajib banget menjajalnya.

Rasa pedas sajian ini berasal dari cabai merah yang dipadu dengan bumbu merica serta rempah lainnya. Satu porsi Pedesan Entog dijual seharga Rp 15.000,- saja.

10. Rujak Kangkung

Rujak Kangkung

https://phinemo.com/

Sebenarnya sih, makanan khas Cirebon ini mirip-mirip dengan kuliner Lombok yang bernama Plecing kangkung.

Nah, Rujak Kangkung bukan hanya populer di Cirebon saja, melainkan di daerah sekitarnya seperti Tegal, Brebes, dan juga Kuningan.

Rujak Kangkung dibuat menggunakan kangkung rebus yang disiram dengan bumbu rujak.

Nah, yang unik dari bumbu rujaknya adalah penambahan terasi khas Cirebon yang membikin cita rasanya semakin gurih dan beraroma khas. Warna sambal rujaknya pun cenderung merah. Hmm, sangat menggoda selera bukan?

Bagaimana, setelah menyimak aneka makanan khas Cirebon pastinya Kamu jadi ingin berwisata kuliner ke sana kan? So, siapkan diri untuk segera menjadi penjelajah rasa untuk memuaskan papilla-papila di lidahmu!