Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Daftar Menu Buka Puasa Senin Kamis yang Murah, Praktis dan Tidak Pakai Ribet

Daftar Menu Buka Puasa Senin Kamis – Puasa Senin Kamis adalah puasa sunah yang ditunaikan oleh sebagian besar umat muslim. Karena tidak dilakukan bersama-sama kadang kala puasa ini dilakukan tanpa persiapan termasuk juga pada menu sahur dan berbuka puasa.

Apa lagi bagi Kamu yang hidup merantau dan jauh dari rumah, mungkin menu apa saja tetap masuk ke perut. Bagi Kamu yang merantau dan sering menjalankan puasa Senin Kamis tidak perlu merasa khawatir. Sebab ada banyak sekali menu buka puasa Senin Kamis yang dijamin praktis dan tidak membuat kantong Kamu jebol.

Daftar Menu Buka Puasa Senin Kamis

Selain itu menu buka juga tetap menu sehat. Di bawah ini beberapa menu buka puasa sunah Senin Kamis yang murah, praktis, dan menyehatkan.

1. Nasi Goreng

Menu nasi goreng pada dasarnya adalah menu yang paling simpel dibandingkan menu pada umumnya. Bahkan bahan dasar yang digunakan untuk membuat nasi goreng juga mudah ditemukan.

Beberapa menu tersebut adalah nasi, minyak goreng, telur, sayuran, garam, minyak goreng, bawang putih, merica, bawang merah, kecap manis dan bahan lainnya.

Jika Kamu memang ingin menu buka puasa Senin Kamis dengan nasi goreng yang lebih spesial maka bisa tambahkan lauk lainnya seperti potongan ayam, potongan bakso, daging sapi dan lainnya.

Menu satu ini termasuk menu yang hemat dari pada lainnya. Sudah waktunya praktis, dana yang dibutuhkan juga murah, untuk satu porsi nasi telur Kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 10.000 saja.

2. Tahu Tempe Goreng dan Sambal Kecap

Anda pasti setuju bukan untuk mengonsumsi makanan satu ini. Iya bagaimana tidak selain murah dan meriah menu satu ini juga memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang baik untuk tubuh.

Tahu ataupun tempe goreng adalah salah satu makanan khas dari Indonesia dengan harga yang sangat murah. Dan siapa sangka di luar negeri makanan ini dihargai dengan nominal Rp. 250.000.

Kini Kamu bisa menggunakan tempe dan tahu sebagai makanan untuk menu buka puasa Senin Kamis. Bahkan menu satu ini sangat cocok bagi Kamu yang sibuk bekerja dan pulang sore sebab proses pembuatannya tidak memakan banyak waktu dan relatif mudah.

Kamu hanya perlu merendam tahu dan tempe ke dalam larutan garam selama beberapa menit. Setelah itu panaskan minyak dan goreng tahu dan tempe hingga berubah warna kecokelatan atau matang.

Anda pun bisa melengkapi menu tahu dan tempe goreng super praktis dengan sambal yang tentunya tidak kalah praktis yakni sambal kecap.

Kamu hanya perlu mengiris cabai dan menambahkannya dengan kecap manis. Menu buka ala-ala rumahan tahu dan tempe goreng sambal kecap manis hanya akan menguras dana Rp. 5.000 saja.

3. Bihun Campur Telur

Bosan dengan menu nasi goreng? Jika iya tidak ada salahnya Kamu mencoba untuk menu praktis, mudah dan murah yakni bihun campur telur. Cara membuat menu bihun goreng telur juga sangat mudah, sama halnya pada saat  Kamu membuat nasi goreng.

Siapkan bahan yang diperlukan dalam membuat menu bihun goreng di antaranya adalah bihun mentah, bawang putih, garam, bawang merah, merica, telur, kecap manis, serta minyak goreng.

Rebus bihun mentah sampai matang. Lalu masak dengan bahan-bahan lainnya. Tambahkan sayur sawi hijau pada bihun goreng maupun lauk lain, misalnya potongan ayam, potongan udang, dan potongan bakso sapi.

4. Telur Penyet Sambal Terasi

Telur penyet sepertinya juga bisa Kamu gunakan sebagai salah satu menu buka puasa Senin Kamis. Kamu pun bisa mengolahnya sendiri sesuai dengan keinginan bisa sebagai telur rebus, telur digoreng, telur bentuk mata sapi, dan juga telur dadar.

Kamu pun hanya perlu untuk membuat sambal terasi saja sebagai menu pendamping. Kamu pun tidak perlu dana banyak untuk membuat menu makanan. Siapkan saja uang Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000 semuanya beres. Santap menu telur dan sambal dengan nasi yang masih hangat.

Hal ini akan menambah cita rasa yang tersendiri. Kali ini tanpa yang mahal menu sederhana akan jadi santapan berbuka yang nikmat.

5. Sup Kacang Merah

Bosan dengan beberapa menu di atas dan ingin menu buka puasa Senin Kamis yang praktis dan berkuah? Jika memang iya maka sup kacang merah adalah solusi yang paling tepat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak menu sup kacang merah di antaranya adalah kacang merah yang masih segar, wortel, bawang putih dan merah, merica, garam, serta kaldu ayam maupun sapi.

Nah, langkah yang berikutnya adalah Kamu perlu merebus 1 liter air dengan  kaldu instan hingga air berkurang jadi tinggal 750 ml. Sembari menunggu, Kamu pun bida menumis bawang dengan minyak goreng hingga harum.

Setelah itu, tambahkan bawang dan kacang merah serta wortel pada air kaldu tersebut. Apabila Kamu punya dana dana lebih, tidak ada salahnya l tambahkan sedikit daging sapi pada  sup kacang merah untuk berbuka puasa.

6. Sayur Bening

Salah satu menu untuk buka puasa  bersama dengan keluarga yang praktis serta murah sekaligus bisa untuk menu sahur adalah sayur bening.

Bahan-yang diperlukan untuk membuat menu sayur bening seperti bayam, jagung, kunci atau rempah-rempah, bawang merah dan putih, garam, gula, serta merica.

Meskipun menu sayur yang sering dianggap remeh oleh banyak orang, nyatanya sayur bening sungguh lebih nikmat apabila Kamu santap bersama bakwan jagung. Kamu pun bisa memilih bakwan jagung sebagai lauk untuk makan buka.

Sayangnya, resep dan proses membuat bakwan jagung dirasa lebih rumit serta butuh waktu lama dibandingkan beberapa menu buka puasa Senin Kamis.

Akan tetapi, sayur bening juga dapat disantap dengan lauk lainnya yang ada miliki seperti ikan atau pindang goreng maupun ikan mujair goreng, telur, tempe dan lainnya.

7. Nasi Pecel

Apakah Kamu sudah pernah mencoba menu buka puasa Senin Kamis dengan makanan khas Jawa Timur ini? Rasa serta tampilan dari pecel memang  mirip dengan menu karedok sebagai makanan khas dari Jawa Barat. Nah, pecel pun masuk ke dalam menu dan jenis makanan  yang  mudah untuk diolah.

Anda tidak perlu jauh-jauh beli ke warung sebab bisa membuatnya sendiri saat berada rumah, cukup hanya dengan beli sayuran misalnya kangkung, taoge, serta kacang panjang.

Selain itu bumbu pecel juga banyak sudah jadi dan dijual warung-warung. Rebus semua sayuran yang sudah Kamu beli hingga matang, kemudian larutkan bumbu pecel menggunakan air hangat.

..

Bagaimana cukup praktis mudah dan hemat untuk menu buka puasa Senin Kamis bukan? Kamu pun tidak perlu jauh-jauh beli sebab beberapa menu buka di atas bisa dibuat sendiri di rumah.

Kini yang sehat dan nikmat tidak harus mahal, bahkan makanan sederhana juga bisa menjadikan sajian buka puasa lebih nikmat. Selamat mencoba!