10 Ucapan Selamat Menjadi Ayah Baru dan 5 Bijak Peran Barunya

Ucapan Selamat Menjadi Ayah – Saat seorang istri melahirkan bayi, otomatis sang suami menjadi seorang ayah. Hal ini menjadi sesuatu yang sangat menggembirakan sekaligus mengharukan.

Loading...
Ucapan Selamat Menjadi Ayah

https://www.canva.com/goodminds.id

Bagi seorang laki-laki mendapatkan predikat sebagai seorang ayah adalah suatu kebahagiaan tersendiri. Jadi, sebagai saudara, teman, ataupun kerabat, Kamu patut memberikan ucapan selamat menjadi ayah baru padanya. Dengan begitu, secara tidak langsung, Anda memberikan apresiasi padanya.

Meski membahagiakan, menjadi seorang ayah baru tidaklah mudah. Harus membiasakan diri terhadap sesuatu yang bahkan tidak pernah terpikirkan untuk dilakukan sebelumnya. Seperti, mengganti popok bayi, begadang semalaman menunggu bayi, menemani istri berkonsultasi ke dokter secara rutin, dan sebagainya.

Untuk itu, sekedar memberikan ucapan selamat akan menguatkannya. Nah, jika Anda membutuhkan kata-kata inspirasi ucapan selamat menjadi ayah baru. Yuk, simak rangkumannya di bawah ini :

#1 Ucapan Selamat Menjadi Ayah Baru Berbahasa Inggris

  • What a lucky day you now! Congratulation Uncle Andie! Now you have a twin babies. I hope they will be the next director in your company!

Arti : Alangkah beruntungnya Kamu sekarang! Selamat Paman Andi! Sekarang Kamu punya bayi kembar sekaligus. Saya harap mereka akan menjadi direktur selanjutnya di perusahaanmu.

#2 Ucapan Selamat Menjadi Ayah Baru Dari Sang Kakek

  • I used to carry you and play with you in the field to teach you how I an to be a father, now it’s your turn! Congratulation my son, the new daddy!

Arti : Dulu aku menggendongmu dan mengajak bermain sebagaimana aku menjadi seorang ayah. sekarang adalah giliranmu! Selamat anakku, seorang ayah baru!

#3 Ucapan Selamat Menjadi Ayah Baru Untuk Sahabat

  • Wow, I can’t believe that you are now a new daddy friends! Congratulation mate!

Arti : Wow, Aku nggak percaya kalau Kamu sekarang sudah jadi seorang ayah. Selamat ya Sobat!

#4 Ucapan Selamat Menjadi Ayah Baru Untuk Bayi Laki-laki

Saya senang sekali saat tahu Kamu sekarang sudah menjadi seorang ayah dari bayi laki-laki yang ganteng. Kamu adalah orang yang sangat beruntung bisa mendapatkan anugerah sebesar ini.

Selamat Kawan! Semoga baby boy menjadi anak yang berguna bagi nusa bangsa dan agama.

#5 Ucapan Selamat Menjadi Ayah Baru Untuk Bayi Perempuan

Ayah adalah cinta pertama dari anak perempuannya. Untuk itu, cintai dia juga sebesar Kamu mencintai ibunya. Selamat atas kelahiran bayi perempuanmu. Jadilah ayah yang baik dalam mendidiknya.

#6 Ucapan Selamat Menjadi Ayah Baru Dan Doa

Selamat atas kelahiran bayi cantikmu. Wah, sekarang sudah jadi seorang ayah, ya! Pastinya ini adalah momen yang paling Kamu tunggu selama 9 bulan.

Semoga bayimu kelak memiliki kecerdasan, baik perangainya, dan memiliki akhlaq secantik parasnya.

#7 Ucapan Selamat Menjadi Ayah Baru Lucu

Selamat begadang setiap malam, Ayah Baru! Jangan lupa minum vitamin biar badanmu nggak drop! Haha. Jadilah ayah yang baik untuk anakmu. Semoga baby boy nggak seperti ayahnya kelak.

#8 Ucapan Selamat Menjadi Ayah Baru Bijak

Selamat atas kelahiran bayimu. Jadilah ayah yang menyenangkan sekaligus bertanggung jawab. Sebab, Kamu kelak akan dituntut pertanggung jawabannya di hadapan Tuhan dalam mendidik anakmu.

Semoga bayimu kelak menjadi anak yang berbakti pada orang tua, dan berguna bagi nusa dan bangsa.

#9 Ucapan Selamat Menjadi Ayah Baru Islami

Ayah diberikan bahu yang kuat untuk menopang kesedihannya. Jadilah seorang ayah yang kuat dalam mendidik anaknya. Selamat telah menjadi seorang ayah.

Semoga Allah memberkahi setiap daya upayamu dalam memperjuangkan keluarga dan anak-anakmu. Semoga bayimu kelak menjadi orang yang solih-solihah, berbakti pada orang tua, dan berguna bagi agama serta bagi seluruh umat manusia.

#10 Ucapan Selamat menjadi Ayah Mengharukan

Selamat, sekarang Kamu sudah menjadi seorang ayah! Sekarang punggungmu menjadi penyangga bagi rumah tangga. Sayangilah setiap anggota keluarga, berilah mereka cinta.

Penuhi setiap tanggung jawab yang menjadi bebanmu. Jangan menyerah saat Kamu merasa hari-hari menjadi lebih berat, ingatlah bahwa kasih sayang Allah lebih banyak dari buih di lautan.

Dengan menjadi seorang ayah baru, ada beberapa tanggung jawab baru yang harus diemban olehmu. Dalam Islam,setidaknya ada 5 hal yang harus dipenuhi oleh seorang ayah terhadap anak dan keluarganya. Apa saja?

  1. Memberikan Nama yang Baik Untuk Anak-anaknya

Pemberian nama adalah kewajiban bagi seorang ayah. Dalam Islam, untuk memberi nama diharuskan mengandung arti yang baik. Sebab, dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda “Pada hari kiatat, setiap manusia akan dipanggil menggunakan namanya masing-masing juga nama orangtuanya.”

  1. Menanamkan Keimanan Atau Tauhid dan Juga Akhlaq

Pendidikan anak yang pertama adalah dari lingkungan keluarga di dalam rumahnya. Sedangkan gurunya adalah orang tua. Kedua orang tua haruslah memiliki porsi yang sama dalam mendidik anaknya.

Selain memberi pendidikan yang baik, orang tua juga harus menanamkan nilai keimanan dan ketakwaan pada Allah SWT. Kunci utamanya ada pada pola asuh yang islami. Seorang ayah harus mengajarkan pada anak kepada siapa mereka harus menyembah dan beriman.

  1. Membentuk Cara Berpikir Anak

Untuk membentuk cara berpikir anak yang islami, orang tua harus menyekolahkannya di sekolah yang islami. Sebab, lingkungan adalah salah satu faktor utama untuk membentuk kepribadian anak. Pilihlah sekolah yang tidak hanya memberi kecerdasan intelektual saja. Akan tetapi, yang dapat membentuk pribadi yang berakhlaqul karimah.

  1. Menjadi Teladan Bagi Anaknya

Dalam mendidik anak, dibutuhkan seorang role model yang bisa menjadi teladan baginya. Nah, role model yang paling baik adalah dari orang tuanya sendiri. Terutama ayahnya. Sebab, anak adalah peniru ulung yang mengikuti semua gerak langkah idolanya.

Orang tua hendaknya memberi teladan dan contoh yang baik dalam perilaku sehari-hari. sehingga, ia tidak mencari idola lain yang jauh dari akhlaq islami seperti artis-artis barat dengan kebudayaannya yang bebas.

  1. Menjaganya Dari Lingkungan yang Kurang Baik

Pengaruh lingkungan memang sangat besar bagi tumbuh kembang seorang anak. Untuk itu, jauhkan mereka dari pergaulan tanpa arah.

Saat ini, pengaruh buruk tidak hanya datang dari lingkungan saja. Akan tetapi, juga bisa disebabkan karena pemberian gadget tanpa kontrol.

Di dalam internet, ada banyak konten yang kurang sesuai bagi anak. Sehingga, orang tua harus memberikan pengawasan lebih ketat terhadap aktivitas si Kecil dalam penggunaan gadget. Selain itu, jangan berikan gadget pribadi untuk anak-anak.

Oleh karena itu, sebelum membeli rumah, pastikan dulu lingkungannya baik. berikanlah pola didik yang sesuai dengan ajaran Islam.

Akan tetapi, bukan berarti orang tua harus overprotected pada anaknya. Hal tersebut malah bisa menjadi penghambat bagi perkembangannya.

Itulah 10 ucapan selamat menjadi ayah baru dan nasehat untuk para ayah baru. Semoga para ayah diberi kekuatan untuk mendidik anaknya dan memenuhi tanggung jawab terhadap keluarga. Demikian, semoga bermanfaat.