Ini Dia 3 Cara Membuat Es Buah Susu Untuk Buka Puasa yang Hits dan Kekinian

Bagaimana dengan puasa hari ini? Tentunya masih semangat bukan? Nah sembari menunggu waktu berbuka puasa, bagaimana jika kita membahas cara membuat es buah susu untuk buka puasa. Menarik bukan?

Loading...

Eh buah susu merupakan salah satu jenis minuman yang menyegarkan dan kaya akan kandungan manfaat. Bagaimana tidak? Es ini terdiri dari berbagai macam jenis buah yang banyak mengandung vitamin serta susu yang bagus untuk kesehatan tulang dan gigi.

Es buah susu ini menjadi salah satu jenis minuman yang paling banyak dicari saat bulan Ramadhan. Pasalnya setelah seharian menjalankan ibadah puasa menahan lapar dan dahaga,

Es buah susu akan memberikan kesegaran dan semangat yang baru dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan selanjutnya. Cara membuat es buah susu untuk buka puasa cukup mudah lho. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya berikut ini.

1. Es Susu Melon

Es Susu Melon

image via cookpad.com

Salah satu es buah susu yang paling banyak dicari waktu ngabuburit adalah es susu melon. Es ini memiliki rasa yang enak dengan sensasi melon yang menyegarkan.

Es susu melon ini juga cukup mudah cara membuatnya. Cara membuat es buah susu untuk buka puasa yang satu ini, yang pertama adalah menyiapkan bahan-bahannya. Antara lain adalah sebagai berikut:

Bahan-bahan:

  • Potongan buah melon
  • 2 bungkus susu kental manis
  • 500 ml air
  • Es batu.

Cara membuatnya:

  1. Masukkan potongan buah melon ke dalam gelas. Untuk cara memotong buah melon ini tergantung selera. Kamu bisa memilih bentuk square ataupun bulan. Atau bahkan serut panjang-panjang.
  2. Setelah itu masukkan dua bungkus susu kental manis atau sesuai selera.
  3. Masukkan air ke dalam gelas dan aduk hingga tercampur rata.
  4. Tambahkan es secukupnya.

Cara membuat es buah susu untuk buka puasa yang satu ini mudah bukan? Selain memiliki rasa yang nikmat dan menyegarkan, es susu melon ini juga kaya akan manfaat yang luar biasa bagi tubuh Kita lho.

Salah satu manfaat es susu melon ini adalah menyehatkan jantung. Melon dipercaya banyak mengandung kalium yang mampu melancarkan aliran darah di dalam jantung dan membuat detak jantung menjadi lebih teratur. Selain itu, melon juga banyak mengandung vitamin C, B6 yang juga baik untuk ibu hamil.

Belum lagi manfaat susu yang luar biasa bagi tubuh. Susu yang notabene merupakan olahan dari protein hewani ini selain memiliki rasa yang enak juga kaya ragam manfaat.

Beberapa manfaat susu antara lain adalah untuk kecantikan kulit, memulihkan otot, menjaga kesehatan tulang dan gigi dan juga sumber energi, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi pada saat berbuka puasa untuk memberikan energi tambahan.

Bisa kamu coba juga : Resep Es Buah Selasih

2. Es Jelly Susu Buah Naga

Es Jelly Susu Buah Naga

image via cookpad.com

Mendengar namanya tentunya Kamu sudah bisa membayangkan bukan apa saja yang terkandung di dalam es jelly susu buah naga.

Ya, es ini merupakan campuran dari susu dan buah naga. Es buah susu yang satu ini memiliki tampilan yang sangat cantik dan menggoda.

Bahan-bahan:

  • 2 buah naga dipotong-potong kotak
  • 400 ml air
  • 100 gram gula pasir
  • 5 gram agar-agar bubuk
  • Susu cair
  • Chia seed.

Cara membuatnya:

  1. Blender buah naga bersama agar-agar gula pasir dan air. Tunggu hingga menyatu halus.
  2. Masak buah naga yang sudah diblender bersama bahan-bahan lain tadi di atas panci dan tunggu hingga mendidih.
  3. Setelah mendidih, tuang ke dalam cetakan dan biarkan agar-agar buah naga tersebut beku.
  4. Setelah beku, masukkan agar-agar yang beku tersebut ke dalam gelas.
  5. Masukkan susu cair ke dalam gelas berisi agar-agar tadi, dan tambahkan chia seed.
  6. Terakhir, masukkan es batu. Tara… es jelly susu buah naga siap dihidangkan.

Bagaimana menurut Kamu? Menarik bukanm? Warnanya yang merah muda semakin menggoda saja saat puasa. Tapi ingat jangan sampai khilaf mencicipi sebelum waktu berbuka tiba ya. Bisa-bisa puasa Kamu jadi batal, kan sayang.

Sama seperti es susu melon, es jelly susu ini selain memiliki rasa yang menyegarkan dan nikmat juga sangat bagus untuk tubuh Kita lho.

Manfaat es jelly susu buah naga ini antara lain adalah es jelly susu buah naga ini diperkaya dengan kandungan protein yang tinggi yang mampu meningkatkan metabolisme di dalam tubuh serta mampu menjaga kesehatan jantung.

Selain itu,es jelly susu buah naga ini juga kaya akan serat, sehingga akan melancarkan buang air besar, mencegah kanker usus, kencing manis dan juga menyehatkan perut. Minuman ini juga sangat cocok bagi Kamu yang sedang dalam program diet lho.

Ada pula kandungan karotin di dalam buah naga yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata, menguatkan otak dan juga mencegah kerusakan pada otak. Menarik bukan minuman enak dan menyehatkan satu ini?

Baca juga : Cara Membuat Sop Buah untuk Buka Puasa

3. Es Buah Susu Anti galau

Es Buah Susu Anti galau

image via https://i.ytimg.com

Es buah susu anti galau yang satu ini disebut anti galau karena memiliki tampilan yang sangat menarik dan menyenangkan. Bagaimana tidak? Es buah yang satu ini tampil dengan penuh warna yang menggoda.

Dan terdiri dari berbagai macam buah yang menyehatkan sehingga siapapun yang meminumnya tidak akan galau lagi deh. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya berikut ini:

Bahan-bahan:

  • Semangka
  • Strawberry
  • Melon
  • Biji selasih
  • Nanas
  • Anggur
  • Susu kental manis
  • Air
  • Es batu.

Cara membuatnya:

  1. Potong semua buah dengan bentuk sesuai selera. Untuk buah strawberry cukup dipotong menjadi dua bagian saja agar nantinya tidak hancur jika diaduk-aduk.
  2. Siapkan wadah kosong. Masukkan semua buah ke dalam wadah.
  3. Masukkan susu kental manis ke dalam wadah berisi buah.
  4. Masukkan air secukupnya. Untuk rasa manis yang dihasilkan Kamu bisa mengaturnya sesuai dengan selera. Sebaiknya tidak terlalu manis karena campuran berbagai macam buah sudah cukup memberikan rasa manis. Jangan lupa sambil diaduk-aduk.
  5. Terakhir, masukkan es batu agar dingin. Es buah akan lebih nikmat jika dinikmati pada saat dingin.

Nah itulah berbagai resep cara membuat es buah susu untuk buka puasa dengan berbagai macam buah. Menarik bukan? selain memiliki rasa yang segar dan nikmat, juga sangat menyehatkan bagi tubuh kita.

Jika kita bisa mengonsumsi makanan yang lebih sehat kenapa harus memilih makanan yang tidak sehat. Nyatanya makanan yang menyehatkan juga memiliki rasa yang sama nikmatnya dengan makanan yang kurang sehat.

Menjaga kesehatan merupakan salah satu hal yang harus kita lakukan. Ya, kalau badan sudah terlanjur drop, bukan hanya Kita saja yang terkena imbas, namun juga orang tersayang yang ada di sekitar.

Apalagi pada saat menjalankan ibadah puasa. Nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh harus tetap terjaga agar tubuh senantiasa dalam kondisi prima.

Dan tentunya dapat beribadah dengan maksimal. Kalau bisa beribadah dengan maksimal, tentu Kamu akan merasakan kebahagiaan dan kebanggaan yang lebih dibanding sekadar berpuasa saja. Selamat mencoba!