Yuk, Bikin Puasa Kamu Lebih Menyenangkan Dengan Resep Es Buah Selasih Untuk Buka Puasa

Waktu berbuka puasa merupakan salah satu waktu yang paling ditunggu-tunggu saat menjalankan ibadah puasa. Selain bisa berkumpul makan bersama keluarga juga bisa menyantap sajian menu istimewa yang belum tentu ada di hari biasa. Salah satunya adalah resep es buah selasih untuk buka puasa.

Loading...

Siapa yang tidak mengenal  biji selasih yang sering menjadi primadona dalam dunia es yang menyegarkan. Tentunya Kamu sudah tidak asing lagi bukan?

Si kecil yang berwarna hitam ini memiliki rasa yang unik dan nikmat sehingga banyak orang yang menyukainya. Bahkan biji selasih ini sangat fleksibel. Pasalnya, biji yang satu ini bisa dicampurkan di segala macam minuman es yang menyegarkan.

Selain itu,dibalik bentuknya yang mungil juga tersimpan kandungan manfaat biji selasih yang sangat luar biasa bagi kesehatan.

Beberapa diantaranya adalah memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang mampu mengontrol diabetes serta baik untuk kesehatan kulit.

Hebatnya lagi, biji selasih ini juga mampu mengontrol berat badan, sehingga sangat cocok dikonsumsi bagi Kamu yang sedang menjalankan program diet.

Biji selasih ini juga dipercaya ampuh mengatasi batuk dan flu karena mengandung vicenin, orientin dan juga beta karoten yang mampu menghalau bakteri dan virus penyebab penyakit.

Nah, berikut ini adalah beberapa resep es buah selasih untuk buka puasa yang bisa membuat buka puasamu menjadi lebih menyenangkan dan bersemangat. Penasaran apa saja? Simak ulasannya berikut ini! Check these out!

1. Resep Es Buah Selasih Untuk Buka Puasa Anti Galau

Es buah selasih anti galau

image via tribunnews.com

Salah satu resep es buah selasih yang bisa Kamu andalkan,salah satunya adalah es buah selasih anti galau. Cara membuatnya cukup mudah kok. Pertama, siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu.

Bahan-bahan untuk membuat es buah selasih anti galau yang menyegarkan bisa Kamu dapatkan dengan mudah di pasar terdekat atau supermarket terdekat. Harganya juga sangat bersahabat jadi Kamu tidak perlu galau memikirkannya.

Bahan-bahan membuat es buah selasih anti galau antara lain adalah:

  • 1 buah melon
  • 1 buah pepaya california kecil
  • 5 sendok makan kerok kelapa muda
  • 1 sendok teh biji selasih yang sudah direndam air panas
  • 5 sendok makan sirup rasa melon
  • Air secukupnya.

Setelah semua bahan tersedia, kini waktunya untuk dieksekusi. Lets go!

  1. Keruk daging buah melon dan juga buah pepaya dengan kerokan buah yang berbentuk bulat agar nantinya tampilannya lebih cantik dan menggoda.
  2. Siapkan gelas dengan beri 2 hingga 3 sendok makan sirup rasa melon pada setiap gelas. Masukkan buah yang sudah dalam bentuk bulat-bulat tadi (pepaya dan melon) ke dalam gelas tersebut.
  3. Tambahkan kelapa muda dan juga buah selasih. Tuang air matang sedikit-sedikit sesuai selera. Terakhir masukkan es batu dan aduk-aduk. Nah es buah selasih anti galau untuk berbuka siap dihidangkan.

Bagaimana menurut Kamu? Mudah bukan? Nah Kamu bisa mencoba resep ini dirumah sebagai salah satu menu sajian istimewa saat berbuka puasa bersama keluarga.

Warnanya yang cerah dan menarik akan memberikan kesenangan tersendiri bagi siapa yang menikmatinya. Selamat mencoba.

2. Resep Es Buah selasih Untuk Buka Puasa Gadis Manis

Es Buah selasih Gadis Manis

image via www.romadecade.org

Selain resep di atas, ada juga lho resep es buah selasih untuk buka puasa lainnya. Penasaran seperti apa? Resep buah ini memiliki warna yang sangat cantik yaitu pink keunguan, sehingga tidak mengherankan jika resep es buah selasih yang satu ini diberi nama es buah selasih gadis manis.

Cara membuatnya cukup mudah ko. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah didapatkan dan memiliki harga yang terjangkau. Bahan yang dibutuhkan antara lain adalah sebagai berikut:

  • ¼ buah nanas yang dipotong-potong kecil
  • ¼ buah naga, dipotong-potong
  • 1 sendok teh biji selasih yang direndam air panas
  • 6 sendok makan sirup cocopandan
  • 100 ml air panas
  • 1 sendok makan gula pasir
  • Es batu.

Cara membuatnya:

  1. Campurkan irisan buah nanas yang sudah dipotong-potong tadi bersama air panas dan juga gula pasir. Aduk hingga gula pasir larut merata dan biarkan hingga hangat.
  2. Kemudian, masukkan buah naga,sirup cocopandan dan juga biji selasih ke dalam wadah bersama campuran nanas dan air panas tadi. Aduk hingga rata.
  3. Terakhir, masukkan es batu secukupnya.

Taraaa… Resep es buah selasih untuk buka puasa siap untuk dihidangkan. Perpaduan rasa nanas dan juga biji selasih serta sirup cocopandan yang menyatu memberikan sensasi menyegarkan yang  akan memberikan semangat dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Selamat mencoba.

Baca juga : Resep dan Cara Membuat Es Susu dengan Berbagai Toping Buah

3. Resep Es Buah Selasih Untuk Buka Puasa yang Sedang Hits dan Kekinian

Es Buah selasih Alpukat

image via kaskus.id

Nah bagi Kamu yang merasa anak zaman now, tidak ada salahnya jika Kamu mencoba membuat resep es buah selasih untuk buka puasa yang sedang hits dan kekinian.

Tampilan yang penuh warna akan akan sangat cocok dengan semangat anak muda zaman now yang berwarna dan menggelora. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya berikut ini!

Bahan-bahan:

  • buah semangka
  • Buah alpukat
  • Buah anggur
  • Nata de coco
  • Biji selasih
  • Air gula
  • Susu kental Manis.

Cara membuatnya:

  1. Potong semua buah dengan bentuk sesuai selera. Kamu bisa menggunakan alat kerok buah yang berbentuk bulat untuk menghasilkan bentuk bulat. Atau Kamu bisa memotongnya dalam bentuk kotak-kotak seperti Spongebob.
  2. Setelah semua buah terpotong masukkan ke dalam satu wadah mangkok besar.
  3. Rendam biji selasih dengan menggunakan air panas, tunggu hingga mengembang.
  4. Setelah biji selasih mengembang, masukkan biji selasih tersebut ke dalam mangkuk berisi potongan buah tadi bersama dengan nata de coco.
  5. Tambahkan air secukupnya, masukkan gula dan susu kental manis. Untuk manis yang dihasilkan Kamu bisa mengaturnya sesuai dengan selera.
  6. Terakhir aduk hingga rata, dan lihatlah hasilnya, es buah selasih bikinan Kamu siap dihidangkan dan sangat menggoda. Dengan perpaduan warna-warna istimewa membuatnya semakin menarik untuk dihidangkan. Mudah kan?

Nah itulah beberapa resep es buah selasih untuk berbuka yang bisa Kamu coba. Cara membuatnya mudah bukan? Selain memberikan rasa yang menyenangkan, menyiapkan menu untuk berbuka puasa juga akan menambah pahalamu lho karena sudah bisa membantu ibu di rumah.

Tidak hanya itu, resep buah selasih yang enak ini, ternyata juga bagus untuk kesehatan. Baik untuk kesehatan badan mautun kesehatan kulit.

Bahkan sangat cocok bagi Kamu yang sedang diet. Menarik bukan? Sudah memiliki rasa yang nikmat kandungan manfaatnya juga luar biasa.

Jadi siapa bilang makan enak tidak menyehatkan? Buktinya dengan resep es buah selasih untuk berbuka puasa ini sangat kaya akan kandungan manfaat yang bagus untuk kesehatan.

Jadi tunggu apalagi? Segera bikin sekarang juga dan rasakan kenikmatannya! Tapi ingat jangan mencobanya sebelum waktu berbuka tiba ya.

Baca juga: Resep Es Lidah Buaya