Ini Dia Cara Membuat Es Kopyor dari Agar-Agar Murah, Menyehatkan, dan Hemat!

Siapa sih yang tidak mengenal es kopyor yang super enak? Es kopyor merupakan salah satu jenis minuman yang terbuat dari kelapa.

Loading...

Tidak sembarang kelapa yang dibuat untuk membuat es kopyor lho. Hanya kelapa kopyor yang bisa digunakan untuk membuat es kopyor.

Namun sayangnya kelapa kopyor tidak dijual dengan harga yang murah, yaitu 40 ribu hingga 50 ribu per butirnya, sehingga jika Kamu ingin menikmati es kopyor, setidaknya Kamu harus menyediakan lima puluh ribu rupiah untuk satu gelas minuman.

Cara Membuat Es Kopyor

Harga ini memang cukup mahal untuk ukuran es kelapa yang menyegarkan. Secara umum es dijual dengan harga 5 ribu hingga 20 ribu rupiah.

Untuk mengakali agar bisa menikmati es kopyor dengan hemat biasanya adalah dengan menggunakan es kopyor agar-agar. Rasanya hampir sama namun harganya jauh lebih hemat.

Menarik bukan? jika Kamu penasaran berikut ini adalah cara membuat es kopyor dari agar-agar yang hemat dan murah! Check these out!

1. Cara Membuat Es Kopyor dari Agar-Agar

Es Kopyor dari Agar-Agar

image via indonesianfoods313.blogspot.com

Jika sering kali untuk bisa menikmati es kopyor, Kamu harus merogoh kocek cukup dalam. Kali ini tidak lagi, karena es kopyor kali ini terbuat dari agar-agar sintetis.

Harga untuk bisa menikmatinya cukup bersahabat. Soal rasa, Kamu tidak perlu khawatir. Karena es kopyor sintetis dari agar-agar ini juga tak kalah nikmat dengan es kopyor kelapa. Penasaran seperti apa? Simak cara membuat es kopyor dari agar-agar berikut ini!

Bahan-Bahan I

  • 200 ml air
  • 100 gram gula pasir
  • 1 bungkus agar-agar plain
  • 450 ml santan kental instan.

Bahan-Bahan II

  • Es batu secukupnya
  • Sirup cocopandan secukupnya
  • 4 liter air matang dingin.

Cara Membuatnya

  1. Campurkan agar-agar plain dengan air dalam satu wadah. Aduk hingga rata dan pastikan tidak ada yang menggumpal. Kemudian tuangkan santan yang sudah disiapkan tadi.
  2. Masak agar-agar di atas kompor hingga mendidih sambil diaduk-aduk. Setelah mendidih kemudian angkat dan diamkan.
  3. Ambil wadah, masukkan es batu ke dalam wadah dengan air matang. Tuang agar-agar yang sudah dibuat tadi ke atas bongkahan es batu sedikit demi sedikit.

Pada saat menuang agar-agar ke dalam mangkuk, siapkan juga garpu untuk menarik agar-agar tersebut menjadi serabut atau agar terlihat seperti serabut kopyor. Lakukan langkah ini secara berulang sampai agar-agar tadi habis masuk ke dalam campuran.

  1. Untuk disajikan, tuang sirup cocopandan secukupnya sesuai dengan selera. Tambahkan air secukupnya. Dan es kopyor dari agar-agar siap untuk dinikmati.

Mudah bukan? Kamu juga bisa menambahkan isian lain ke dalam es kopyor dari agar-agar buatan Kamu tersebut. Misalnya potongan buah ataupun kolang-kaling agar es kopyor buatmu lebih nikmat dan variatif.

2. Cara Membuat Es Kopyor dari Agar-Agar Nutrijel

Es Kopyor dari Nutrijel

image via primarasa.co.id

Selain cara membuat es kopyor dari agar-agar di atas, ada pula cara lain yang bisa Kamu gunakan untuk bisa menikmati segelas es kopyor sintetis dari agar-agar.

Tenang saja, karena cara membuatnya cukup mudah kok. Pertama tentunya siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Check it out!

Bahan I

  • 1 bungkus Nutrijell kelapa/plain
  • 1/4 sendok teh garam
  • 500 ml air
  • 65 ml santan kental instan
  • 5 sendok makan gula.
  • biji selasih

Bahan II

  • Es batu secukupnya
  • Sirup cocopandan secukupnya
  • 4 liter air matang dingin.

Cara Membuatnya

  1. Campurkan semua bahan I, aduk hingga rata dan pastikan tidak ada yang menggumpal.
  2. Masak semua bahan yang sudah tercampur jadi satu di atas kompor hingga mendidih. Setelah mendidih kemudian sisihkan.
  3. Sebelum jeli mengental, letakkan es batu ke dalam wadah besar. Kemudian masukkan jeli sedikit demi sedikit ke dalam mangkuk berisi es tadi. Begitu jeli dituang langsung ditarik ke bawah dengan menggunakan garpu. Cara ini bertujuan untuk membentuk jeli seperti serabut kelapa kopyor.
  4. Nah setelah jadi serabut kelapa kopyor dari agar-agar nutrijel, Kamu bisa menikmatinya dengan menambahkan sirip cocopandan. Atur takaran sesuai dengan selera. Dan es kopyor dari agar-agar nutrijel siap dihidangkan.

Nah itulah berbagai cara membuat es kopyor dari agar-agar yang bisa Kamu coba. Jadi siapa bilang menikmati es kopyor harus mahal?

Dengan menggunakan jelly atau agar-agar, Kamu bisa menikmati es kopyor dengan murah dan hemat. Rasa yang dihasilkan juga tak kalah nikmat.

Baca juga : Resep Es Buah Selasih

Apalagi agar-agar atau jeli ini ternyata kaya manfaat bagi tubuh kita lho. Antara lain adalah sebagai berikut:

Manfaat Agar-Agar Bagi Kesehatan Tubuh:

1. Menjaga Berat Badan Ideal

Nah bagi Kamu yang tengah menjalankan program diet, ternyata es kopyor dari agar-agar ini sangat cocok untuk Kamu konsumsi lho. Pasalnya, es kopyor ini kaya akan kandungan serat yang tinggi sehingga akan membuat Kamu merasa lebih lama kenyang.

2. Baik Untuk Menjaga Kesehatan sistem Pencernaan

Pada saat menjalankan ibadah puasa, sering kali sistem pencernaan mengalami gangguan seperti sembelit, diare dan lain sebagainya.

Nah setelah Kamu tahu bagaimana cara membuat es kopyor dari agar-agar ini, tidak ada salahnya jika Kamu membuat es kopyor dari agar-agar ini sebagai sajian berbuka puasa.

Karena agar-agar dipercaya mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh kita lho. Agar-agar banyak mengandung serat dan juga kaya vitamin. Sehingga mampu menjaga kesehatan usus dan melancarkan susah buang air besar.

3. Mengurangi Stress

Bagi Kamu yang sedang banyak pikiran, stress dengan segala tugas yang menumpuk, nah cobalah untuk menikmati es kopyor dari agar-agar yang satu ini.

Kandungan asam amino yang terdapat di dalam agar-agar dipercaya dapat menurunkan tingkat stress dan menurunkan depresi. Tentunya akan membuat  Kamu fresh kembali, dan bersemangat dalam menjalani hidup.

4. Mencegah Osteoporosis

Siapa sangka ternyata kandungan manfaat dalam sebuah agar-agar ini sangat luar biasa bagi kesehatan lho. Salah satunya adalah mencegah munculnya osteoporosis.

Osteoporosis adalah salah satu penyakit yang menyerang kesehatan tulang, yakni pengeroposan tulang sehingga tulang akan menjadi lemah.

Nah ternyata kandungan kalsium yang terdapat di dalam agar-agar mampu mencegah munculnya osteoporosis jika dikonsumsi secara teratur.

Setidaknya terdapat kandungan 10 kali lebih banyak kalsium pada agar-agar dibandingkan dengan segelas susu.

5. Mencegah Radang Sendi

Selain menyehatkan tulang, kandungan kolagen di dalam agar-agar juga menyehatkan pergerakan sendi atau sebagai pelumas.

Agar-agar sangat cocok dikonsumsi bagi orang yang sudah lanjut usia, selain teksturnya yang lembut dan mudah dimakan, juga kaya manfaat untuk kesehatan sendi.

..

Sangat luar biasa bukan? dibalik minuman sederhana yang enak dan menyegarkan juga terkandung manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

Apalagi  cara membuat es kopyor dari agar-agar  sangat  mudah. Jadi jangan sampai Kamu tidak membuatnya, karena nanti Kamu akan menyesal dan selalu penasaran dengan kenikmatannya.

Agar terasa lebih seru, ajak juga anak atau adik untuk ikut membantu membuatnya, sehingga saat-saat ngabuburit bagi mereka akan semakin terasa menyenangkan, juga lupa dengan rasa lapar mereka.

Baca juga : Cara Membuat Es Kepal Millo Nikmat di Rumah Sendiri