Yuk, Buat Puisi Seromantis Puisi Roman Picisan

Roman Picisan

image via canva.com/goodminds.id

Puisi adalah salah satu karya sastra yang sangat terkenal. Ya, selain novel, cerita pendek dan karya sastra lainnya, puisi merupakan jenis karya sastra yang banyak disukai oleh pembaca. Pasti Kamu satu diantara yang suka dengan puisi, bukan?

Loading...

Nah, saat mendengar kata puisi, maka apa yang akan tergambar biasanya adalah perasaan. Ya, memang, secara umum, puisi dipahami sebagai ekspresi dari perasaan tentang apa yang ia alami.

Dengan membuat puisi, maka Kamu bisa mengekspresikan ide, perasaan, gagasan dan lainnya kepada orang lain dengan bahasa yang indah dan cara yang lebih unik.

Perlu Kamu ketahui bahwa ada cukup banyak jenis puisi yang bisa menjadi ide untuk dibuat. Salah satu jenis tema puisi yang sangat sering dibuat dan tergolong familiar di kalangan awam adalah puisi roman picisan.

Pernahkah Kamu mendengarnya sebelumnya?

Pada kesempatan ini, kita akan mengulas tentang puisi roman picisan ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan Kamu.

Siapa tahu, dengan membaca ulasan ini, Kamu akan lebih mudah dalam membuat puisi dan hasilnya pun akan lebih bagus. Penasaran? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Pengertian Puisi Roman Picisan

Pembahasan mengenai puisi roman picisan akan dimulai dari apa pengertian jenis puisi yang satu ini terlebih dahulu.

Yap, memahami puisi roman picisan dari pengertian tentu penting agar Kamu bisa lebih tahu apa ciri khas dari puisi ini.

Secara umum, puisi roman picisan dibagi menjadi dua kata, yaitu puisi dan roman picisan. Nah, keduanya memiliki makna yang berbeda dan fungsi yang berbeda pula.

Puisi memiliki fungsi sebagai penjelas dari jenis karya sastra atau tulisan, sedangkan roman picisan adalah tema dalam puisi tersebut.

Nah, pengertian dari puisi adalah sebuah karya sastra yang menggunakan bahasa yang singkat, padat dan memiliki irama bunyi yang padu dengan kata kiasan yang bersifat imajinatif.

Jadi, dalam sebuah puisi, imajinasi memainkan peran yang sangat penting karena keterbatasan kata penjelas. Hal ini mungkin tidak terlalu tampak pada novel atau cerita pendek.

Sedangkan roman picisan adalah kisah cinta yang mainstream atau umum terjadi. Biasanya, kisah-kisah roman picisan merupakan jalinan kisah cinta yang bisa jadi hampir setiap hari kita temukan di sekitar kita.

Nah, dari dua unsur tadi, bisa dipahami bahwa pengertian dari puisi roman picisan adalah karya sastra yang imajinatif dan dibuat dengan jumlah kata yang dibatasi dan dipadatkan yang bercerita tentang kisah cinta yang umum dan sering terjadi.

Biasanya, puisi jenis ini adalah puisi yang dibuat oleh anak muda yang baru merasakan manis dan getir-nya cinta.

Unsur-Unsur dalam Puisi

Untuk bisa membuat puisi roman picisan dengan bagus, maka Kamu harus mengetahui terlebih dahulu unsur-unsur yang terdapat dalam puisi.

Tentu, unsur-unsur ini adalah unsur umum yang terdapat dalam puisi. Meskipun umum, tetap saja unsur yang ada akan berpengaruh pada hasil puisi roman picisan yang Kamu buat.

Nah, secara umum, unsur yang terdapat dalam puisi tersebut dibagi menjadi dua, yaitu unsur fisik dan unsur batin. Simak penjelasan di bawah ini.

1. Unsur Fisik Puisi

Jenis unsur puisi yang pertama adalah unsur fisik. Dalam hal ini, ada beberapa poin yang merupakan unsur fisik pada sebuah puisi. Beberapa hal yang termasuk dalam unsur fisik adalah sebagai berikut:

  • Tipografi, unsur fisik puisi pertama adalah tipografi. Apa yang dimaksud dengan tipografi adalah bentuk puisi yang dipenuhi dengan kata, tepi kiri kanan dan tidak memiliki pengaturan mengenai baris. Artinya, tidak semua baris harus diawali dengan huruf besar. Ini adalah salah satu keindahan puisi.
  • Diksi, unsur fisik puisi yang kedua adalah diksi. Diksi merupakan pilihan kata yang dipilih oleh penyair sebagai pembuat puisi. Pilihan kata ini sangat penting karena merupakan roh dari puisi itu sendiri. Dengan pemilihan kata yang tepat, maka gagasan roman picisan bisa disampaikan dengan baik dan jelas.
  • Imaji, imaji atau imajinasi adalah unsur fisik puisi lainnya yang sangat penting untuk membangun gagasan dalam puisi. Imajinasi ini adalah unsur yang melibatkan indra manusia. Penggunaan imaji dalam puisi roman picisan bertujuan agar pembaca atau pendengar bisa berimajinasi tentang apa yang terjadi dalam puisi.
  • Kata konkret, ini adalah unsur fisik puisi yang juga cukup penting untuk digunakan. Kata konkret adalah kata yang memungkinkan terjadinya imajinasi pembaca puisi. Dalam hal ini, sebagai contoh, Kamu menggunakan kata senja di mana pembaca bisa membayangkan dirinya melihat senja.
  • Gaya bahasa, unsur fisik lain dalam puisi adalah gaya bahasa. Ini merupakan salah satu unsur yang sangat penting di mana akan sangat berpengaruh pada makna yang dipahami dalam sebuah puisi roman picisan. Terkait gaya bahasa, ada cukup banyak macam gaya bahasa yang bisa digunakan, seperti metafora, simile, anafora, paradoks dan lain sebagainya.
  • Irama atau rima, ini adalah unsur fisik puisi yang cukup penting dan memiliki peranan untuk menciptakan keindahan dalam pembacaan. Rima merupakan persamaan bunyi baik di awal, tengah atau akhir kata puisi. Dengan adanya rima, maka seolah ada pengulangan kata yang akan mempercantik puisi.

2. Unsur Batin dalam Puisi

Jenis unsur kedua yang ada di dalam puisi adalah unsur batin. Berbeda dengan unsur fisik, unsur batin dalam puisi ini adalah unsur yang tidak masuk dalam puisi secara konkret.

Adapun unsur batin yang terdapat dalam puisi adalah sebagai berikut:

  • Tema, tema merupakan unsur batin dalam puisi yang sangat penting. Hal ini dikarenakan tema adalah pemegang kunci dari makna yang akan dihasilkan dari suatu puisi. Tanpa adanya tema yang jelas, maka puisi yang dihasilkan juga tidak akan jelas apa makna dan ide yang disampaikan.
  • Nada, unsur batin dalam puisi yang kedua adalah nada. Ini adalah unsur yang akan mempengaruhi style dari pembuat puisi. Artinya, nada puisi dari pembuat yang berbeda bisa saja berbeda. Ada beberapa contoh mengenai nada dalam puisi, seperti sombong, nada tinggi, dan lainnya. Umumnya, nada dipengaruhi diksi.
  • Amanat, amanat adalah unsur batin puisi lainnya yang cukup penting untuk diperhatikan. Dalam hal ini, amanat adalah nilai yang terkandung dan terdapat dalam puisi tersebut di mana bisa dianggap menjadi pelajaran. Nah, amanat ini merupakan inti dari ide atau gagasan yang disampaikan melalui puisi.

Cara Membuat Puisi Roman Picisan

Beberapa poin di atas menjelaskan tentang beberapa hal penting yang berkaitan dengan puisi roman picisan. Tentu, hal-hal di atas penting untuk membantu Kamu membuat puisi sebagaimana yang Kamu inginkan.

Namun, untuk bisa membuat puisi roman picisan yang bagus, Kamu juga perlu mengetahui cara membuat puisi tersebut.

Nah, untuk membuat puisi roman picisan, ada beberapa langkah yang harus Kamu lakukan. Beberapa langkah tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pelajari Teori Tentang Puisi

Untuk membuat puisi roman picisan yang bagus, Kamu harus mengetahui teori tentang puisi terlebih dahulu. Teori ini akan membantu Kamu mengerti apa saja yang harus dilakukan atau ditulis dalam membuat puisi.

Nah, beberapa hal tentang puisi sebagaimana di atas tadi harus dipahami dengan baik.

Lakukan research terlebih dahulu mengenai detail unsur-unsur dalam puisi. Kamu juga perlu mempelajari beberapa hal tentang figurative language untuk membuat puisi roman picisan yang Kamu buat akan lebih bermakna dan hasilnya lebih maksimal.

2. Tentukan Tema

Jika teori puisi sudah Kamu pelajari dan ketahui dengan baik, maka segera tentukan tema puisi yang akan Kamu buat. Dalam hal ini, untuk membuat puisi roman picisan, maka tema yang harus diangkat adalah tema percintaan.

Nah, segmen percintaan ini sangat luas, bisa perasaan memendam cinta, kehilangan cinta, kebersamaan cinta dan lainnya.

Saking luasnya segmen tema puisi roman picisan, terkadang penulis puisi akan kebingungan. Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi hal yang satu ini?

Nah, Kamu bisa memulai menulis puisi roman picisan dengan mengangkat kenangan atau pengalaman diri sendiri agar lebih mudah dalam membuat gambaran isi puisi.

3. Pilih Diksi yang Tepat

Untuk membuat puisi roman picisan yang tepat dan bagus, pilih diksi puisi yang tepat. Diksi adalah roh dalam puisi roman picisan yang sangat berpengaruh pada hasil dari puisi yang Kamu buat.

Diksi ini akan menentukan bagaimana pesan dalam puisi akan Kamu sampaikan. Nah, untuk membuat puisi roman picisan, sediakan pilihan-pilihan diksi yang unik dan menarik.

Tentu saja Kamu tidak perlu menggunakan pilihan diksi yang rumit. Kamu bisa menggunakan diksi yang sederhana dan familiar namun sesuai dengan gagasan yang hendak Kamu sampaikan.

3. Gunakan Rima

Rima memang lebih identik untuk puisi lama. Namun, untuk puisi baru –yang bentuknya bebas, rima tetap saja penting untuk diperhatikan.

Yap, rima akan menentukan bunyi yang akan timbul saat puisi roman picisan yang Kamu buat dibaca. Dalam hal ini, dengan rima yang tepat, maka puisi yang Kamu buat akan terbaca dengan lebih indah.

Tentu, Kamu tidak harus menggunakan rima secara total. Namun, ketika Kamu menemukan diksi yang memiliki rima, gunakanlah.

4. Gunakan Gaya Bahasa yang Tepat

Puisi roman picisan akan berbicara lebih tentang perasaan dan cinta. Agar perasaan yang ingin disampaikan tersampaikan dengan maksimal, maka gaya bahasa harus digunakan.

Gaya bahasa ini bisa meliputi majas yang sudah dibahas sebelumnya. Selain akan membuat perasaan atau gagasan yang ingin disampaikan tadi bisa tersampaikan dengan maksimal, gaya bahasa juga akan membuat puisi menjadi lebih indah.

Nah, pelajari gaya bahasa ini dengan lengkap dan pilih mana gaya bahasa yang cocok untuk Kamu gunakan pada puisi roman picisan yang Kamu buat.

Beberapa tips di atas adalah tips singkat yang bisa Kamu terapkan saat ingin membuat puisi roman picisan.

Dengan tips tersebut, maka membuat puisi roman picisan akan menjadi lebih mudah dan Kamu bisa mengekspresikan perasaan Kamu dengan lebih bebas.

Contoh Puisi Roman Picisan

image via canva.com/goodminds.id

Contoh Puisi Roman Picisan

Untuk memberikan gambaran mengenai bagaimana puisi roman picisan dibuat, kita akan memberikan beberapa contoh puisi roman picisan yang bisa Kamu jadikan inspirasi sebelum membuatnya.

Nah, adapun beberapa contoh dari puisi roman picisan tersebut adalah sebagai berikut.

#1. Gincu yang Merah Merona

Rona kemerahan bibirmu begitu mempesona,

Membuat paras cantik dirimu semakin terlihat

Tak ayal, apa yang ada pada dirimu membuatku bertanya:

Adakah kiranya kesempatan bagiku untuk berdua denganmu?

 

Berada di dekat dirimu adalah salah satu ingin

Yang kuharap akan tercapai suatu hari nanti

Ya, kau adalah dia yang kuharapkan selama ini

Yang ku nanti dalam kesendirian

 

Aku tahu bahwa kau memang begitu mempesona

Dan aku bukan satu-satunya yang ingin memiliki cintamu

Namun, bagai senja yang memberikan keindahan pada temaram,

Aku berjanji bahwa jika dirimu kumiliki, akan kuberikan apa yang terindah untukmu

Dan kau akan tersanjung dan tersenyum di dekatku

..

Ini adalah contoh puisi roman picisan yang menggambarkan bagaimana seseorang memiliki cinta untuk orang yang ia ingin miliki. Menjadi pengagum rahasia. Ya, begitulah salah satu tema yang seringkali dibahas dalam puisi roman picisan.

Mengagumi diam-diam adalah salah satu cara untuk memelihara cinta agar tidak hilang –meskipun belum mencapai level memiliki.

Namun, cukup banyak orang yang menjadi pengagum rahasia karena dengan begitu ia bisa menikmati paras dan sosok pujaan hatinya tanpa ada yang mengganggu.

Namun, tentu saja, menjadi pengagum rahasia harus kuat hati dan mental. Pada saatnya, jika Kamu menjadi pengagum rahasia, Kamu harus tetap mengatakan cinta kepada pujaan hati. Bagaimana bisa memiliki jika tidak memintanya?

***

#2. Lilin di Meja Paling Belakang

Lilin itu menyala dengan nyala yang tak terlalu terang

Ya, nyala yang terombang ambing angin itu menyinari temaram yang datang tiba-tiba

Memang, aku tak begitu bisa memandang wajah-mu:

Yang berada di ujung yang berbeda dari meja yang ku gunakan

Tetapi,

Aku yakin bahwa itu dirimu

 

Tawa-mu begitu lepas,

Menunjukkan gigi rapi yang putih bersih

Sebuah lengan tiba-tiba terangkat, hinggap di kepalamu

Dan sedetik kemudian mengusap rambutmu dengan lembut

Dan kau pun tersenyum kembali

Dengan senyum yang lebih manis dari biasanya

 

Tuhan,

Apakah ini yang dinamakan kecewa?

Aku tak percaya bahwa apa yang kulihat adalah nyata

Namun, sakit ini begitu terasa di dalam dada

 

Ingin ku bersembunyi dari nestapa

Di balik meja paling belakang

Di bawah temaram yang terkena pendar lilin kecil yang tak terlalu terang

 

Aku tak tahu apa yang terjadi nanti

Rasa yang kumiliki padamu begitu besar

Dan aku tak siap untuk kehilangan

..

Tema lain yang cukup sering dibahas dalam puisi roman picisan adalah kekecewaan. Ya, dalam hubungan percintaan, kekecewaan adalah salah satu hal yang tidak bisa terelakkan.

Terkadang, karena rasa cinta yang terlalu dalam, maka apa yang akan dirasakan adalah kecewa.

Puisi yang sudah dibaca di atas adalah salah satu ungkapan kekecewaan dari seseorang yang jatuh cinta namun tidak memiliki. Ia mungkin berharap bahwa wanita yang ia sukai akan menerima cintanya.

Padahal, dalam sebuah kutipan, Shakespeare pernah mengatakan bahwa berharap adalah akar dari sakit hati dan kecewa.

Nah, demikian beberapa ulasan mengenai puisi roman picisan dan beberapa hal yang ada di sekitarnya, termasuk contoh dari puisi roman picisan.

Kamu tentu bisa mencari contoh puisi lainnya untuk mendapatkan inspirasi saat ingin membuatnya.

Dengan contoh yang beragam, Kamu bisa membuat puisi roman picisan yang bagus untuk mewakili perasaan yang Kamu miliki.

Baca juga :

Semoga bermanfaat!