14 Kata Bijak Bermakna Mendalam yang Menyentuh Hati

Kata Bijak Bermakna Mendalam

image via canva.com/goodminds.id

Pernahkan Kamu merasakan sesuatu namun malu atau tak berani mengungkapkannya? Hal itu memang merupakan hal yang wajar, sebab keberanian seseorang tak selalu hadir dalam dirinya. Nah, untuk mengungkapkan perasaan yang tak tersampaikan secara langsung, sebenarnya bisa diungkapkan melalui kata-kata.

Loading...

Lalu bagaimana cara membuat kata-kata agar menyentuh hati seseorang? Nah, berikut ini rekomendasi kata bijak bermakna mendalam yang bisa Kamu gunakan!

1. Berjuang Tak Bisa dengan Bercanda

“Jangan pergi agar dicari, jangan lari agar dikejar, sebab berjuang tak sebercanda itu.” ~Sujiwo Tejo

Siapa si yang tak kenal dengan Sujiwo Tejo? Nah, salah satu kata mutiara yang paling menyentuh hati dan sering digunakan adalah demikian.

Dimana kata-kata ini mengajarkan, bahwa jika memang benar-benar cinta jangan pernah lari atau pergi (menghindar) hanya untuk diperjuangkan.

Sebab jika seseorang telah lelah memperjuangkan, ia akan berhenti. Dan pada akhirnya Kitalah yang menyesal.

2. Cinta Tak Dianggap

“Hampa itu layaknya langkah yang tak berjejak, seperti senja namun tak jingga, dan seperti cinta tetapi tak dianggap.” Raditya Dika

Untuk kata bijak dengan makna mendalam ini sangat tepat untuk Kamu yang menyukai atau mencintai seseorang namun diabaikan atau dicuekin. Nah, bagi Kamu yang sedang merasakannya, cobalah kirimkan kata-kata ini ke orangnya.

3. Terlalu Berharap

“Aku sempurna oleh tikaman ilusiku sendiri, dan pengkhianatan oleh hatiku yang terlalu sibuk menguntai simpul pertanda cinta.” ~Tere Liye

Paham dengan kata-kata diatas? Ungkapan ini cocok bagi Kamu yang sedang ditolak cinta. Dimana saat Kamu telah memberikan cinta tulus kepadanya, namun ia hanya menganggapmu sebagai teman saja.

4. Menyembunyikan Cinta

“Aku mencintainya, namun cinta yang kusembunyikan dalam setiap sikap dinginku.” ~Dwitasari

Mencintai seseorang namun malu mengungkapkannya? Sebaiknya jangan terlalu memendam rasa cinta, sebab lama-kelamaan akan membuat rasa sakit, parahnya orang yang Kamu cintai akan diambil orang lain.

Nah, untuk memulainya, Kamu bisa gunakan kata bijak bermakna mendalam ini.

5. Meski Tak Digenggam

“Aku sudah merasa lengkap walau kita belum sempurna. Aku merasa senang walau hatimu tak kunjung kugenggam.” ~Boy Chandra

Ketika seseorang merasa jatuh cinta, maka akan menghadirkan kebahagiaan tersendiri. Bahkan bisa membuat hari-hari menjadi lebih bahagia, sebab selalu ingin berjumpa dengannya.

Ya, meski hanya melalui pandangan saja, karena belum bisa mendapatkannya, itu sudah membuatnya bahagia. Seperti itulah gambaran dari ungkapan kata-kata demikian.

6. Harus Bisa Menjadi Segalanya

“Aku memang bukan apa-apa, namun Aku harus bisa menjadi segalanya.” Karl Marx

Untuk kata-kata mutiara yang satu ini, memberi semangat pada Kita bahwa meski bukan apa-apa, namun jika berusaha keras dan belajar, maka Kita bisa menjadi segalanya bahkan mengalahkan orang lain.

Terkadang memang demikian, pemenang akan datang di akhir.

7. Bukan Tugas Kita

“Bukan menjadi urusan kita untuk membuat seisi bumi jadi seragam. Tetapi, tugas kita adalah hidup damai, nyaman, bahagia dengan keanekaragaman tersebut.” ~Pandji Pragiwaksono

Banyak orang yang berpisah hanya karena alasan berbeda. Padahal dengan adanya perbedaan tersebutlah, yang justru membuat sebuah kesatuan.

Seperti Indonesia Kita, meski keanekaragaman, suku, budaya, bahkan bahasa, namun tetap bisa menjadi kesatuan, bahkan malah menjadi keunikan dan kebanggaan tersendiri.

8. Jangan Berharap pada Manusia

“Aku sudah pernah merasakan segala kepahitan dalam kehidupan, dan yang paling pahit adalah berharap pada manusia.” ~Ali bin Abi Thalib

Kata bijak bermakna mendalam yang sangat menginspirasi. Yakni mengajarkan pada kita, bahwa berharap yang paling benar bukan kepada manusia, namun pada sang pencipta.

Sebab terkadang manusia mengeluarkan sifat buruknya, yakni mengingkari janji yang telah dibuat dirinya sendiri.

9. Selalu Berterima Kasih

“Hidupmu memang tak pernah sempurna. Namun Kamu bisa membuatnya menjadi lengkap, jika selalu berterima kasih.” ~Tere Liye

Jika mengikuti kemauan, maka tak akan ada habisnya, sebab manusia memang tak bisa sempurna, dan kesempurnaan adalah milik Pencipta.

Namun, meski manusia selalu memiliki kekurangan, tetap harus berterima kasih dan bersyukur atas apa yang dianugerahi oleh Tuhan.

10. Perpindahan Itu Pasti

“Hidup memang penuh dengan ketidakpastian, namun perpindahan merupakan salah satu hal yang pasti.” ~Raditya Dika

Layaknya roda yang berputar, kehidupan memang tak pasti, dimana sewaktu-waktu Kita bisa di atas atau bahkan di bawah.

Nah, salah satu yang pasti terjadi dalam kehidupan adalah perpindahan, entah perpindahan dari satu hati ke hati lainnya, atau dari pekerjaan satu ke pekerjaan lainnya.

11. Hidup yang Berharga

“Hidup yang berharga ialah hidup yang mampu menghasilkan kehidupannya pada orang lain.” Albert Einstein

Maksud dari kata bijak yang mendalam ini adalah, untuk membuat hidup Kita menjadi lebih berharga, maka harus menghidupi orang lain, atau bermanfaat untuk orang lain.

Sebab sebagai makhluk sosial, dalam kehidupan ini sesama manusia harus saling membantu.

12. Hiduplah secara Sewajarnya

“Jadilah orang yang dermawan, namun jangan jadi pemboros. Dan jadilah orang yang hidup sederhana, namun jangan jadi orang yang kikir.” ~Ali bin Abi Thalib

Dalam kehidupan, Kita diajarkan untuk menjadi seseorang yang pemberi atau dermawan ke sesamanya. Namun harus sesuai dengan porsi jangan terlalu boros.

Selain itu, Kita juga dilanjutkan untuk hidup sederhana, namun jangan sampai memiliki sifat kikir atau pelit, tak mau menolong orang lain.

13. Hidup yang Tidak Hidup

“Bukanlah maut yang mampu menggetarkan hatiku, melainkan hidup yang tak hidup karena kehilangan daya serta kehilangan fitrahnya.” ~W.S. Rendra

Hal yang paling ditakuti oleh manusia adalah kematian. Padahal, yang harus manusia takuti bukanlah kematian, namun kehidupannya.

Sebab apa yang dilakukan di kehidupan inilah, yang akan dipertanyakan ketika mati. Jadi, hiduplah dengan baik dan lakukan yang bermanfaat.

14. Kunci Untuk Bahagia

“Kunci untuk menggapai bahagia ialah dengan menjalani hidup seolah-olah tak ada yang mengawasi, serta mengekspresikan diri bahwa seolah-olah semua orang tak mendengarkan.” ~Nelson Mandela

Mengapa prinsip hidup dari kata bijak dengan makna mendalam ini perlu diterapkan? Sebab dalam kehidupan ini, acap kali banyak orang yang menggunjing atau nyinyiri bila yang Kita lakukan tak sesuai dengan pemikirannya.

Nah, jika Kamu merasa apa yang dilakukan sudah baik, maka anggaplah mereka tak melihat atau mendengarnya agar Kamu bisa mengekspresikan lebih lagi.

Untuk memulai mengungkapkan perasaan tersembunyi dalam hatimu, maka mulailah dengan mengungkapkannya melalui kata bijak bermakna mendalam demikian.

Siapa tau dengan kata-kata bijak tersebut bisa menyentuh hati yang sedang dituju tanpa harus mengungkapkannya secara langsung.